there’s something about geometry + architecture

May 16, 2013

Benda yang Hidup dan Memanipulasi Ruang

Filed under: perception — ruthconnie @ 07:50

Hubungan geometri dengan psikologi terletak pada penglihatan. Visual perception manusia menjadi sangat penting dalam menciptakan perasaan atau kualitas psikologi seseorang. Ketika mengikuti kelas geometri ini, saya mendapat pengetahuan mengenai kecenderungan manusia dalam melihat konfigurasi sebuah objek. Dari sini saya menjadi cukup tertarik dengan desain yang memakai kecenderungan manusia dalam melihat sebuah objek (desain yang melihat cara pandang observernya).

Salah satu karya yang saya temukan dan sangat menarik bagi saya berjudul PEEL dari YOY Studio.

yoy_peel_01

yoy_peel_02

Karya ini hendak menceritakan sesuatu yang ajaib. Seolah-olah ada dunia lain yang tersembunyi dan memberikan kesan penasaran ada apa di balik dinding kosong itu. Selain itu karya ini juga memperlihatkan seolah-olah dinding itu sebuah lembaran kertas yang menutupi keajaiban yang ada di balik dinding. Bagi saya karya ini sangat jenius dan mengesankan. Karya seni ini mampu membuat persepsi manusia akan ruang dan benda menjadi blur, pen-desain benar-benar mengeksplor wilayah abu-abu, antara ruang dan benda.

Lantas bagaimana menciptakan kesan yang unik lewat sudut dinding ini? Jawabannya dapat kita temukan ketika kita mendekati dinding ini.

yoy_peel_03

yoy_peel_04

Ternyata untuk menciptakan cerita ajaib itu, yang diperlukan hanyalah sebuah lampu. Ya, ternyata ini adalah sebuah lampu yang digantung disudut ruangan yang di desain dengan sangat jenius sehingga pada akhirnya posisi dan bentuk lampu ini dapat menceritakan  cerita yang sangat ajaib.

Jika kembali kepada persepsi visual. Manusia selalu mencoba untuk menyederhanakan apa yang dilihat, padahal jika kita keluar dari kebiasaan ini, kita dapat melihat hal lain yang sangat kaya dan kita dapat lebih peka dengan apa yang terjadi di sekitar kita.

Menurut saya, artist dari pembuat karya seni menyadari hal tersebut. Mereka menangkap sebuah momen sederhana yang cenderung tidak diperhatikan oleh orang lain dan kadang terlupakan, yang kemudian potongan momen sederhana itu ditampilkan dalam wujud yang berbeda. Sesuatu yang nampak sederhana dalam kehidupan kita berubah menjadi sesuatu yang luar biasa.

Lampu yang fungsinya untuk menerangi sebuah ruangan ini juga berfungsi untuk menciptakan ilusi mata. “Cerita” dari cahaya itulah yang hendak ditampilkan kepada observer, sehingga para observer dikecoh psikologis dan pandangan matanya, observer tidak lagi melihat lampuya melainkan cahaya dan dindingnya, observer dapat “merasakan” cahaya dibalik tembok tersebut.

Menurut saya ide ini dimulai dari titik yang sangat sederhana, yaitu dengan peka dalam melihat yang ada disekeliling kita. Dengan memperhatikan sesuatu yang sederhana dan sering terlupakan oleh orang pada umumnya, kedepannya dapat diolah menjadi suatu cerita yang sangat bemakna lewat sebuah objek tertentu sehingga menghasilkan benda hidup yang dapat memanipulasi ruang.

Bagaimana dengan teman-teman? Cukup tertarikah untuk mulai memperhatikan sesuatu yang sederhana di sekitar kita untuk menciptakan karya seni yang bermakna?

Referensi :

Chong, Adele, 2012, Out of the Ordinary, (Online), (http://surfaceasiamag.com/read-news-2-0-635-out-of-the-ordinary.surfaceasia.magz#), diakses tanggal 16 Mei 2013

Ono, Naoki, Yuki Yamamoto, 2012, Peel, (http://yoy-idea.jp/works/peel/), diakses tanggal 16 Mei 2013

 

 

1 Comment »

  1. saya suka sama desainnya sampai2 saya search tentang YOY studio. dan saya menemukan tipe permainan persepsi melalui lighting dan bentuk juga disitu.
    http://yoy-idea.jp/works/swing/

    pada projeknya yang ini ia seolah2 membuat kita merasa dalam dimensi yang waktunya terhenti. bravo untuk yang ngepost dan YOY studio.

    Comment by dendydm — May 16, 2013 @ 14:24


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: