there’s something about geometry + architecture

March 24, 2013

Video Mapping Projection: Mengubah Persepsi Visual pada Arsitektur

Filed under: architecture and other arts,perception — ditanadyaa @ 17:54

Video mapping projection adalah sebuah teknik untuk memproyeksikan video pada permukaan datar. Permukaan datar yang menjadi area proyeksi dari video mapping ini biasanya berupa dinding, layar, struktur, fasad bangunan serta objek-objek tiga dimensi lainnya. Video mapping ini memadukan seni, teknologi, dan juga elemen-elemen geometri dalam proses pembuatannya.

Kata kunci dari video mapping ini adalah projection, yaitu suatu transformasi dari suatu bentuk ke bentuk lainnya. Pada konteks video mapping ini yang diproyeksikan adalah scene pada video. Untuk membuat video mapping semakin menarik dan nyata, teknologi 3D projection diterapkan untuk memunculkan ilusi kedalaman (depth).

Perasaan akan kedalaman dan jarak yang muncul pada proyeksi tersebut merupakan hasil pengubahan persepsi visual dengan menggunakan permainan cahaya dan bayangan. Bahkan tidak jarang pula pembuat video menggunakan sumber cahaya dan bayangan yang artifisial demi mendapatkan efek dan ilusi optik yang sesuai dengan ekspektasi mereka.

Objek yang diproyeksikan dapat berupa motion graphic atau animasi 3D yang terdiri atas bidang-bidang berbentuk geometris, garis, maupun ruang. Proyektor kemudian mentransformasikan input-input tersebut menjadi lebih eksploratif dan menarik, seperti membengkokkan, merotasikan, serta memberikan penekanan (highlight) yang menjadikan objek proyeksi sebagai titik fokus yang diamati oleh penonton.

Secara singkat, proses yang terjadi dalam video mapping projection adalah seperti berikut ini:

(SHAPE, LINE, SPACE) + (LIGHT & SHADOW) -> OPTICAL ILLUSION -> CHANGING PERCEPTION OF FORM

Dapat dikatakan bahwa ilusi optik yang kemudian mengubah persepsi kita terhadap bentuk dan perspektif ini turut mempengaruhi persepsi kita terhadap suatu bangunan sebagai karya arsitektur. Fasad bangunan yang cenderung datar dan monoton menjadi terasa lebih hidup dengan bantuan teknologi proyeksi video ini.

Nah, daripada saya terlalu banyak bercerita, langsung saja saya sajikan video berikut ini ya😀

Memang butuh ketelitian yang tinggi dan juga biaya yang tidak murah untuk menghasilkan video mapping projection ini. Akan tetapi, dengan memelajarinya kita jadi tahu kalau geometri dan matematika dapat diaplikasikan menjadi bentuk-bentuk yang indah dan artistik. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuatnya?🙂

Sumber:

http://www.creativebloq.com/video/projection-mapping-912849 (diakses 24 Maret 2013)

http://videomapping.org/?page_id=42 (diakses 24 Maret 2013)

http://videomapping.tumblr.com/ (diakses 24 Maret 2013)

http://en.wikipedia.org/wiki/Projection_mapping (diakses 24 Maret 2013)

http://www.mappingaround.com/category/categories/arquitectural/ (diakses 24 Maret 2013)

http://www.youtube.com/watch?v=O3uOhXOCMOs (diakses 24 Maret 2013)

2 Comments »

  1. Sejak pertama kali saya melihat teknik seperti ini, saya terkagum-kagum.😯 Dari 2D bisa terlihat menjadi 3D, bahkan bergerak seperti hidup, tetapi itu hanya ilusi optik. Setelah menyaksikan video mapping yang ketiga, saya mendapatkan informasi tambahan bahwa supaya video sesuai dengan konteks (fasad bangunan), cara yang digunakan adalah tracing yang kemudian diolah melalui video. Saya pun pernah menyaksikan video mapping secara langsung di Ancol. Ternyata tidak hanya objek-objek yang solid yang dapat dijadikan area proyeksi, air juga bisa (air yang digunakan saat itu adalah air yang dipancurkan). Karena air transparan dan terdapat jarak antartitik air, objek-objek di balik air tersebut masih dapat terlihat. Jadi, permukaan datar seperti apa yang dapat dijadikan area proyeksi yang Anda maksud? Apakah hanya permukaan datar yang bisa digunakan?

    Comment by tasyae — March 24, 2013 @ 19:31

  2. keren pake banget

    Comment by atthahirah98 — November 9, 2016 @ 13:56


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: