there’s something about geometry + architecture

May 9, 2013

Spot the Differences Puzzles dan Visual Perception

Filed under: everyday geometry,perception — silviacarolinaa @ 14:17

Sering melihat permainan seperti ini di berbagai media seperti majalah?

Globe_and_high_court_(Spot_the_difference)

Ya, inilah permainan spot the differences. Ketika melihat sepintas tentulah kita tidak langsung menemukan seluruh perbedaannya. Mungkin kita dapat melihat beberapa yang sangat kentara (seperti pada gambar di atas, ranting besar yang ada di bagian atas), namun untuk bagian-bagian lain mungkin kita perlu melihat dengan lebih teliti.

Mengapa bisa terjadi demikian?

Ternyata ini masih berhubungan dengan teori persepsi gestalt. Secara umum, jika manusia hanya melihat sepintas, manusia cenderung untuk melihat garis besarnya saja. Bagian-bagian detail dilupakan. Tingkah laku manusia seperti inilah yang dimanfaatkan oleh permainan spot the differences.

Ada begitu banyak ‘kelas’ dalam permainan ini. Mulai dari yang tergolong mudah, seperti ini;

spot the difference_easy

Sampai yang dapat digolongkan sulit, seperti berikut;

M2xrXJbtLHi5DbY4zpRKo0-temp-upload.cvyxukyj.480x480-75

Elemen apa yang membedakan satu permainan dengan permainan lain dapat digolongkan ke tingkatan yang mudah atau tingkatan yang sulit?

Sama seperti yang dibahas dalam teori visual perception, elemen-elemen tersebut adalah basic visual feature, sepeti bentuk, warna, posisi, ukuran, dsb.

Semakin kecil perbedaannya, seperti warna yang masih dekat dalam posisinya di lustrum warna, ukuran yang tidak terlalu jauh beda, maupun bentuk yang agak mirip akan membuat orang yang memainkan permainan ini kesulitan untuk menemukan perbedaannya karena memang mata manusia secara umumnya hanya melihat organisasi visual secara umum (law of pragnanz), kesamaannya (law of similarity), hubungan antar bagian (law of continuity), pengelompokan (law of proximity),dan juga mata manusia cenderung untuk mengisi secara otomatis ketika ada bagian yang hilang (law of closure). Ketika persepsi yang demikian berlangsung, diperlukan ketelitian untuk bisa menyelesaikan permainan tersebut.

Bisakah Anda menemukan perbedaan pada gambar-gambar di atas? Jika tidak, mungkin berarti Anda perlu lebih teliti sehingga bisa menemukan semua perbedaannya, tanpa langsung mempersepsikannya🙂

 

sumber:

https://itunes.apple.com/az/app/expert-spot-the-difference-hd/id513727867?mt=8

http://writingday.wikispaces.com/spot+the+difference

http://www.users.totalise.co.uk/~kbroom/Lectures/gestalt.htm

2 Comments »

  1. Permainan ini sangat menarik. Begitu pula posting-nya😀 Saya pernah memainkan permainan ini bersama teman-teman saya, tetapi kami menemukan jawabannya dengan urutan yang berbeda-beda. Kira-kira apa yang mempengaruhinya ya?

    Comment by tasyae — May 9, 2013 @ 14:32

  2. @ tasyae: saya mau mencoba jawab pertanyaan anda. kalau menurut saya, tiap manuisa memiliki kecenderungan tertarik pada hal yang berbeda-beda. seperti yang terlah dijabarkan oleh silviacarolinaa, terdapat beberapa hukum organisasi visual. Melihat ketiga foto diatas saya malah lebih cepat menangkap perbedaan foto ketiga dibanding foto kedua. mungkin karena kemampuan “menangkap yang hilang” saya lebih terasah dibanding kemampuan “menangkap perbedaan warna”.

    Comment by titasarasvati — May 19, 2013 @ 14:53


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: