there’s something about geometry + architecture

June 1, 2013

Kota Ideal, Kota Madani?

Filed under: ideal cities — satriappamungkas @ 19:53
Tags:

Image

Kota Madinah Masa Depan. (sumber gambar: http://muhammadsurya.wordpress.com/2008/09/05/grand-desain-kota-madinah-di-masa-yang-akan-datang/)

 

Dalam menyebutkan sebuah kota ideal, dalam Bahasa Indonesia kita sering kali menyebutnya dengan “Kota Madani”. Lalu adakah sebenarnya kota yang ideal itu? Lalu kenapa kita menyebutnya dengan Kota Madani?

Saudara Dendy (Arsitektur 2010) membahas sebuah Utopia sebagai kota yang ideal (https://geometryarchitecture.wordpress.com/2013/05/09/utopia-adalah-kota-ideal-yakin/) , dan masih meragukannya akan idealnya sebuah kota, serta ke eksistensian sebuah kota yang ideal. Bila berbicara Utopia sebuah yang ideal, maka saya menjawab tidak. Masih terlalu banyak kelemahan di Kota tersebut, salah satunya yang disebutkan saudara Dendy. Lalu apa itu kota yang ideal? Bagaimana dengan perumpamaan Kota Madani?

Kota Madani, berasal dari bahasa Arab yang berarti menempati suatu tempat. Lalu menjadi perumpamaan sebuah kota yang ideal merujuk kepada Kota Madinah yang menjadi sebuah contoh kota yang berperadaban dan menggunakan sistem yang modern di zaman kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW.

 

 Image

 

Peta Kota Madinah. (sumber gambar: http://3.bp.blogspot.com/-L3AYJ0hfzE0/Td90WG33zFI/AAAAAAAABio/t2LQpVIkm5k/s1600/Madina-al-Munawwarah-Google-Map-002.jpg)

Kota Madinah menjadi sebuah contoh kota yang ideal, dengan bentuk kota yang dimana sebuah rumah ibadah (masjid) menjadi pusat kotanya. Bukan hanya itu, sebuah kota yang tadinya berperadaban dan berakhlak rusak, namun akhirnya menjadi kota yang mulia ketika Rasulullah menduduki kota tersebut. Lalu apa saja langkah-langkah Rasulullah hingga Madinah menjadi kota yang patut dicontoh?

  1. Memperkokoh hubungan kaum muslim dengan Tuhannya dengan membangun masjid
  2. Memperkokoh hubungan intern umat Islam dengan mempersaudarakan kaum pendatang Muhajirin dari Mekah dengan penduduk asli Madinah, yaitu kaum Anshor.
  3. Mengatur hubungan umat Islam dengan orang-orang diluar Islam, baik yang ada di dalam maupun di sekitar kota dengan cara mengadakan perjanjian perdamaian.

Berdasarkan hal diatas Rasulullah menamakan kota dengan nama Madinah, yang berarti berperadaban.

Masjid, atau rumah ibadah, hal yang pertama kalo di bangun oleh Rasulullah, dan menjadi pusat kota, dan pusat kegiatan selain jual beli. Menjadi tempat beribadah, serta menjadi tempat bermusyawarah. Menjadi pusat pemerintahan yang bisa langsung di lihat oleh warganya.

Image

 

Acropolis. (sumber gambar: http://www.athens-greece.us/acropolis/map-of-the-acropolis/acropolis_map_02.jpg

Bagi saya, kota ideal adalah bukan hanya untuk kaum elite, namun bisa membawa warganya menuju kedamaian dan beradab. Lalu bagaimana dengan pendapat ideal city dari Plato? Bagaimana dengan contoh bentuk kota Acropolis? Lalu bagaimana dengan Utopia? Madinah lah sebuah contoh pantas dan layak dengan mendapat sebuah kota ideal atau kota yang madani.

Referensi:

http://theglobejournal.com/feature/kota-madani-menurut-rasulullah/index.php

http://menaraislam.com/content/view/152/48/

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: