there’s something about geometry + architecture

March 27, 2013

Penafsiran Geometri pada Kode Semapur

Filed under: everyday geometry — handinidamayanty @ 22:41
Tags:

Semapur di Indonesia berkaitan erat dengan kegiatan Pramuka, karena kode ini merupakan salah satu bentuk komunikasi yang wajib dipahami bagi tiap anggota.  Kode semapur digunakan untuk berkomunikasi secara konvensional dalam jarak jauh. Seberarnya semapur tidak hanya menggunakan bendera, tetapi juga dapat menggunakan dayung, batang, tangan kosong, atau dengan sarung tangan. Bendera semapur merupakan media yang paling populer, berukuran 45cmx45cm, dengan warna lazimnya gabungan merah dan kuning dalam bentuk segitiga sama kaki. Berikut ini adalah gambar kode semapur dan artinya.

 Image

Sumber: http://www.cimt.plymouth.ac.uk/resources/topical/semaphore/alphabet.gif 

 

Image 

Gambar Sudut Istimewa dalam Kode Semapur

Sumber:  http://home.arcor.de/royal-signals/page24/page27/files/DS003-Fig18.jpg (dimodifikasi)

 

Pembacaan kode semapur mengikuti arah jarum jam dari sudut pandang pembaca. Sumbu putar berada di dua pergelangan tangan pemberi kode. Sudut-sudut yang digunakan merupakan sudut-sudut istimewa, karena secara praktis lebih mudah dipahami dan mudah dibedakan daripada sudut yang sembarang. Di bawah ini adalah rotasi yang dilakukan dalam berganti huruf alfabet yang berurutan.

 

 Image

Sumber: http://darthnull.files.wordpress.com/2010/11/semaphores1.png (dimodifikasi)

Keterangan:

  • Putaran pertama: A, B, C, D, E, F, G;
  • Putaran kedua: H, I, K, L, M, N (tanpa J);
  • Putaran ketiga: O, P, Q, R, S;
  • Putaran keempat: T, U, Y and ‘annul‘;
  • Putaran kelima: ‘numeric‘, J (atau ‘alphabetic‘), V;
  • Putaran keenam: W, X;
  • Putaran ketujuh: Z

 

Sebenarnya ada hal yang unik pada gambar di atas, yaitu terdapat pengecualian untuk beberapa huruf dalam satu kelompok, padahal huruf berurutan, sehingga timbul pola acak. Padahal jika mengikuti pengelompokkan pada keterangan akan menimbulkan putaran dengan lebih dekat.

 

Semapur pada awalnya digunakan oleh angkatan laut pada awal abad ke-20, namun penggunaannya sudah tergantikan akibat kurang efisien akibat mudah diketahui oleh musuh, ketika malam hari, juga saat cuaca buruk. Penggunaan kode ini sebenarnya cukup mudah dengan menghafalkan gerakan untuk tiap alfabet dan instruksi lainnya. Namun sebenarnya apa yang menjadikan gerakan tersebut menyimbolkan huruf atau instruksi tertentu? Apakah karena bentuk geometrinya mengikuti bentuk alfabet?

 

Menurut saya semapur lebih menggambarkan simbol dengan kesepakatan aturan tertentu, bukan mendekati bentuk mendekati alfabet yang diwakilinya. Sebagai pengambaran, berikut ini adalah bentuk yang terlihat oleh pembaca semapur:

  Image

Sumber: http://www.gwpda.org/naval/s0900001.gif

 

Sepertinya tidak ada kemiripan bentuk diatas dengan alfabet bukan? Bagaimana menurut teman-teman? Apakah ada yang berpendapat sama seperti saya ? Semoga hal ini dapat menambah pengetahuan kita semua  :)

 

Daftar Pustaka

http://id.wikipedia.org/wiki/Semapur (diakses 27 Maret 2013)

http://www.gwpda.org/naval/s0900000.htm (diakses 26 Maret 2013)

http://www.anbg.gov.au/flags/semaphore.html (diakses 26 Maret 2013)

1 Comment »

  1. postoingan ini jadi mengingatkan saya waktu smp, dulu saya sempat mengahapal gerakan semapur saat itu. dari sumber yang saya dapat, semapur merupakan salah satu cara untuk mengecek apakah pesan yang dikirim melalui telegram dari satu menara ke menara lain diterima. Juga katanya semapur merupakan ‘simbolisasi’ dari kode morse. Memang secara geometri ia menggunakan sudut-sudut istimewa dan dari satu huruf ke huruf lainnya berputar mengikuti arah jarum jam. Yang membuat saya penasaran adalah apakah dari satu gerakan semapur ke gerakan semapur lain akan terbentuk suatu bentuk geometri lain? sebab yang saya ingat, ada gerakan menyilangkan tangan ketika berpindah dari satu kode ke kode lain.

    Comment by maryamassegaf — March 29, 2013 @ 20:52


RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: