there’s something about geometry + architecture

May 31, 2013

Fashionable Mobius Strip

Filed under: architecture and other arts,contemporary theories — irininterior09 @ 22:08

Masih ingatkah kita dengan istilah mobius strip? Klein bottle? Bagaimana kalau istilah tersebut digunakan pada dunia fashion?

Fashion merupakan bagian dari kehidupan manusia modern zaman sekarang, banyak sekali inovasi-inovasi baru dalam dunia fashion yang sebenarnya merupakan adaptasi dari bidang ilmu lainnya, para desainer mengadaptasi metode-metode dan teknik dari suatu karya bidang lain untuk diterapkan ke dalam desainnya dan menjadi solusi baru dalam berbusana. Contohnya saja infinity scarf dan klein bottle hat yang mengadaptasi dari metode mobius strip yang biasa kita kenal dalam dunia matematika dan geometri.

Keduanya merupakan benda fashion yang dapat mendefinisikan mobius strip tidak lagi sebagai benda kuno yang ilmiah dan teknis, dan memperkenalkannya kembali sebagai mobius strip yang fashionable.

Apakah fungsinya bagi dunia fashion, apakah hanya sebagai estetika dengan meniru bentuk fisiknya dan membuat kita terlihat fashionable saja? Atau kah memang ada fungsi lain yang menjadi solusi dan inovasi baru dalam berbusana?

Tentu saja bukan hanya itu! Misalnya saja infinity scarf yang dikenal juga dengan istilah mobius scarf, tipe scarf ini sekilas terlihat sama seperti scarf melingkar biasa yang tidak memiliki dua ujung. Tetapi sebenarnya scarf ini menggunakan prinsip mobius, scarf ini tidak memiliki satupun ujung sisi sehingga sisinya jika ditelusuri tidak memiliki akhir. Kelebihannya adalah kita dapat memakainya dengan mudah, hanya dengan memasukkannya ke kepala dan melilitkannya beberapa kali, namun tetap terlihat rapi karena perputaran yang dihasilkan saat melilit tidak bertumpuk, hal ini dikarenakan scarf ini hanya memiliki satu sisi yang bersifat kontinu secara terus menerus. Sehingga tampilannya akan lebih rapi dan indah jika dibandingkan dengan memakai scarf lingkaran biasa dengan bahan yang sama, karena kefleksibelannya scarf ini disebut juga scarf serbaguna sehingga terdapat 21 cara berbeda untuk memakainya.

infinity scarf

Sumber :  http://www.bluebonnetsmile.com/2013/03/mobius-scarf.html

 

Sumber : https://geometryarchitecture.files.wordpress.com/2013/05/e3791-infinityscarf.jpg

Selain infinity scarf, ada juga benda fashion lain yang mengadaptasi metode mobius strip yaitu klein bottle hat. Klein bottle sebenarnya merupakan gabungan dari beberapa mobius strip yang dirangkai menjadi silinder. Kelebihan dari topi rajut ini adalah selain bentuknya yang unik, topi ini dua kali lebih tebal dari topi rajut lainnya karena sisi-sisinya yang dilipat kedalam untuk membentuk klein bottle, sehingga akan lebih hangat saat dipakai dengan sisi-sisinya yang saling melipat menjadi double side.

klein bottle hat

Sumber : conjoined mobius hat by Pat Ashford, Klein Bottle Pi Hat by Matt Parker

Wah ternyata mobius strip dengan bentuknya yang unik tersebut selain bisa menghasilkan benda fashionable ternyata juga memiliki kelebihan lain karena sifat mobiusnya. Jangan-jangan ada benda-benda lain di sekitar kita yang juga mengadaptasi bentuk mobius strip ini. Apa saja ya kira-kira?

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: