there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

Kopi, nikmat dan indah

Filed under: architecture and other arts — asiyahrohmatun @ 23:08

Sebagai mahasiswa arsitektur, tentu kita sangat mengenal apa itu kopi. Kehidupan mahasiswa arsitektur seringkali tidak bisa terlepas dari kopi. Bahkan ada beberapa diantara kita yang memang sangat menyukai kopi. Sebagai pecinta kopi, Anda pasti tahu bahwa sekarang ini kopi tidak hanya dapat dinikmati rasanya saja, tetapi ada hal lain yang dapat kita nikmati dari secangkir kopi panas, yaitu seni menghias kopi atau lebih dikenal dengan Latte Art.

Latte Art

Anda pasti seringkali melihat kopi pesanan Anda disajikan dengan dekorasi unik seperti gambar-gambar diatas. Tidak diragukan bahwa cara penyajian seperti ini membuat kopi tersebut memiliki nilai tambah. Selain pada kopi, hal ini juga memberikan nilai tambah kepada barista yang membuat dan menyajikan kopi tersebut. Gambar-gambar diatas menunjukkan bagaimana bentuk indah yang dihasilkan pada secangkir kopi yang dibuat oleh barista.

Tahukah Anda bahwa “menggambar” diatas kopi ini bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan? Memang tidak semudah itu, butuh latihan agar keterampilan diatas kopi menjadi terasah dan akan semakin lihai dalam membuat bentuk-bentuk yang diinginkan. Tetapi, untuk membentuknya, tidak dibutuhkan banyak peralatan.

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, terlihat bahwa sebenarnya bentuk-bentuk yang dihasilkan pada secangkir kopi ini bukanlah bentuk-bentuk yang sulit untuk dibuat. Bentuk dasar dari semua bentuk ini merupakan bentuk-bentuk geometri seperti bulat dan oval, dari bentuk-bentuk tersebut barulah nanti akan ditarik garis-garis dengan menggunakan sebuah batangan kecil, sehingga akan terbentuklah gambar-gambar tersebut.

Berikut ini saya sertakan beberapa video yang memperlihatkan bahwa Latte Art bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Selamat menikmati😀

1 Comment »

  1. Latte art memang selalu menarik untuk dilihat, terutama untuk para pecinta kopi🙂 melihat bentuk-bentuk latter art yang menarik dengan berbagai pattern yang unik diatas media yang tidak stabil (bersifat cair) saya kira bukan perkara mudah karena membutuhkan keterampilan dan ketepatan dalam menentukan ukuran dan bentuk yang ingin diciptakan. Menurut saya akan lebih seru lagi bila ada step by step atau sequence tentang bagaimana latte art itu terbentuk. Apakah ternyata sang barista menggunakan prinsip-prinsip geometri dalam menghasilkan komposisi dan proporsi yang menarik dalam latte art? Selain itu apakah ternyata pola tangannya membentuk suatu euclidian geometri? Apakah terjadi gerakan memutar? twist? Karena pada beberapa latter art ada pattern yang bersifat kontinu dan ada juga yang tidak. Saya kira akan ada banyak sekali unsur-unsur geometri yang menarik yang bisa dikuak dari segelas latter art yang enak ini.

    Terima kasih😀

    Comment by anthyadwita — March 29, 2013 @ 22:21


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: