there’s something about geometry + architecture

March 16, 2014

Keteraturan pada Alam

Filed under: Uncategorized — auditasarah06 @ 20:18

Selama ini kita merasakan bahwa semua yang dihasilkan oleh alam itu baik, dan semua yang terjadi secara alamiah itu baik dan nyaman. Adapun sesuatu yang merusak alam dan membuatnya tidak nyaman itu sendiri pun dalam opini saya disebabkan oleh manusia dengan keterbatasannya berfikir.

Setelah saya mengikuti beberapa pertemuan pada kelas Geometri, timbul keyakinan bahwa kenyamanan hadir karena keteraturan. Begitu pula kenyamanan yang dihadirkan oleh alam. Lalu apa hubungannya dengan keteraturan dan materi dalam kelas Geometri? pada Kelas Geometri diajarkan bahwa keindahan atau kenyamanan yang dirasakan manusia merupakan hasil dari keteraturan atau karya yang teratur. Nah dengan begitu saya menyambungkan dengan yang ada di alam; setiap elemen yang alamiah di seluruh alam ini saling berkembang, bergerak, berpindah, dengan harmonis dan sempurnakarena keteraturan.

Mengingat sebuah dialog saat saya di studio perancangan 1, ketika saya berkata bahwa “alam itu indah karena ketidak teraturannya” yang kemudian di sanggah oleh Mbak Mitha, “Apa iya alam tidak teratur? Apa iya jarak dan bentuk ranting pohon yang tumbuh itu berantakan?”

images (3)

Mungkin secara kasat mata kita melihat bahwa yang ada di alam dengan apa adanya terlihat berantakan, tidak teratur. Namun apakah benar itu semua tidak teratur dan berantakan? Atau pertanyaannya, bagaimana kita dapat mengatakan sesuatu itu berantakan?

Berdasarkan post-post sebelumnya pada blog ini, saya membaca banyak pembuktian mengenai golden ratio pada alam, salah satunya tubuh manusia itu sendiri. Yang kemudian ketika manusia mengikuti ratio tersebut, segala sesuatunya menjadi disukai kebanyakan orang.

Dan dari situ saya semakin yakin bahwa alam  yang terlihat tidak teratur pun sesungguhnya tersusun dari elemen-elemen yang teratur.

Sekian sedikit pendapat dari saya🙂

3 Comments »

  1. menurut pendapat saya, keteraturan pada alam memang terlihat diciptakan tidak teratur apabila diperhatikan secara kasat mata. namun jika dikaji dan didalami sebenarnya Alam ini ada dengan perhitungan yang benar-benar matang, mungkin bukan karena teratur atau tidaknya tapi lebih kepada proporsi dan komposisi yang bagaimana yang ada pada setiap detail elemen di bumi ini dan akan menjadikannya sebuah sistem yang besar dan bekerja dengan sempurna. Semesta,bumi, dan makhluk merupakan tiga sistem besar yang bekerja bersama-sama. Pada saat dahulu, dimana ilmu pengetahuan belum berkembang, manusia mau belajar darimana lagi selain mempelajari segalanya melalui alam. menurut saya oleh karena itu alam sengaja diciptakan dengan sistem dan perhitungan yang sempurna untuk kemudian kita kaji menjadi pengetahuan. seperti contohnya dengan prinsip golden ratio/golden section. menurut saya kesempurnaan proporsi agung itu ada karena penemuan beberapa proporsi pada elemen alam mengandung nilai tersebut, karena elemen alam dan makhluknya merupakan karya tertinggi yakni karya dari sang Dewa/Tuhan, disimpulkanlah proporsi itu adalah proporsi agung/golden ratio. atau mungkin bisa saja kita secara tidak sadar menjadikannya proporsi agung karena kita “terbiasa” melihat proporsi yang tersembunyi pada alam yang katanya banyak mengandung prinsip golden ratio tersebut. mungkin…… hehe

    Comment by dindanadira09 — March 24, 2014 @ 18:05

  2. Menurut saya, sebuah proporsi bukan hanya ditinjau dari segi keindahan saja, namun jika dilihat lebih lanjut ada keteraturan untuk mencapai sesuatu tujuan, apalagi jika berbicara tentang alam yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa. Misalnya contoh kecilnya, bunga matahari biasanya tumbuh mengikuti arah matahari karena ingin mendapatkan sinar matahari untuk keberlangsungan hidupnya, atau planet-panet memiliki jalur orbitnya sendiri, kita mungkin tidak sadar proporsi apa yang ada di keteraturan orbit planet-planet tersebut, tapi jika dilihat dari tujaunnya, apabila planet tidak memiliki orbitnya sendiri, maka planet satu dan yang lain akan bertabrakan yang berakhir dengan kehancuran alam semesta. Jadi keteraturan mungkin secara visual tidak dapat terlihat, namun keteraturan untuk mencapai tujuan tertentu yang dapat kita telaah lebih lanjut..

    Comment by nandittafitri — March 25, 2014 @ 02:17

  3. saya cukup setuju pernyataan dari audita tentang keteraturan alam, namun ada kata yang lebih melekat pada alam yaitu keseimbangan . atau lebih tepatnya bisa dikatakan “the balance of nature”. alam memiliki pola keseimbangannya sendiri . dimana balance itu terkait dengan: 1. balancing of noisy system, 2, ecosystem stability and sustainability, 3. of food webs, stability, and function, 4. ecological instability and collapse, 5 A Theory for food webs (sumber: http://press.princeton.edu/chapters/s9642.pdf ) . yang ingin ditekankan lagi tentang keseimbangan dan hubungannya dengan keteraturan, apakah seimbang = teratur atau sebaliknya. teratur yang seperti apa yang mungkin dapat menimbulkan keseimbangan?, atau teratur dalam bentuk apa ? pola ekosistemnya , pola berkembangnya atau pola hubungan makhluk didalamnya ? mungkin harus lebih di telaah lagi tentang keteraturan itu sendiri🙂

    Comment by nerissaarvianafardani — March 27, 2014 @ 20:59


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: