there’s something about geometry + architecture

March 24, 2014

Play with Solids

Filed under: Uncategorized — diahayuwulan @ 01:19

Kita sudah mulai mengenali beberapa bentuk bangun ruang saat berada di taman kanak-kanak dari mainan yang biasa dimainkan. Pada saat bermain dengan bentuk-bentuk tersebut tanpa sadar kita mulai menyusun semua bentuk yang ada tanpa tahu akan menjadi seperti apa bentuk gabungan dari semua mainan tersebut.

Mainan tersebut dicetuskan oleh Friedrich Froebel seorang peneliti alam dan manusia dengan tujuan mengasah kreativitas sejak dini. Tidak hanya visual namun juga mengetahui bagaimana sesuatu dapat bekerja.

Bentuk-bentuk pada mainan Froebel merupakan pengembangan dari regular solids atau platonic solids yang terdapat pada Euclidean Geometry antara lain:

Dikatakan regular solids karena memiliki jumlah yang sama dari sisi yang bertemu pada sudut yang sama serta poligon yang identik yang bertemu pada sudut yang sama. Kelimanya merupakan kemungkinan yang ada dari syarat diatas.

Pada perkembangannya, Froebel’s Kindergarten Gifts ini diduga memberikan pengaruh pada modern art dan desain (http://www.froebelgifts.com/history.htm). Nama-nama arsitek besar seperti Frank Lloyd Wright dan Buckminster Fuller pun dikatakan pada masa kecilnya juga bermain dengan Froebel’s gifts dan memberikan pengaruh pada desain-desainnya.

Karya Frank Lloyd Wright yang terlihat menggunakan prinsip mengkomposisikan bentuk solid antara lain Avery Coonley Kindergarten, Illinois dan Fallingwater House, Pennsylvania.

Avery Coonley Kindergarten

Fallingwater House

Fallingwater House

Dari dua karya Frank Lloyd Wright diatas dapat terlihat kedua bangunan seperti susunan komposisi bentuk-bentuk balok sebagai bagian dari bangunan.

Berbeda dengan Frank Lloyd Wright dengan karyanya yang dominan komposisi bentuk balok, Buckminster Fuller terkenal dengan bentuk Geodesic Dome nya yang juga diduga terinspirasi dari mainannya saat taman kanak-kanak.

Fuller mengkomposisikan bentuk tetrahedron menjadi kesatuan bentuk dome.

Dari Froebel’s Kindergarten Gifts serta perkembangan serta pengaruhnya dalam arsitektur, menjadi salah satu dari pernyataan dalam Euclidean Geometry yakni ‘ Architecture as a Composition of Regular Solids’

Lalu adakah bangunan di dunia ini yang bukan merupakan susunan dari regular solids?

Mungkin saja sebuah bagunan bukan merupakan komposisi dari regular solids karena terdapat bentuk-bentuk lain diluar euclidean geometry yang saat ini juga digunakan dalam merancang sebuah arsitektur.

Walt Disney Concert Hall, California | Salah satu bangunan dekonstruktif yang menggunakan non-euclidean geometry

 

Dengan semakin bervariasi dan berkembangnya permainan bentuk-bentuk geometri saat ini yang memicu kreativitas mungkin saja perkembangan geometri pada arsitektur pun akan turut terpengaruh nantinya..

 

Sumber referensi :

Kuliah Geometri 12 Maret2014

http://en.wikipedia.org/wiki/Mathematics_and_architecture

http://www.froebelgifts.com/history.htm

http://www.froebelgifts.com/method.htm

 

1 Comment »

  1. Saya cukup tertarik dengan pembahasan saudari Wulan terakait prinsip penerapan regular solids pada arsitektur, di akhir tulisan Anda juga sempat menyinggung mengenai arsitektur yang terbentuk tanpa menerapkan regular solids, yang menjadi pertanyaan saya yaitu apakah dengan adanya penerapan prinsip susunan baik regular solids ataupun bukan dapat menciptakan kesan atau identitas dari bangunan tersebut? atau sebenarnya komposisi dari bentuk tersebut hanya semata-mata sebagai estetika pada bangunan agar bagus dipandang mata?

    Comment by ekkyirdiansyah — March 25, 2014 @ 21:54


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: