there’s something about geometry + architecture

May 31, 2013

Mana yang lebih kaya ? :)

Filed under: perception — marinisd @ 23:58

Suatu siang,  seorang pria tengah duduk disebuah lobi hotel seraya membaca sebuah majalah berbahasa asing. Sesekali ia melirik paja arloji mahal yang melingakar di tangan kanannya. Tampaknya ia tengah menunggu sesorang. Pria ini tampak berwibawa dalam balutan kemeja putih bermerek. Potongannya yang begitu pas dibadan pria itu membuat seakan pakaian itu mememang dibuat khusus untuk pria itu. Tak lama seorang pria lain datang, dengan tampang tak acuh ia menendang sepatu pria pertama tadi. Untuk sesaat pria pertama tadi tampak kesal melihat sepatunya terkotori. Ada segurat lumpur tipis terkena di sisi sepatu mengkilatnya yang baru pagi ini ia semir. Ia melihat dari bawah, memakai sendal jepit biru, celana pendek usang dan kaus oblong merah yang sudah pudar, namun saat ia melihat wajahnya, ia segera mengangguk sambil tersenyum.

“tuan, sudah mau pulang?”

Dari ilustrasi singkat diatas, seringkali kita tertipu dengan apa yang ditampilkan seseorang diluarnya. Kumpulan barang – barang bermerek yang seseorang pakai sering kali dipresepsikan sebagai seseorang yang berstrata lebih tinggi, lebih kaya, lebih berkuasa, dan sebagainya. Meski terkadang itu benar, namun tetap saja tak dapat menjadi sebuah patokan yang mutlak untuk menilai semua orang.

  fgdft

   Dari gambar di atas, mana yang menurut anda lebih mapan secara ekonomi? Seorang yang tengah berlari kesusahan atau seorang berpakaian rapih?

2 Comments »

  1. bahasan yang cukup menarik karena tulisan ini mengajak kita untuk berpikir lebih dalam lagi sebelum men”judge” suatu tingkat kekayaan seseorang. namun bukankah akan lebih menarik jika kita juga membahas bentuk kekayaan yang lain? kekayaan hati dan psikologis contohnya.. mungkin akan lebih menarik jika membahas kaitan “kaya hati” dengan “penampilan luar” seseorang sampai membahas pandangan orang lain terhadap orang tersebut.

    Comment by verairawan — June 1, 2013 @ 20:43

  2. terima kasih atas komen anda. saya sengaja membahas mengenai kekayaan seseorang secara visual karena point yang saya tekankan adalah visual perception akan seseorang yang dikatakan kaya
    jika saya membahas bentuk kekayaan lain seperti yang anda sampaikan maka hal itu menurut saya bukanlah dapat dilihat secara langsung seperti apa yang terlihat dan dapat dilihat menggunakan mata anda tetapi lebih kepada anda telah mengetahui dan menganalisis hati dan psikologis menggunakan alat indera anda lainnya.

    Comment by marinisd — June 2, 2013 @ 22:15


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: