there’s something about geometry + architecture

March 25, 2014

Pola Grid Pada Denah Ruang Pameran

Filed under: Uncategorized — nadiadputranti @ 21:37

Sebuah ruang pameran dirancang dan disusun agar pengguna ruangnya mendapatkan pengalaman yang baik yang terfokus pada objek yang dipamerkan. Selain itu dalam pameran, umumnya terdapat banyak sekali objek yang dipamerkan dan menarik untuk dilihat. Bagian dalam ruang pameran sebaiknya dapat disusun sedemikian rupa sehingga tercipta alur maupun pengalaman yang baik yang dirasakan pengguna.

Pola grid biasanya tersusun dari garis yang mengikuti pola geometri persegi atau persegi panjang. Kedua geometri ini memiliki sifat tak berarah dan tak berjenjang. Sehingga ketika pola grid diterapkan pada ruang pameran dapat tercipta alur yang tegas namun tidak mengarahkan. Alur gerak yang tercipta dari pola grid membuat pengunjung dapat menikmati pameran tanpa merasa ‘hilang arah’ atau ‘hilang orientasi’ karena pola grid dalam penyusunan ruang mudah diidentifikasi bagi pengunjung. Selain itu pola grid mudah diubah komposisi ukuran unitnya, sehingga penekanan dapat mudah dilakukan pada bagian-bagian ruang pameran.

Denah Oracle Openworld Exhibition Hall

Denah Oracle Openworld Exhibition Hall

Pola Grid Pada Oracle Openworld Exhibition Hall

 

Pola Grid Pada Oracle Openworld Exhibition Hall

 

Penekanan dengan peng-komposisi-an ukuran unit grid

Penekanan dengan peng-kompisisi-an ukuran unit grid

 

 

 

Pola grid tersusun dari garis-garis lurus, bukan garis-garis lengkung atau kurva, sehingga secara psikologis, ruang yang terbentuk bersifat netral. Netral yang dimaksudkan adalah bukan socio-fugal dan bukan pula socio-petal. Hal ini menjadi penting bagi social experience yang dialami pengguna karena suasana yang nyaman perlu tercipta saat pameran berlangsung. Terlalu banyak interaksi yang terjadi karena dipicu ruang yang bersifat socio-petal akan menjadikan ruang pameran menjadi terlalu riuh dan tidak berjalan dengan baik, karena fokus pengunjung tidak lagi kepada objek pameran.

 

alur

Pola grid pada ruang alur gerak

 

Melihat geometri  sebagai sebuah unsur  visual bukanlah sesuatu yang salah, namun lebih dari itu geometri dalam arsitektur berdampak besar dan lebih dari sekedar unsur visual yang menguatkan estetika arsitektur.

 

Sumber:

Catatan kelas Geometri Arsitektur

Catatan kelas Psikologi Arsitektur

http://designforservice.wordpress.com/2008/02/09/sociofugal-and-sociopetal-space/

http://www.oracle.com/openworld/floorplans/index.html

 

2 Comments »

  1. Saya setuju dengan pernyataan anda tentang penggunaan pola grid yg identik dgn bentuk geometri persegi atau persegi panjang memudahkan orang yg berada di dalamnya merasa lebih mudah mengetahui keberadaannya di dalam pameran tersebut, dari beberapa contoh grid anda seluruhnya bentuk geometrinya persegi panjang, ygsaya ingin tanyakan bagaimana jika bentuk geometrinya pamerannya lingkaran tapi menggunakan sistem grid yg diterapkan di bentuk persegi panjang dan persegi juga? Sekedar saran saja coba ada contoh yg lebih variatif bentuk geometri pamerannya jgn hanya persegi panjang dan persegi saja, sehingga bs ada perbandingan kira2 persepsi yg didapatkan sama atau tidakdengan bentuk geometri yg berbeda namun sama2 menggunakan sistem grid🙂

    Comment by nandittafitri — March 29, 2014 @ 01:13

  2. memang benar, pola grid yang paling sering digunakan pada desain denah ruang pameran, tapi yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pola grid itu hanya sebagai akses pergerakan dari para guest untuk melewati setiap benda yang dipamerkan? apakad ada penggunaan grid lain selain akses pergerakan saja?

    Comment by Adriansyah Harry — March 30, 2014 @ 15:17


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: