there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

KOMPOSISI GARIS PADA SENI MELIPAT KERTAS

Filed under: architecture and other arts — ruthconnie @ 22:30

Origami, seni melipat kertas yang berasal dari Jepang ini sudah pasti tidak asing lagi bagi kita. Kita dapat menemukan seni ini dari bangku taman kanak-kanak dan bangku sekolah dasar. Semua orang dimulai dari anak kecil hingga orang dewasa tentu dapat bermain dengan melipat kertas dan kemudian dapat menghasilkan bentuk yang unik.
Seni melipat ini memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi, dimulai dari melipat kertas dengan mudah hingga sampai tingkat kesulitan yang tinggi. Melipat kertas memang hal yang menyenangkan, tetapi kadang ketika kita membuka kembali lipatan kertas yang telah kita bentuk dan melihat hasil lipatan yang terkesan sudah rusak kadang kia hanya melihat kertas tersebut sebagai sebuah kertas yang sudah tidak berguna, karena tidak menghasilkan bentuk utuh yang cantik, tapi kalau kita perhatikan lagi mungkin hal ini kadang terlewat dari penglihatan kita, atau pernah kita lihat tetapi hal tersebut tidak begitu menarik perhatian dan dilewatkan begitu saja.
Perhatikan bahwa garis-garis lipatan tersebut pasti akan menghasilkan bentuk-bentuk geometri yang indah dan bervariasi. Seni melipat memanfaatkan bentuk geometri dan akan menghasilkan suatu komposisi bentuk yang bermacam-macam di dalamnya, contohnya seperti seni melipat sebuah kubus yang ada di bawah ini.

hh

Gambar 1 : lipatan kubus
sumberhttp://12381321.blogspot.com/2011_03_01_archive.html

Seni melipat kertas menjadi sangat menarik, karena semua kertas yang telah dilipat dan bertujuan untuk menghasilkan bentuk akan menghasilkan bentuk-bentuk geometri di dalamnya secara tidak sengaja.
Yang mengesankan adalah, hasil lipatan akan mengalami pengulangan bentuk di berbagai sisi, seakan-akan ia melakukan refleksi kepada bagiannya yang lain dan menurut saya hal tersebut merupakan fenomena pembentukan komposisi yang menarik.
Mencoba beberapa bentuk untuk melihat kembali komposisi seperti apa yang diciptakan oleh lipatan-lipatan kertas ini, dan ukuran masing-masing garis yang dihasilkan oleh kertas ini juga ternyata memiliki proporsi yang berbeda-beda namun tetap dalam satu kesatuan yang utuh.
Kemunculan komposisi dan proporsi pada garis di atas bidang datar ini tidak dibuat dengan sengaja. Tapi ini adalah hasil dari proses berfikir untuk mewujudkan benda tiga dimensi yang lain. Yang menakjubkan bagi saya adalah, ternyata dari sesuatu yang tidak direncanakan (tanpa harus mengukur dan menghitung proporsi satu sama lain) kita dapat menghadirkan komposisi indah yang tidak terduga, dalam kasus ini adalah hanya dengan cara melipat kertas.

bb
Gambar 3 : hasil lipatan burung Gambar 4 : hasil lipatan kapal

Yang menjadi bahan yang dapat didiskusikan selanjutnya adalah apakah masih perlu kesadaran penuh bagi seorang desainer atau perancang untuk membuat komposisi yang indah, atau jangan-jangan sebenarnya komposisi dan proporsi yang bagus itu sudah ada disekitar kita, tanpa kita harus bersusah payah memutar otak untuk membuat komposisi yang baik dan indah.
Bahan yang dapat diperbincangkan selanjutnya adalah, kita dapat melihat, garis-garis lipatan untuk membentuk suatu benda memiliki simetri dan proporsi yang bagus dan membentuk suatu pola yang teratur. Apakah dengan begitu, artinya setiap bentuk pasti merupakan gabungan dari garis-garis dan proporsi?

Sumber :
http://en.wikipedia.org/wiki/Origami. (diakses tanggal 27 Maret 2013)
http://www.scribd.com/doc/15807037/Origami-Geometry. (diakses tanggal 27 Maret 2013)<a
http://12381321.blogspot.com/2011_03_01_archive.html . (diakses tanggal 27 Maret 2013)

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: