there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

Golden Section dalam Peta Indonesia

Filed under: classical aesthetics — verairawan @ 22:59

Dalam benak kita mungkin berpikir bahwa segala sesuatu yang diciptakan oleh Tuhan seperti alam semesta dan teman-temannya adalah sesuatu yang terjadi sesuai kehendak-Nya. Namun apakah terbesit di benak kita bahwa ternyata dalam alam semesta pun dapat ditemukan fakta golden section yang sering kita temukan dalam rancangan arsitektur? Sebagai contoh kita dapat mengambil peta negara kita, Indonesia. Jika dilihat pada gambar di atas, peta Indonesia tersebut memang sudah tergambar dengan bantuan grid-grid. Namun bagaimana menentukan grid-grid tersebut. Kemudian saya mencoba mengaitkan grid-grid yang terbentuk untuk menggambar peta secara keseluruhan dengan golden section. Ternyata dalam komposisi peta negara Indonesia terdapat proporsi-proporsi tertentu serta bagaimana spiral fibonacci yang kita lihat dalam gambar diatas bertemu dan titik-titik temu tersebut dapat membagi komposisi penyusunan kepulauan Indonesia.

koleksi-foto-gambar.blogspot.com

koleksi-foto-gambar.blogspot.com

Selain itu, setelah percobaan spiral fibonacci tersebut dilakukan, ternyata terbentuk grid-grid yang berwarna pink (dapat dilihat pada gambar). Grid-grid tersebut juga akhirnya terbentuk dalam proporsi yang tepat. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa golden section tidak hanya berlaku dalam perancangan arsitektur belaka melainkan dapat kita temukan dalam alam sekalipun. Bahkan dalam pembentukan alam semesta ini😀

1 Comment »

  1. Dari sekian banyak post yang membahas kaitan dan aplikasi golden ratio pada hal-hal yang ada di dunia ini, bahkan pada hal remeh yang tak terduga sekalipun, saya jadi bertanya-tanya. Sebenarnya apakah golden ratio itu muncul secara kebetulan atau dibuat-buat saja? Apalagi jika berkaitan dengan benda-benda alam ciptaan Tuhan yang ternyata memiliki golden ratio (katanya) seperti halnya DNA, yang dijelaskan oleh @farisdeind pada postnya. Apakah golden section ini benar-benar angka sakti yang melambangkan kesempurnaan, baik itu pada benda ciptaan Tuhan atau benda ciptaan manusia, ataukah hanya dikait-kaitkan saja?

    Atau memang Tuhan telah menciptakan ‘kesempurnaan’ dalam setiap ciptaannya dan golden ratio lah yang membongkar rahasia kesempurnaan dari-Nya?

    Terima kasih🙂

    Comment by ditanadyaa — March 28, 2013 @ 21:32


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: