there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

Komposisi Polyhedron Pada Howl’s Moving Castle

Filed under: classical aesthetics — titasarasvati @ 03:38
Tags: , , , ,

Polyhedron merupakan 3 dimensional geometric solid dengan sisi yang rata dan sudut yang sama. Ada banyak jenis polyhedron tetapi saya hanya akan mengambil dua jenis polyhedron yang sering dipakai sehari-hari, yaitu prism dan spherical polyhedron dalam pengamatan kecil-kecilan ini.

Komposisi geometri sering digunakan oleh arsitek ternama dalam perumusan massa bangunan. Contohnya adalah Fallingwater karya Frank Lloyd Wright, massa bangunan pada fallingwater seperti terdiri dari balok-balok yang disusun. Jika dibangun pada dunia nyata komposisi geometri mempunyai aturan tersendiri agar bisa berdiri dengan baik dan harus dapat diterima oleh logika struktur, secara sederhana aturannya adalah prism lalu spherical. Keterbatasan komposisi geometri pada dunia nyata disebabkan oleh teknologi pembangunan yang belum memadai. Sebuah bangunan mungkin akan sulit dibangun jika mempunyai dasar yang berbentuk spherical lalu di atasnya terdapat kubus karena benda spherical cenderung membuat tergelincir jika diberi gaya (ditindih berarti menimbulkan gaya tekan oleh benda yang diatasnya). Semoga suatu saat nanti tekologi manusia menjadi lebih canggih sehingga bisa merealisasikan berbagai macam kemungkinan dalam mengkomposisikan berbagai massa bangunan.

Howl’s Moving Caslte merupakan sebuah film animasi Jepang beraliran fantasi yang disutradarai oleh Hayao Miyazaki. Seperti film Miyazaki lainnya, Howl’s Moving Castle disajikan dengan penuh imajinasi dan sangat di luar akal. Film ini bersetting pada di Inggris post revolusi industri tetapi masih dalam bentuk jaman medieval penuh dengan sihir, pemilihan setting yang sangat bertabrakan dimana teknologi yang berlogika dan sihir yang dianggap tidak relevan bertemu.

Howl adalah seorang penyihir swasta yang berkerja berpindah tempat antara kerajaan satu dengan lainnya menggunakan kastil sihir buatan dia. Kastil tersebut menjadi rumah, kantor, dan alat transportasinya. Menurut saya, kastil Howl merupakan resemble dari kepala dengan topi perang seorang prajurit Jepang jaman dulu. Pemilihan komposisi massa pada kastil tidak mengikuti aturan logika struktur yang ada di dunia nyata sehingga kesannya seperti asal tempel. Namun, kastil ini hanya ada di film animasi sehingga kesempatan yang memungkinan permainan komposisi massa menjadi sangat banyak.

DEPAN HOWLSAMPING HOWL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komposisi kastil Howl sangat tidak awam dimana figur spherical yang menjadi inti massa lalu mampu menopang berbagai massa di atasnya.Terdapat dua jenis polyhedron yang saya temukan pada kastil, yaitu prism dan spherical. Prism yang terbentuk pada kastil merupakan prisma segi tiga, prisma segi empat, dan prisma segi tak hingga atau biasa disebut silinder. Seperti layaknya bumi, bagian kepala kastil berbentuk spherical dan memiliki daya tarik sehingga mampu menempelkan massa- massa solid pada permukaannya. Kemampuan kepala kastil ini yang bisa membuat komposisi kastil tidak wajar karena komposisi spherical dan prism untuk mencapai kestabilan diperlukan beberapa titik yang bersinggungan antar bendanya. Terdapat pula komposisi yang tersusun antara prisma yang cenderung masih bisa diterima dengan logika struktur. Seperti bentuk rumah-rumah kecil yang menempel di sisi kepala kastil, badan rumah yang merupakan prisma segi empat bersinggungan dengan sisi atap yang berbentuk prisma segitiga.

Untuk saat ini kita hanya bisa menghayal untuk bisa membuat bangunan massive dengan komposisi geometri yang ganjil. Terima kasih kepada teknologi animasi yang bisa menghadirkan kemungkinan tersebut  walau hanya bisa dilihat sebatas mata.

REFERENSI: http://en.wikipedia.org/wiki/Howl’s_Moving_Castle_(film)

3 Comments »

  1. Untuk kasus seperti Howl’s Moving Castle ini menurut saya bukan tidak mungkin untuk membangunnya. Karena jika dilihat dari komposisi masa yang terdapat pada kastil tersebut, spherical yang paling bawah memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan massa-massa yang ada di atasnya. Contoh ekstrim yang bisa dijadikan panutan mungkin bumi dengan berbagai benda dipermukaannya. Jika mengabaikan gravitasi bumi, di permukaannya sendiri kita bisa merasakan hampir datar bukan? walaupun mungkin ini adalah contoh yang terlalu ekstrim.

    Tapi perlu diingat bahwa komposisi massa yang terdapat pada bagian atas sperical yang terbesar memiliki keterkaitan struktural satu dengan lainnya. Sehingga seharusnya stabilitasnya bisa terjamin, atau paling tidak bagian-bagian kecil tersebut memungkinkan untuk dibangun di atas spherical besar. Yang jadi masalah adalah seberapa kuat keempat kaki Moving Castle tersebut menopang semua beban yang ada di atasnya. Mungkin dengan mempertimbangkan pemilihan material super-kuat, atau mengubah ukuran kaki. Hal utama yang sejauh ini masih sangat tidak mungkin dilakukan adalah membuat kastil ini bergerak. Dengan mempertimbangkan hal ini, kita bisa menjadikan kaki-kaki tersebut sebagai suatu pondasi permanen berupa kolom yang tertancap dengan tanah.

    Dan menurut saya, ekplorasi masa bangunan menggunakan bentukan massa spherical menjadi bagian dasar suatu bangunan adalah sesuatu yang menarik. Apa mungkin Howl’s Moving Castle menjadi salah satu preseden untuk eksplorasi massa di proyek 2 studio PA4? kenapa tidak.

    Comment by andrinuroesman — March 27, 2013 @ 18:20

  2. Semua hal pasti mungkin dilakukan. Sekarang pertanyaannya tinggal bagaimana. Kalau menurut saya baik spherical dan prism sama-sama merupakan platonic solid yang bisa dijadikan tumpuan. Yang membuat prism lebih mudah menopang karena ia punya garis lurus yang mebuat benda tidak tergelincir. Sperical juga bisa menopang, ia hanya membuat hal itu lebih sulit karena bentuknya, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kalau sekarang sih saya juga belum kepikiran bagaimana mewujudkan bangunan seperti kastilnya si Howl, haha. Dan justru karena belum kepikiran, mari dipikirkan

    Comment by nadiaalmiraa — March 28, 2013 @ 23:56

  3. @andrinuroesman dan @nadiaalmiraa
    tentu saja semua hal mungkin dilakukan😀 yang diperlukan untuk mewujudkan kastil ini hanyalah ilmu pengetahuan tentang mekanik dan struktur yang lebih terintegrasi. tetapi masih belum ada (saya belum menemukannya) sistem yang tepat dan masuk akal dalam dunia nyata. Sungguh menyenangkan jika kastil Howl bisa terwujud😀

    Comment by titasarasvati — March 29, 2013 @ 10:46


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: