there’s something about geometry + architecture

May 31, 2013

“Tu turu tutu~ I’m lovin’ it!”

Filed under: perception — shiltafinella @ 21:00

Saya yakin kebanyakan dari teman-teman membaca kalimat di atas dengan nada tertentu. Ya! Itu adalah jingle McDonald~. Walaupun mungkin ada dari kalian yang tidak pernah makan di McDonald karena anti junk-food, minimal kalian pasti tahu restoran cepat saji ini.

McDonald melayani hampir 47 juta pelanggan setiap harinya di 31.000 restorannya di seluruh dunia. Walaupun banyak kontroversi dan kritik ditujukan pada McDonald, restoran ini semakin banyak saja cabangnya.  Bisa jadi dalam radius satu kilometer dari rumah kita, kita bisa menjumpai minimal satu McDonald. Logo McDonald berupa huruf M berwarna kuning (disebut The Golden Arches) membuat kita sangat cepat mengenalinya.

Image

sumber : http://logonoid.com/images/mcdonalds-logo.png

 

Nah, terkait dengan topik visual perception, saya menemukan beberapa iklan McDonald yang menarik. Iklan-iklan tersebut memainkan persepsi visual dan mewakili pesan tertentu kepada kita tentang restoran tersebut. Pesannya tak sesederhana gambar atau karakter yang dihadirkan dalam iklannya. Saya akan menampilkan 5 contoh iklan di sini dan menyatakan persepsi yang saya tangkap ketika melihatnya.

 

1. Image

sumber : http://adsoftheworld.com/sites/default/files/images/mcdonaldsrock.jpg

= “McDonald punya kentang terenak! Anak gaul yang ngaku nge-rock harus makan!”

 

 

2. Image

sumber : http://images1.fanpop.com/images/photos/2000000/McDonald-s-24-7-Drive-Thru-mcdonalds-2082545-849-1200.jpg

= “Tengah malam buta pun kamu bisa makan McDonald!”

 

 

3. Image

sumber : http://lh5.ggpht.com/_gKQKwLZ8XUs/SkkxALen_wI/AAAAAAAABCs/N8zMtce-vUw/s800/McDonalds-make-a-deal-spider.jpg

= “Ayo orang tua, belikan anakmu Happy Meal!”

 

 

4. Image

sumber : http://files.coloribus.com/files/adsarchive/part_985/9854105/file/mcdonalds-brand-enjoy-our-broadest-menu-ever-small-72685.jpg

= “McDonald tidak hanya jual burger dan kentang loh. Ada baaanyyaaaaakkk yang lainnya!”

 

 

5. Image

sumber : http://thedesigninspiration.com/wp-content/uploads/2009/08/mcdonald/McDonald-Ads-32.jpg

= “Cepat ke McDonald!!!”

 

 

Apakah teman-teman juga menangkap hal yang sama dengan saya? Silakan teman-teman ikut berkomentar tentang persepsi visual kalian dan pesan yang didapatkan dari kelima iklan di atas.🙂

“Tu turu tutu~  I’m lovin’ it!”

3 Comments »

  1. Postnya menarik, karena logo Mcd sudah sangat kita kenal dan menjadi icon di dunia, memang benar bahwa sebuah iklan terutama sangat erat kaitannya kepada penciptaan suatu citra yang nanti akan dimaknai oleh orang yang lalu sudah menjadi suatu persepsi tersendiri akan Mcd. Anyway, untuk iklan yang ke-empat, saya masih belum dapat pesan yang dimaksud ? apakah gambar mata yang juling itu bermakna bahwa menu yang dijual di mcd sangat banyak sehingga jadi juling ??

    Comment by sitifitriyanti — May 31, 2013 @ 21:56

  2. Pembahasannya sangat menarik, bagaimana hal hal yg kita temui sehari hari dpt dikaitkan dgn mcd. Hal simpel itu seperti lampu mobil yg terlihat seperti logo mcd. Namun saya jg punya pertanyaan yg sama seperti Siti Fitriyanti, maksud dr iklan yg perempuan yg memutar mata itu gmn? Apa lekukan antara mata dan dahi jd spt logo mcd?

    Comment by aninditarahmadhanisa — June 1, 2013 @ 09:09

  3. Terimakasih atas komentar teman-teman.. Sebenarnya saya juga penasaran dengan menu baru apa yang dijual McDonald sampai iklannya selebai ini. haha..
    Setelah saya menelusuri, iklan 4 ini dibuat untuk McDonald Swiss pada Mei 2007. Maka, tidak ada lagi informasi di internet yg menyebutkan tentang menu spesifik yang dimaksud. Saya menelusuri website pembuat iklan, McDonald Swiss, dan googling bebas namun tetap tidak menemukan maksud “boardest menu” tersebut. Hanya pernyataan bahwa iklan ini dibuat untuk mempromosikan menu McDonald Swiss saat itu.
    Maka saya akan menanggapi pertanyaan teman-teman dengan asumsi dan analisa pribadi saya.

    Sebuah iklan (apalagi iklan yang menjual produk makanan sepopuler McDonald) biasanya maknanya harus cepat ditangkap dan mudah tersampaikan.
    Nah, di iklan ini ada kata kunci “boardest”, “menu”, dan cross-eye dari si model iklan. Jadi saya menyatakan persepsi yang saya tangkap ketika melihat iklan ini dengan kalimat : “McDonald tidak hanya jual burger dan kentang loh. Ada baaanyyaaaaakkk yang lainnya!”
    Cross-eye si model saya anggap sebagai kalimat visual hiperbola yang menerjemahkan pesan dari McDonald dengan cara yang unik dan lucu. Sepertinya tidak ada maksud untuk membuat logo McDonald dari cross-eye ini. Hehe..

    Sekian…😀

    Comment by shiltafinella — June 1, 2013 @ 20:53


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: