there’s something about geometry + architecture

June 1, 2013

Prinsip Gestalt pada Cover Album

Filed under: perception — audentya @ 16:36

Saat sebuah band berencana untuk mengeluarkan suatu album musik (kumpulan lagu-lagu) maka itu tidak akan lepas dari keterkaitannya dengan sebuah desain pada cover albumnya. Semakin menarik sebuah cover album maka akan memberikan daya tarik yang lebih saat seseorang melihatnya. Hal ini kemudian menyangkut pada visual perception.

Gestalt berhubungan dengan teori visual perception. Teori ini membicarakan mengenai bagaimana seseorang melihat atau menerima suatu komponen visual, apakah ia melihat secara keseluruhan ataupun melihat sebagian. Ada beberapa prinsip mengenai Gestalt ini, yaitu similarity (kesamaan), continuation, closure, proximity, symmetry, figure ground dan common fate.

Ada banyak hal yang ada di sekitar kita yang mengandung teori Gestalt ini. Pada kali ini saya mencoba mencari cover album suatu Band yang mengandung prinsip gestalt dan saya mencoba untuk membahas prinsip gestalt mana yang digunakan.

 

Contoh 1:

A Hard Day's Night

Cover album A Hard Days’s Night – The Beatles

Menurut saya cover album ini menggunakan prinsip Similarity, karena similarity muncul bila suatu objek yang satu terlihat mirip dengan objek lainnya. Similarity juga dikenal dengan repetition, yang pada akhirnya membuat suatu gambar memiliki harmoni atau ritma. Pada cover album tersebut dapat terlihat berbagai macam ekspresi wajah personil the Beatles. Pengulangan gambar pada karakter atau tiap personil the Beatles membentuk suatu harmoni tersendiri dan membuat semua komponennya terlihat sama.

 

Contoh 2:

The Adams

Cover album The Adams – The Adams

Desain pada cover album ini mengandung prinsip Closure. Saat melihat suatu elemen-elemen dengan komposisi yang kompleks maka hal pertama yang terlihat oleh mata seseorang adalah suatu pola yang tunggal dan mudah dikenali. Selain itu closure muncul saat suatu objek tidak tergambar dengan lengkap, namun seseorang dapat melihatnya secara keseluruhan. Pertama kali melihat cover album ini mata saya langsung tertuju pada goresan berbentuk mata yang dikelilingi oleh pola-pola goresan berwarna lainnya lalu dapat terlihat bahwa goresan tersebut membentuk suatu wajah manusia.

 

Contoh 3:

coldplay_xy_album_front

Cover album X&Y – Coldplay

Proximity muncul saat suatu elemen diletakkan berdekatan, lalu dapat terlihat menjadi satu kesatuan atau membentuk sesuatu. Pada cover album dari band Coldplay ini dapat terlihat elemen segi empat yang disusun berdekatan sehingga muncul suatu bentuk. Sehingga saya berpendapat bahwa cover album ini mengandung unsur proximity.

 

Contoh 4:

220px-Dark_Side_of_the_Moon

Cover album Dark Side of the Moon – Pink Floyd

Pada cover album ini terlihat sesuatu yang menerus (nampak seperti path). Saat saya melihat gambar ini saya melihat bagaimana dari sebuah garis lurus berwarna putih lalu masuk ke dalam segitiga dan akhirnya keluar seperti warna pelangi. Hal ini seperti pada prinsip Continuation pada Gestalt, yang mana prinsip ini muncul ketika ada suatu objek dan mata dibawa untuk melihat dari satu benda menuju ke benda lainnya.

Di atas merupakan beberapa contoh cover album band yang saya analisis keberadaan prinsip Gestalt-nya. Apakah anda tertarik untuk mencari contoh cover album lainnya yang mengandung prinsip Gestalt? Jika iya, sila mencoba (:

 

Referensi:

Liquori, Esther. (2011). The Close Relationship Between Gestalt Principles and Design. Tersedia: http://www.instantshift.com/2011/09/19/the-close-relationship-between-gestalt-principles-and-design/ [31 Mei 2013]

Rutledge, Andy. (2008). Gestalt Principles of Perception. Tersedia: http://www.andyrutledge.com/gestalt-principles-1-figure-ground-relationship.php [31 Mei 2013]

The Gestalt Principles. Tersedia: http://graphicdesign.spokanefalls.edu/tutorials/process/gestaltprinciples/gestaltprinc.htm [31 Mei 2013]

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: