there’s something about geometry + architecture

June 2, 2013

PERSEPSI PADA TEORI EINSTEIN

Filed under: perception — martinaratna @ 16:08

Pada pembahasan topik persepsi, ada [enjelasan mengenai teori Gibson (1979). Berdasarkan presentasi di kelas saat itu, poin penting dari persepsi adalah “based on information available/registered by observer”

kata registered ini menjadi penting. Menurut saya, kata register inilah yang paling merujuk bahwa persepSi memiliki sifta relatif, tergantung bagaimana substansi pada medium diterjemahkan melalui penginderaan.

Selain itu, ada satu poin yang disebutkan dan menarik perhatian saya. Prinsip posisi adalah penting pada pembentukan persepsi menurut teori Gibson. Ketika berbicara soal posisi dan sifat relatif, saya langsung teringat pada teori relativitas menurut Einstein. Apakah ada dari teman-teman berpendapat sama dengan saya?😀

Yang paling saya ingat terkait dengan teori Einstein tersebut adalah pada soal fisika di SMA, yang menyebutkan bahwa bergeraknya suatu objek bersifat relatif, tergantung dari  siapa yang dianggap bergerak. prinsip bergerak sendiri tentu erat kaitannya dengan perpindahan dari satu posisi ke posisi lain.

Selain itu, pada topik ini diberikan contoh karya-karya yang dibuat melalui prinsip persepsi. Penjelasan mengenai pentingnya medium dan substansi diwujudkan dalam karya-karya terkait pencahayaan. Hal ini makin memperkuat bahwa indera penglihatan memang berperan paling besar dalam pembentukan persepsi pada manusia.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: