there’s something about geometry + architecture

May 27, 2013

Tape Art

Filed under: architecture and other arts — naditaamalia @ 20:11
Tags:

Ketika mendengar istilah street art biasanya hal yang pertama kali teringat adalah kaleng semprot, tembok, dan grafiti, tapi tidak dengan yang satu ini. Andi Rharharha, seorang seniman street art Indonesia tidak menggunakan cat sebagai senjata pilihannya. Ia adalah seorang seniman lakban (tape artist). Karyanya geometris, cerah dan interaktif. Andi Rharharha menantang penggunaan ruang publik melalui penggunaan inovatif dari lakban. Tapi tape art lebih dari estetika, tetapi lebih kepada apa yang direpresentasikan dalam karyanya yang membuat karyanya menjadi lebih menarik dari karya street art lainnya. Selain itu, karya-karya tape art dari Rharharha juga memainkan persepsi visual penikmat karyanya, yaitu dengan membuat sebuah bidang 2 dimensi terlihat seperti objek 3 dimensi.  Untuk melihat lebih lanjut tentang karya-karya Andi Rharharha, mari kita lihat gambar-gambar dibawah ini.

Image

SS851341.JPG

Image

Karya Andi Rharharha pada acara Bandung Public Furniture 2013
Image

Yang satu ini adalah karya tape art nya pada acara Pekan Kreatif Indonesia 2013.Image

Image

Hal lain yang juga menarik dan khas dari karya tape art Andi Rharharha adalah bagaimana ia menciptakan sebuah karya yang interaktif, dengan mengajak penikmat karyanya untuk bermain di ruang publik. Menyenangkan bukan? Ruang publik yang biasanya diacuhkan penduduknya menjadi lebih fun dan lebih segar. Tertarik membuat karya street art inovatif seperti yang dilakukan Andi Rharharha? Selamat berkarya!😀

 

Sumber:
http://super-rharharha.blogspot.com/2010/02/art-tape-lakban-rharharha.html

http://respectastreetartgallery.com/home/berita/tape-art-rharharha/

2 Comments »

  1. Membaca tulisan ini saya teringat beberapa bulan lalu saya pernah mengunjungi sebuah pameran lukisan yang sangat memasukkan unsur 3d ke dalamnya. Pameran tersebut cukup terkenal saat itu, Trick Art namanya. Hal yang saya tangkap dari pameran itu adalah bagaimana kemampuan sang pelukis bisa menciptakan bayangan dan komposisi ukuran yang sangat tepat sehingga pada saat lukisan tersebut di tangkap melalui kamera dengan adanya orang lain ditambahkan pada komposisi lukisan itu, hal yang terlihat bukan lagi orang tersebut jadi foreground dan lukisan jadi background atau sebaliknya, namun orang dan lukisan tersebut menjadi 1 cerita 2d yang bisa ditangkap secara 3d. Untuk bisa menangkap kesan 3d nya itu pun ada spot-spot tertentu yang direkomendasikan sebagai spot pengambilan foto sehingga suasana 3d sangat bisa terasa.

    Namun bila dibandingkan dengan pameran Trick Art tersebut, saya lebih menganggap Tape Art lebih membutuhkan kemampuan imajinasi 3d yang lebih tinggi pada saat membuatnya. Hal itu disebabkan media yang digunakan pada Trick Art adalah cat yang bisa dengan mudahnya menciptakan bayangan pada lukisan yang memiliki peran besar memunculkan kesan 3d. Namun berbeda halnya dengan saat gambar yang terkesan 3d tersebut tercipta dari media tape/lakban yang memiliki komposisi warna yang tidak mengenal gradasi pada 1 gulungan lakban tersebut. Sehingga kesan 3d tersebut sangat bergantung pada bagaimana permainan komposisi ukuran dan pengetahuan penjabaran gambar secara perspektif dan aksonometri.

    Comment by letalestari — May 31, 2013 @ 11:51

  2. Tape Art adalah jenis karya seni yang baru saya ketahui setelah membaca tulisan ini. Karya seni yang menarik. Akan tetapi, yang saya lihat dari gambar-gambar yang ditampilkan memperlihatkan bahwa Tape Art ini disusun dari garis-garis lurus. Padahal, bentuk geometri bukan hanya bentuk-bentuk yang kaku, bentuk-bentuk lengkung juga merupakan bentuk geometris bukan? Saya jadi penasaran, apakah pada Tape Art bentuk lengkung tidak termasuk didalamnya ataukah memang sulit untuk membuatnya?

    Comment by asiyahrohmatun — May 31, 2013 @ 22:17


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: