there’s something about geometry + architecture

May 9, 2013

Utopia adalah Kota Ideal? Yakin?

Filed under: ideal cities — dendydm @ 20:15
Tags: , ,

Image

saya sendiri secara pribadi yakin tidak akan ada yang namanya kota ideal, bahkan dalam narasi kota ideal sendiri, Utopia by Thomas More, yang katanya tidak dapat direalisasikan saya menemukan kejanggalan yang membuat Utopia bukanlah kota ideal bagi orang tertentu.

There are several religions on the island: moon-worshiperssun-worshipersplanet-worshipersancestor-worshipers and monotheists, but each is tolerant of the others. Only atheists are despised (but allowed) in Utopia, as they are seen as representing a danger to the state: since they do not believe in any punishment or reward after this life, they have no reason to share the communistic life of Utopia, and will break the laws for their own gain.

Kalimat diatas menunjukkan bahwa seorang atheis diperbolehkan tinggal di Utopia, tetapi di waktu yang sama juga seakan dianggap sebagai bahaya. apakah seseorang layak tinggal disuatu tempat yang membuat ia dicap sebagai orang yang berbahaya? tentu Utopia bukanlah kota ideal bagi seorang atheis. Padahal seharusnya kota ideal adalah kota yang seharusnya tidak ada diskriminasi diantara penduduknya.

bagaimana menurut teman2? apakah ada yang pernah membaca buku potongan deskripsi dari Utopia? lalu apakah ada yang merasa janggal dengan beberapa deskripsi kota ideal ini?

sumber : http://www.constitution.org/tm/utopia.htm

1 Comment »

  1. Assalamualaikum, Dendy.

    saya cukup terpancing dengan postingan anda kali ini. postingan anda menjadi sebuah trigger dan inspirasi saya dalam membuat artikel setelahnya. Utopia sebagai kota yang ideal memanglah janggal, apa lagi dengan dipandang oleh sikap masyarakatnya yang seperti ditulis dalam artikel anda. kota yang ideal bagi saya bukanlah sekedar untuk kaum elit saja, dan bukan dengan membatasi siapa masyarakatnya disana. tapi lebih kepada hubungan antar manusia dan tuhannya yang baik, serta manusia dan manusia lainnya yang baik, dan sesama makhluk hidup lainnya. masyarakat yang beradab, serta berperadaban yang baik. itu lah ideal city diluar konsepsi teori lainnya. Selamat membaca artikel saya!

    Comment by satriappamungkas — June 1, 2013 @ 20:00


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: