there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

bermain dan berekspresi dalam geometri

Filed under: everyday geometry — anthyadwita @ 22:17
Tags:

Geometri sebenarnya sudah diajarkan kepada kita sejak masih kecil dahulu, namun mungkin dahulu kita belum terlalu memahaminya. Pasti anda familiar dengan berbagai bentuk ini,

Large Plastic Geometric Shapes

Mainan plastik ini mempelajari hubungan atara area, volume, shape, form dan ukuran. Tujuannya adalah untuk melatih kepekaan kita akan bentuk-bentuk pada anak-anak. Bentuk-bentuk solid geometry ini terpatri di benak saya karena merupakan bentuk-bentuk pertama yang saya kenal dalam dunia geometry saat masih kecil (yang belakangan saya tahu bahwa itu disebut solid geometry). Namun itu merupakan pemikiran sebelum saya mempelajari dunia arsitektur. Seiring berjalannya waktu, intuisi design kita sebagai orang yang mempelajari arsitektur akan terus diulik dengan bentuk-bentuk yang menarik, dinamis dan indah dengan cara memainkan tektonik yaitu folding, twist, dll. dari sana muncul rasa penasaran di benak saya, apa potensi dibalik bentuk-bentuk itu? Apakah bentuk-bentuk itu berhenti disitu saja? Lalu saya tertarik untuk melakukan percobaan mengenai bentuk-bentuk dasar ini dan berekspresi lewat bentuk-bentuk dasar teresebut.

Untuk percobaan ini saya mengambil contoh bentuk benda yang sering menjadi mainan anak-anak ini namun dalam kemasan yang berbeda.

P1030479

Dari bentuk ini, saya bereksplorasi dengan mencoba teknik-teknik tektonik dengan membongkar kemasan ini lalu menggunting di beberapa sisi secara random dan acak sesuka hati.

P1030495 P1030496 P1030498

Setelah memotong-motong bentuk ini, saya mencoba membentuknya menjadi 3 dimensi dengan menggunakan bantuan glue tack untuk membuatnya berdiri pada permukaan. Berikut adalah hasil eksperimen saya,

P1030503 P1030505 P1030506

Lalu setelah melakukan percobaan tadi, nyatanya bentuk-bentuk yang tadinya terlihat kaku dan berhenti disitu saja mempunyai banyak potensi dibaliknya untuk diulik dan dimainkan. Bahkan potongan-potongan yang saya buat secara asal tanpa penggaris sekalipun bisa menghasilkan ekspresi yang tersimpan dibalik bentuk geometri yang tadinya terlihat stagnan itu. Menurut saya, mungkin tiap manusia memiliki insting dalam menghasilkan suatu bentuk dan hasrat untuk bermain di dalam geometri, namun tentunya kembali lagi ke selera, ekspresi dan karakter masing-masing dalam menghasilkan suatu desain yang lalu bisa berkembang menjadi ciri khas si perancang, tergantung seberapa jauh mana ia berani bermain dalam geometri. Lalu bagaimana ekspresi keruangan anda dalam bermain geometri?🙂

Sumber Foto:

http://www.learningresources.co.uk/product/teachers/shop+by+subject/numeracy/shape/large+plastic+geometric+shapes.do?sortby=&&refType=1 (Diakses  25 Maret 2013)

Referensi:

http://en.wikipedia.org/wiki/Solid_geometry (Diakses 26 Maret 2013)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Blog at WordPress.com.

