there’s something about geometry + architecture

May 27, 2013

Pengaruh Musik Terhadap Persepsi Bentuk Ruang

Filed under: architecture and other arts,perception — ayuputrifadhilah @ 23:30

Saya adalah salah satu orang yang menyetujui bahwa musik dapat membawa saya kepada suatu emosi seperti senang, sedih, takut dan sebagainya. Contohnya ketika saya  mendengar lagu sendu, saya biasanya akan terbawa suasana hati yang sendu. Begitu pula ketika saya sedang membutuhkan suasana hati semangat maka saya akan mendengarkan lagu – lagu dengan irama yang menggebu – gebu yang terkadang hingga membuat saya menari. Hal ini pun disetujui oleh para peneliti dari Universitas Groningen yaitu musik mampu memengaruhi suasana hati kita, bahkan mengubah cara pandang kita tentang dunia sekitar.

Namun kemudian saya menyadari bahwa ternyata musik tidak hanya dapat mempengaruhi suasana hati saya, musik juga dapat membawa alam pikiran saya ke suatu tempat atau ruangan sesuai dengan musik tersebut. Di bawah ini adalah bagaimana musik mempengaruhi saya pada bentuk ruangan.

Kasus 1.

Judul : Simple Pleasures – Happy Ukulele Instrumental Background Music

Video: 

Gambaran ruang :

item10.rendition.slideshowWideHorizontal.four-seasons-resort-bora-bora-bora-bora-french-poly--110148-2

(http://nexustravelsolutions.com/nts/wp-content/uploads/2012/06/Four-Seasons-Resort-Bora-Bora-Otemanu-Over-Water-Bungalow-with-Plunge-Pool-31.jpeg)

7770626-traditional-beach-house-in-savaii-samoa

(http://us.123rf.com/400wm/400/400/shanin/shanin1009/shanin100900784/7770626-traditional-beach-house-in-savaii-samoa.jpg)

Bunyi ukulele yang ada membawa saya kepada suasana pantai,  dalam gambaran saya, saya sedang berada di teras rumah pinggir pantai. Bunyi yang terdengar tradisional juga membawa pikiran saya bahwa rumah tersebut bukanlah rumah yang sudah bergaya modern tetapi masih rumah trasdisional atau bahkan hanya sekedar saung.

Kasus 2.

Judul : 30 minutes of horror music – atmospheric soundtracks volume 1

Video:

Gambaran ruang :

dark

(http://3.bp.blogspot.com/-g_npO0ONXe4/TwJatVHCeyI/AAAAAAAAAH0/LxtEM6tg0oI/s1600/dark.jpg)

Tidak terlalu banyak bunyi suara yang ada pada lagu ini, membawa saya kepada ruangan yang kosong, berbentuk lorong yang panjang. Dengan nada-nada yang ada pada lagu ini pun membuat lagu ini terdengar begitu menyeramkan sehingga membawa saya kepada suasana gelap, ruangan yang gelap. Bunyi – bunyi yang sesekali terdengar membuat ruangan yang ada pada alam pikiran sayamenjadi sebuah lorong yang gelap dengan adanya sedikit-sedikit cahaya namun tidak mengurangi suasana menyeramkan yang ada pada ruangan tersebut.

Kasus 3.

Judul : Best Dance Music 2012 New Electro House House 2012 Music

Video:

Gambaran ruang :

Route 66 Casino Envy

(http://21horas.org/wp-content/uploads/2012/10/af68b_nightclub_6351448307_39aeeb70cf_o.jpg)

nightclubs

(http://www.nightclubsupplier.com/product_images/uploaded_images/nightclubs.jpg)

Lagu ini membawa saya kepada ruangan yang remang – remang (sebenarnya gelap dengan banyak permainan lampu namun lampu tersebut tidak mencukupi untuk melihat secara jernih).Musik pada lagu ini terdengar begitu ramai, banyak jenis efek alat musik yang mengahsilkan banyak jenis suara. Saya menggambarkan keragaman suara ini dengan adanya permainan warna dan efek cahaya lampu. Untuk mendukung permainan lampu tersebut maka ruangan yang ada haruslah gelap.

Kasus 4.

Judul : Bedtime Baby -Toddler Lullaby – Fisher Price song cd 1of 6

Video: 

Gambaran ruang

best-baby-boy-room-decorating-ideas-e1313702145129

(http://livinais.com/wp-content/uploads/2013/02/baby-nursery-room-interior-decorating-interior-decorating-670×447.jpg)

among-the-asleep-crib-and-baby-bedroom

(http://watchusplaygames.files.wordpress.com/2012/05/among-the-asleep-crib-and-baby-bedroom.jpg)

Pada lagu keempat ini membawa saya kepada dua jenis ruangan.

Yang pertama (sebagaimana digambarkan pada gambar atas) yaitu bagaikan tidur di ruang tidur anak umur bayi – kanak – kanak. Hal ini disebabkan lagu tersebut dihasilkan dari instrument dengan bunyi sederhana, nyaring, seperti mainan anak – anak

Tetapi ada perasaan seram yang timbul ketika saya mendengar lagu ini.  Masih berada ruangan bayi – kanak kanak, namun lagu ini terdengar begitu sepi dan kosong, hanyak terdengar 1 instrumen yang menghidupkan. Hal ini membawa saya pada ruang tidur yang gelap dan hanya terdapat sedikit cahaya. Ruangan seperti ini cukup membuat saya merasa takut.

Dari kasus- kasus ini,membuat saya memiliki kesimpulan dan keyakinan baru terhadap musik, bahwa musik dapat membawa saya ke beberapa suasana tempat. Mungkin saya dapat mempergunakannya ketika saya sedang ingin pergi ke suatu tempat namun  keadaan tidak memungkinkan, untuk sedikit mengobati rasa sedih maka saya bisa mendegarkan lagu tertentu yang dapat membawa saya ke suasana tempat yang saya ingin tuju tersebut.

Namun, ini hanyalah bagaimana persepsi saya bekerja, persepsi masing-masing orang bisa saja berbeda. Bagaimana dengan Anda? Adakah musik – musik tertentu yang membuat Anda merasa berada pada suatu tempat?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: