there’s something about geometry + architecture

May 16, 2013

Alam, Sumber Inspirasi Tiada Batas

Filed under: nature and architecture — christieayu @ 16:07

“Arsitektur adalah sebuah bidang ilmu yang tidak terpisahkan dari bidang-bidang ilmu dan bidang-bidang kehidupan yang lain.” Kira-kira seperti itulah quote yang bisa saya simpulkan dari  kelas Geometri dan Arsitektur. Sebagai seorang yang bergerak di dunia arsitektur, kita perlu tahu banyak hal dalam berbagai bidang ilmu dan kehidupan karena dari situlah inspirasi-inspirasi akan ide brilian dapat muncul. Inspirasi bisa datang dari mana saja, tergantung kepekaan kita melihat sekitar dan ketajaman kita mengolah data yang kita dapatkan dari sekitar.

Menurut saya alam adalah sumber inspirasi terbesar dan terkaya yang bisa kita perdalam dan kembangkan. Jika ingin belajar tentang keindahan, alam adalah contoh terbaik. Jika ingin belajar tentang struktur, alam juga menyediakan contoh-contoh terbaik. Jika ingin belajar mengenai gradasi, bentuk, warna, bahkan nilai kehidupan sekalipun, alam adalah contoh yang terbaik menurut saya.

Daun

Gambar-gambar di atas baru merupakan 6 bentuk dari ratusan bahkan ribuan bentuk daun yang terdapat di alam dan 3 bentuk dari ratusan bentuk bunga yang ada. Ini baru tentang bentuk, bagaimana tentang warna? Gradasi? Pattern? Tekstur? Alam adalah provider terbaik untuk inspirasi keindahan.

Bagaimana dengan sistem, struktur, proses, zoning, sequence, Golden Section, dst  yang juga kita pelajari di arsitektur? Mungkin tubuh kita sendiri bisa jadi sebuah contoh pembelajaran terbaik tentang hal ini.

body

Yang disebutkan dalam tulisan ini baru sebagian sangat kecil dari alam, bahkan hanya dengan sudut pandang yang berorientasi ke objek. Belum lagi jika kita ubah sudut pandang ke keterkaitan antar objeknya. Sangat banyak, kaya, dan tak terbatas inspirasi yang bisa kita dapatkan dari alam. Tuhan memang Pencipta yang paling kreatif dan kaya ide yang selalu membuat saya terkagum-kagum.

Jadi jika sedang buntu ide, mungkin ada baiknya kita melihat sekeliling, pandang bintang di langit, atau bermain dengan kucing tikus atau kecoa yang ada di sekitar. Mungkin hal itu bisa memberi inspirasi😀 Pernahkah teman-teman terinspirasi dari alam? Aspek apa dari alam yang menginspirasi dan bagaimana kemudian cara teman-teman mengembangkan ide itu?

2 Comments »

  1. wah setuju sekali saya sama saudari laras. menurut saya juga alam adalah sumber inspirasi tiada batas. sejujurnya beberapa desain saya juga ada yang terinspirasi dari alam. begitu juga dengan arsitek2 terkenal seperti santiago calatrava. dia mengadaptasi bentuk tulang pada desainnya. berhubungan dengan struktur yang didapat dari alam juga, saya ingin merekomendasikan buku yang bisa dijadikan panutan sebagai preseden projek2 arsitektur yang mengadaptasi alam untuk struktural desainnya. judul bukunya adalah : Structure in Nature is a Strategy for Design. oleh : Peter Pearce. link : http://www.amazon.com/Structure-Nature-Strategy-Design-Pearce/dp/0262660458

    Comment by dendydm — May 17, 2013 @ 19:43

  2. saya juga setuju dengan laras. saya juga pernah ingin membuat struktur bangunan yang mengikuti prinsip struktur dan bentuk dari tulang daun monokotil yang saya rasa lebih cocok digunakan menjadi struktur ide bangunan saya karena pada dasarnya bentuk tulangnya itu menjari, berbeda dengan dikotil yang cukup bercabang menjadi tulang-tulang yang lebih kecil.
    kalau dari laras sendiri adakah hal spesifik dari alam yang benar-benar laras pelajari sehingga menjadi contoh sumber inspirasi pada arsitektur? karena kalau saya melihat, laras kurang membeberkan contoh nyata yang sedikit didalami dari alam sebagai inspirasi.
    dan siapa tau juga bisa menambah ilmu buat kita semua. hehe makasih🙂

    Comment by ernestinebella — May 19, 2013 @ 14:52


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: