there’s something about geometry + architecture

March 26, 2013

kaitan bentuk pasta dengan geometri

Filed under: classical aesthetics,everyday geometry — catrindanik @ 23:42

pregnant_jools_pasta_ahero_A0-1

20091003SC-opener

pasta, pernah makan pasta ? sekilas makanan di atas nampaknya berbeda.padahal keduanya merupakan satu jenis yaitu pasta. keduanya berbahan utama satu. perbedaan terdapat pada dimensi pasta masing-masing dan saus yang dicampur.sebenarnya apasih tujuan banyaknya perbedaan bentuk pada pasta ? pada dasarnya bentuk itu merupakan hasil pencarian bagaimana supaya adonan pasta bisa berkolaborasi baik dengan saus yang ada.dibawah ini merupakan standar bentuk ukuran pasta untuk mendapatkan kualitas terbaik.

aA

xxxxsx

dengan permainan ukuran serta bentuk yang ada, maka terbentuklah pasta dengan bentuk sempurna.potongan sempurna dengan rasa sempurna. dari gambar diatas tidak dijelaskan adanya golden ratio yang digunakan dalam pencarian bentuk. terlihat perbedaan antara keduanya. yang satu memiliki rongga ditengahnya dan yang satu lagi berdiameter cukup kecil tapi bentuknya memanjang. melihat gambar di awal,memperlihatkan bagaimana perbedaan si bentuk pasta untuk berkolaborasi dengan saus yang ada. cara terbaik adalah perpaduan antara bentuk pasta yang tepat + bahan saus yang tepat = komposisi yang sempurna.

maka bentuk akhir pasta sendirilah yang akhirnya menentukan siapa dan bagaimana dia berkolaborasi. pertanyaanya adalah bentuk pasta yang paling efektif, apakah bisa terbentuk dengan cara sadar atau ternyata secara tidak sadar ?

sumber:
http://www.geometryofpasta.co.uk/index.php (diakses 25 maret 2013)

http://www.amazon.com/Geometry-Pasta-Caz-Hildebrand/dp/1594744955 (diakses 26 maret 2013)

http://www.channel4.com/4food/recipes/chefs/jamie-oliver/jool-s-pasta-with-frangipane-tart-meal (diakses 26 maret 2013)

http://newyork.seriouseats.com/2009/10/making-scarpetta-tomato-basil-spaghetti-scott-conant-scarpetta-meatpacking-district-nyce.html (diakses 26 maret 2013)

1 Comment »

  1. post yang oke🙂
    di post ini, diperlihatkan dua jenis pasta saja. bagaimana dengan jenis pasta yang lain (yang saya tahu), seperti: penne, fusili, makaroni, fettucini, dan lasagna? apakah dua bentuk tersebut sudah mewakili contoh yang lainnya? sepertinya perlu ditambah pembahasan tentang pasta bentuk lainnya.
    Yang menarik, saat ini terdapat restoran pasta dimana kita dapat memilih jenis pasta terpisah dengan jenis sausnya. Apakah dalam hal ini geometri dalam pasta menjadi hal yang penting bila satu saus dapat dikombinasikan dengan semua jenis pasta, dan satu jenis pasta bisa memakai semua jenis saus? Bisa jadi ini hanya terkait dengan faktor pemasaran dan persepsi personal penikmat pasta. Akan tetapi, pencarian bentuk pasta yang sesuai dengan sausnya ataupun sebaliknya menjadi tidak lagi relevan dengan perkembangan kuliner masa kini. Atau justru restoran tersebut yang justru menghilangkan akar cita rasa dari pasta?🙂

    Comment by handinidamayanty — March 29, 2013 @ 09:43


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: