there’s something about geometry + architecture

March 25, 2013

Menarik Perhatian Wanita melalui Golden Ratio

Filed under: classical aesthetics — ayuputrifadhilah @ 03:01

Melihat akan kebutuhan manusia untuk berolahraga dan memiliki tubuh yang sehat membuat para pengusaha kawasan tempat tinggal seperti kompleks perumahan hingga apartemen, menfasilitasi para penghuninya dengan sebuah sarana olahraga atau ‘gym’. Perkembangan bisnis ‘gym’ pun sudah mulai marak dan masuk pada pusat perbelanjaan dan bahkan telah menjadi gaya hidup. Namun, apakah hanya untuk tubuh sehat semata? Atau ada tujuan lain? Seperti  memiliki tubuh yang kekar bak binaragawan?

Banyak pria zaman modern berusaha untuk mendapatkan penampilan yang menarik dan terkesan jantan dengan membentuk tubuhnya hingga memiliki otot-otot yang besar pada bagian tubuhnya. Akan banyak kita temui pria-pria yang sudah memiliki otot-otot besar melatih dirinya di sebuah gym atau bahkan pria-pria yang bertubuh cenderung terlalu kecil atau besar yang sedang berlatih demi mendapatkan tubuh yang lebih ideal sehingga mungkin akan terlihat lebih jantan.

Lalu bagaimana tubuh yang menarik untuk seorang pria sebenarnya ? Bagaimana bentuk tubuh yang akan menarik perhatian wanita? Apakah yang seperti ini?

steve-reeves

source : www.onestopmuscle.co.uk

“Believe it or not, our definition of what’s attractive is only partially a matter of “taste” and is more a matter of math. “ – John Romaniello

Sebuah studi pada tahun 2007 yaitu  “Archives of Sexual Behavior” menemukan bahwa kebanyakkan wanita tertarik pada pria yang memiliki tubuh bagian atas (pundak) 1,6 kali lebih lebar daripada pinggang mereka.

Tentu sudah tidak asing bagi kita dengan perbandingan angka 1,6 ini, yaitu apa yang biasa kita sebut sebagai “Golden Ratio”.  Sebagaimana artikel – artikel sebelumnya, telah dibahas bahwa beberapa bagian tubuh manusia, bila kita bandingkan akan menghasilkan angka 1,618. Pada kenyataannya, beberapa pematungpun menggunakan rasio ini dalam membuat patung berbentuk badan manusia. Angka 1,618 ini berhubungan dengan bentuk dengan proporsi yang ideal pada badan seorang pria.

Pada studinya, John Barban, mengatakan bahwa fokus dari sebuah ‘body building program’ yang Anda dapat pada gym bukanlah bagaimana membentuk otot badan sebesar-besarnya namun,  bagaimana anda mendapatkan tubuh yang proporsional. Dengan hasil studinya, ia pun mengeluarkan suatu metode pelatihan yaitu “Adonis Golden Section”.  Adonis dari mitologi Yunani adalah lambang akan keelokkan dan kejantanan pria, dan wanita pun akan jatuh cinta dengan melihat wajah tampannya.

Pada pertamanya, John Barban akan membantu Anda untuk mennghitung Adonis index anda yang mana akan menghasilkan perbandingan antara bahu dan pinggang Anda menjadi 1,618. Adonis index akan menentukan bagaimana Anda seharusnya melatih diri anda untuk mendapatkan badan yang proporsional dan hal ini sifatnya sangat spesifik. Berbeda tubuh maka akan berbeda pula programnya. Lihat contoh di bawah ini.

sc-calculator

source : http://adonisgoldenratio.net/

Maka untuk memiliki memiliki tubuh yang menarik menurut  “Archives of Sexual Behavior”, Anda harus mengoptimalkan Adonis index Anda. Anda perlu membidangkan bahu Anda sehingga memiliki dimensi sempurna dengan pinggang Anda. Jika pinggang Anda diberi nilai 1, bahu Anda harus 1,618. Ini akan dianggap sebagai Adonis Indeks ideal.

Viren Swami, Ph.D pun menambahkan dalam bukunya The Missing Arms of Venus de Milo: Reflections on the Science of Attractiveness. Untuk memudahkan Anda mengukur dengan akurat, Anda dapat mengukurnya melalui lebar dada Anda, dengan menghasilan angka 1,4 jika dibandingkan dengan lebar pinggang Anda. Angka ini adalah rasio yang lebih kecil dari 1,6 karena dada Anda lebih sempit daripada bahu Anda.

Lalu apakah badan yang menarik adalah badan pria pada gambar di atas?

steve-reeves

Ternyata tidak! Pria ini memiliki lebar dada 52 inch dan lebar pingang sebesar 29 inch. Apabila dibandingkan akan menghasilkan angka 1,8.

Bandingkan dengan tubuh John Barbas di bawah ini :

John-Barban-Lat-300x200

 

source: johnbarban.com

 

Lalu untuk para wanita, benarkah bentuk-bentuk tubuh ini yang menurut Anda menarik?  :)

 

Sumber:

http://adonisgoldenratio.net/

http://www.goldennumber.net/adonis-golden-ratio/

http://www.menshealth.com/fitness/muscle-building-strategy-v-shaped-torso?cm_mmc=RSS-_-mhrsshome-_-NA-_-NA

http://m.askmen.com/sports/bodybuilding_900/974_the-golden-ratio.html

http://healthyliving.azcentral.com/waist-hip-ratio-adonis-effect-11900.html

 

 

2 Comments »

  1. Wah baru tahu kalau bentuk tubuh ideal berkaitan dengan golden ratio, terima kasih infonya..😀
    Golden ratio yang anda jabarkan diatas adalah golden ratio antara lebar dada manusia dengan lebar pinggang manusia, tetapi pada gambar yang anda tampilkan ada banyak sekali gambar tubuh pria yang six pack. Menurut anda, apakah ada kaitannya antara six pack pada tubuh pria dengan golden ratio yang sudah anda jabarkan? Terima Kasih..😀

    Comment by vaniadwi — March 25, 2013 @ 17:12

  2. Jadi sebenarnya, menurut sumber dari yang saya dapatkan, bagus atau tidaknya tubuh pria, kuncinya ada pada pelatihan pertama yaitu mendapatkan perbandingan lebar dada dan lebar pinggang yang sesuai proporsi, setelah mendapati bentuk proporsi, dengan melanjutkan pelatihan body building, pria akan mendapatkan bentuk six pack dengan lebih mudah. Bentuk six pack akan terlihat pada tahap pelatihan selanjutnya sebagai bonus tambahan dari kerja keras pelatihan. Jika sudah mendapatkan proporsi bahu dan pinggang yang baik pada dirinya, maka bentuk six pack yang didapatkan selanjutnya akan berbentuk sesuai dengan proporsinya sehingga bentuk tubuhnya akan tetap sesuai proporsi dan akan tetap menarik.

    Comment by ayuputrifadhilah — April 7, 2013 @ 22:41


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: