there’s something about geometry + architecture

March 24, 2013

PENGAPLIKASIAN PROPORSI KASTIL PADA RUMAH

Filed under: classical aesthetics — alfoadrazamdekha @ 13:49

Sebuah kastil pada zaman dulu digunakan sebagai tempat tinggal atau rumah bagi kaum elit dan bangsawan. Kastil dianggap sebagai simbol kekayaan dan pertahanan bagi kaum bangsawan. Karena fungsinya yang lebih menunjukan simbol kekayaan dan pertahanan, kastil sendiri dibangun dengan proporsi dan skala sangat besar dibandingkan bangunan-bangunan disekitarnya. Hal menarik menurut saya disini adalah bagaimana disaat sekarang, orang mengaplikasikan prinsip tersebut di dalam sebuah bangunan. Karena menggunakan kembali cara dan prinsip proporsi kastil tersebut akan jauh berbeda dari segi waktu, kondisi, budaya, dan fungsinya. Apakah harus sebuah bangunan yang menggunakan proporsi kastil hanya boleh diakses dan digunakan oleh kaum elit atau malah sebaliknya dan bagaimana dengan beberapa orang yang mencoba mengaplikasikan proporsi kastil ke dalam rumahnya ?.

“In addition to providing a home for the king in the course of his travels the royal castles were extensively used for the accommodation, temporary or otherwise, of his relatives, dependents and friends. Indeed, some of them became virtually grace-and-favour homes.”

“Royal castles which became the centres of shrieval administration must be distinguished from the rest, which served for the protection of the realm or the residence of the king. The former were few in number – only about twenty. They ceased, with a few exceptions, to have any military significance …”

“Castles were built to maintain lordship, in times of war as well as peace.”

“Castles were built to serve a whole variety of purposes, to have a military, political, social and economic role. The emphasis on each of these aspects varied according to the wishes of the lord who built it. He was presented with different options, in military or domestic design, which he had to balance against his resources if he wished to be prudent. The site, the military strength and the domestic accommodation all tell us the sort of life that the lord expected to live in the castle.”

A castle is a large medieval fortress with adequate living accommodations for its owner or Lord. Although early castles were constructed of timber and earth, our main image is of the later castles constructed of masonry and stone. Fortified medieval mansions are sometimes referred to as castles.

Dari beberapa kutipan diatas bisa dilihat bahwa, sebuah kastil dibangun dengan proporsi yang sangat besar ternyata bukan hanya karena sebagai tempat tinggal seorang bangsawan saja. Kastil juga dianggap sebagai tempat tinggal “dewa atau Tuhan”, artinya tempat tersebut merupakan tempat yang suci. Disini pengertian kastil tidak jauh berbeda dengan kuil, perbedaan terletak pada “siapa dewa atau tuhan yang dimaksud ?”. Karena dari sejarah, bisa dilihat bahwa pada zaman tersebut raja dianggap sebagai perpanjangan tangan Tuhan atau Tuhan itu sendiri. Jadi sangat wajar kalau untuk membedakannya dengan bagunan lain yakni membentuk proporsi yang jauh lebih besar di bandingkan bangunan sekitarnya. Selain itu, ada cara lain yang digunakan sebagai penanda bahwa bangunan tersebut adalah kastil yakni membangunnya di atas sebuah bukit (daratan yang lebih tinggi). Hal tersebut dilakukan karena imajinasi masyarakat pada masa lalu mengenai raja. Secara visual, terlihat bahwa antara satu kastil dengan kastil lainnya memiliki kemiripan dari material, proses pembangunannya, peletakan bukaan dan tampak dari kastil tersebut.

Wizarding_World_of_Harry_Potter_Castle castle10

Pertanyaannya adalah bagaimana pengaplikasian hal tersebut ke dalam bangunan di saat sekarang dan bagian apa yang di ambil dari kastil ?

url

Pada kenyataannya ternyata proporsi dan ornamen kastil banyak di aplikasikan ke dalam bangunan-bangunan pada saat sekarang. Proporsi ternyata sampai sekarang secara tidak langsung dipakai sebagai simbol keberadaan bangunan-bangunan penting di dalam suatu kawasan. Contohnya gedung putih yang disekitarnya tidak terdapat bangunan tinggi, gedung-gedung tinggi di daerah sudirman yang digunakan sebagai visual menutupi kawasan yang berada dibaliknya, dan tempat ibadah yang berkaitan dengan Tuhan.

rumah 1 rumah-dayang-istana

Namun, hal yang menarik disini adalah penggunaan proporsi dan ornamen kastil tidak hanya berhenti sampai bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat pemerintahan atau ibadah. Banyak sekarang dijumpai rumah-rumah yang menerapkan hal yang sama padahal fungsinya hanya sebagai tempat tinggal. Hal tersebut tidaklah salah, namun akibat yang ditimbulkan nantinya adalah tidak adanya perbedaan antara satu bangunan dengan bangunan lainnya yang memiliki fungsi yang berbeda.Identitas awalnya pun menghilang, karena semua bangunan sama padahal proporsi yang besar dan ornamen merupakan sebuah identitas bagi bangunan tertentu.

Sumber :

http://www.castlewales.com/cast_def.html

sumber gambar :

http://www.chillinghamcastle.co.uk/photos/Castle%20History.jpg

http://www.photographyblogger.net/wp-content/uploads/2009/05/castle10.jpg

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/4/4d/Balmoral_Castle.jpg

http://www.medart.pitt.edu/image/England/Durham/Castle/durham-castle-plan-t01-s.jpg

http://www.homearchitects.com/Log_and_Timber_Homes_photos/Castle_Design_Architect_Rand_Soellner_Stone_Castle_photo.gif

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/c/c4/Wizarding_World_of_Harry_Potter_Castle.jpg

http://images2.wikia.nocookie.net/__cb20100525214055/zombie/images/9/9b/HerstmonceuxCastle.jpg

http://1.bp.blogspot.com/_du7nmOE9g9M/Ssq136GpE0I/AAAAAAAAAT8/gOEWH20T0UA/s400/rumah.jpg

http://srv.fotopages.com/2/5614317/rumah-dayang-istana.jpg

http://www.architecture.com/Images/Palladio/Interiors/Symmetry/MereworthCastle.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-f0QYQELfUQc/UN_JvDS2T2I/AAAAAAAADjg/NYJVOiGV3yU/s1600/white-house.jpg

http://yurizone.files.wordpress.com/2010/05/gereja-katedral.jpg

1 Comment »

  1. Topik yang menarik untuk dibahas.🙂
    menurut saya memang banyak rumah-rumah yang menggunakan kastil, baik dari proporsinya, maupun ornamen-ornamennya ke dalam konsep rumah tinggal.
    yang ingin saya ketahui adalah apakah hal ini baik atau ideal menurut anda? Secara belum tentu sesuatu dari bangunan A, belum tentu baik bagi bangunan B, jika dimisalkan kita mengambil proporsi atau ornamen dari kastil dan diterapkan ke dalam rumah tingal, dan ataukah hal ini diterapkan lebih mayoritas untuk masalah estetika?
    Terima kasih.😀

    Comment by tanjungandy — March 24, 2013 @ 18:19


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: