there’s something about geometry + architecture

May 31, 2013

Memento & Mobius Strip

Filed under: contemporary theories,everyday geometry — anugrahfikriyanto @ 22:23
Tags: , ,

Sudahkah kalian menonton film Memento, film karya Christopher Nolan yang dirilis pada tahun 2000. Sedikit ulasan saja, film ini menceritakan mengenai Leonard (Guy Pearce) seorang pekerja ansuransi yang mendapati dirinya hanya memiliki daya ingat yang pendek (short-therm memory) setelah mengelamai kecelakaan. Dalam film ini Leonard harus berjuang dengan keadannya untuk memecahkan misteri terjadi pada kecelekaan tersebut yang melibatkan istrinya (Jorja Fox), Teddy (Joe Pantaliano) seorang polisi dan Natalie(Carrie-Ann Moss). Namun yang menarik dalam film ini sang sutradara, Christopher Nolan, membuat alur film maju dan mundur dengan tidak menentu. Dengan alur yang rumit tersebut membuat yang menonton film tersebut dibuat berpikir dan penasaran hingga akhir film untuk menebak bagaimana ending dari film tersebut.

Yang ingin diulas dari film ini adalah hubungannya dengan salah satu teori geometri mengenai topologi, yaitu Mobius Strip. Mobius strip merupakan salah satu bentuk dari subjek topologi pada geomtri arsitektur yang membahas mengenai sebuah permukaan (surface). Permukaan pada mobius strip yang jika ditelusuri hanya memiliki satu sisi permukaan saja. Tidak jelas bagian permukaan depan dan belakang  (figure-ground)Berhubungan dengan Mobius Strip, film Memento juga seperti memiliki alur yang tidak menentu dan tidak penting lagi mana bagian yang merupakan opening hingga ending film tersebut.

Menonton film Memento, tidak hanya memikirkan dan menebak bagaimana alur film berjalan dan berakhir. Tetapi juga koneksi antara scene yang satu dengan scene yang lain,  sepertit topologi dalam geometri yang membahas mengenai konektivitasnya. Dengan demikian Christopher Nolan dapat dengan bermain dengan alur film yang maju mundur dengan tidak menentu, dan menggantungkan pada hubungan antara tiap-tiap scene.

Ide Christopher Nolan membuat alur yang tidak menentu ini juga adalah hasil sebuah pemikiran yang mempertimbangkan psikologi-kognitif (John Galt, 2007). Psikologi kognitif melibatkan persepsi manusia yang kecenderungannya melengkapi informasi yang tidak utuh, seperti dalam film setiap scene tidak memberikan makna yang utuh yang dapat langsung dimengerti oleh penontonnya. Dan penonton bebas untuk berpartisipasi untuk memaknai setiap scene dalam film Memento dengan menggunakan psikologi kognitif yang sudah dimiliki oleh tiap orang. Berhubungan dengan tipologi dalam geomteri, penonton film Memento juga berusaha mencari koneksi antar scenenya menggunakan psikologi kognitif tersebut.

Referensi:

http://www.cracked.com/funny-2199-memento/

http://kssunews.wordpress.com/2012/10/30/flashback-movie-review-memento/

http://resensiakhirpekan.blogspot.com/2012/03/resensi-film-memento.html

http://www.imsdb.com/scripts/Memento.html

http://voices.yahoo.com/a-cognitive-analysis-movie-memento-481126.html (Analisis John Galt)

 

3 Comments »

  1. thank you for the post😀

    Comment by andrean20 — May 31, 2013 @ 22:34

  2. Melihat analisis pada film dan bahasan mengenai “makna yang tidak utuh” pada scene-scene film memento ini, saya jadi teringat film Inception. Itu merupakan salah satu film yang menurut saya cukup membingungkan (saya belum pernah menonton Memento). Apakah menurut Anda di dalam Inception terdapat kualitas Mobius yang sama seperti Memento? Terima kasih😀

    Comment by stellaajeng — May 31, 2013 @ 23:53

  3. Terima kasih saudari stella ajeng atas tanggapannya. Kebetulan saya juga sudah pernah menonton Inception (secara berulang-ulang kali) karena baik Inception maupun Memento merupakan karya dari sutradara favorit saya Christopher Nolan. Menurut saya film Inception ini lebih seperti hubungan film dengan topologi pada jalan cerita; seperti yang dijelaskan oleh titasarasvati dengan judul “Topological Movie Idea”. (https://geometryarchitecture.wordpress.com/2013/05/19/topological-movie-idea/)

    Disana dijelaskan dalam dunia dalam film tersebut sulit membedakan mana yang realita dan mana yang bukan. Film Inception pun demikian, dimana kalau tidak salah menceritakan Cobb (Dicaprio) yang dapat masuk kedalam mimpi dalam mimpi dalam mimpi dalam mimpi. Ide film tersebut lah yang menurut saya lebih mengarah ke Mobius Strip. Namun justru di ending film bagaimana alat yg digunakan oleh Cobb yang tidak dijelaskan bagaimana berhenti berputar.

    Hal inilah yang saya baca beberapa review mengenai gaya penyutradaraan Nolan yang multi-interpretasi dengan memberikan gambaran tidak secara utuh, karena sadar akan kemampuan psikologi-kognitif pada manusia sebagai penonton. Interpretasi kita terbangun melalui alur film dan otak kita secara tidak sadar akan memberikan persepsi sendiri. Dalam Gestalt, hal ini disebut law of enclosure kalau tidak salah mohon dikoreksi.

    Sedangkan Memento sendiri menurut saya hubungannya dengan Mobius Strip lebih “kurang ajar” karena seperti ketika kamu merekam sebuah peristiwa dengan alat rekam (handycam). Namun ketika ingin melihatnya kembali, dalam komputer, biasanya file-file tersebut sudah terekam berdasarkan nomer pengambilan gambar. Nah yang menjadi masalah adalah ketika ingin melihatnya urutan tersebut ditontonnya secara acak tidak beraturan. Kira-kira seperti itulah, dimana kita mencari koneksinya tersendiri dan sebagai penonton saya ikut terlibat untuk menentukan bagaimana film berakhir. (tidak peduli bagian film dari opening, inti, klimaks hingga ending)

    Menurut pendapat saya film ini sangat direkomendasikan untuk ditonton, karena selain membuat berpikir film ini juga membuat berinteraksi dengan menebak-nebak koneksi dan hubungan antara scene satu dengan yang lainnya.

    *siapkan alat tulis untuk mencatat alur dan jangan malu untuk tekan tombol rewind

    Comment by anugrahfikriyanto — June 1, 2013 @ 02:14


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: