there’s something about geometry + architecture

March 30, 2014

Bentuk Geometri Sebagai Nilai Penting Untuk Menghasilkan Keunikan Botol Parfum?

Filed under: everyday geometry — amaliaputriayuichlasiaty @ 21:17

Sebagai seorang perempuan pada hakikatnya adalah sebagai umat yang tidak pernah terlepas dari satu hal yang sangat krusial, belanja. Baik belanja untuk keperluan rumah tangga, keperluan sekolah, kecantikan, atau mungkin hanya membeli makanan ringan dan sebotol air mineral. Sebagai seorang perempuan, mungkin kita dianugerahi penglihatan yang lebih jeli daripada seorang lelaki dalam melihat barang belanja. Selain jeli melihat harga, diskon, promo, tentunya bentuk dari barang yang akan dibeli dapat menjadi pertimbangan yang tidak mungkin diputuskan dalam waktu yang cukup singkat.

Bentuk merupakan suatu elemen yang berkaitan erat dengan pendapat orang. Bentuk juga dapat berpengaruh terhadap ketertarikan orang. Apalagi produk baru yang dikemas dalam bentuk dan unik. Mungkin, itu merupakan strategi untuk dapat merebut perhatian konsumen dalam waktu cepat, seperti bangunan ikonik yang kita bahas misalnya. Jadi, berikut ini saya akan membandingkan beberapa komposisi pembentuk sebuah botol pengharum dan membuktikan sejauh apa geometri dan kawan-kawan dapat membentuk suatu keindahan?

Pertama, kita beri nama botol A. Bila saya gambar kembali wujud 3 dimensi dari botol tersebut, dan memecahnya menjadi beberapa bagian, akan terbentuk bidang-bidang yang terkomposisi sebagai berikut:

ImageKedua, kita beri nama botol M. Saya lakukan hal yang sama:

ImageKetiga, kita beri nama botol I, sama:

ImageKeempat, botol N:

Image“Geometri yang diterapkan dalam ilmu arsitektur menjadi relevan dengan keberadaan pengertian keindahan berlatar belakang kebudayaan, dan geometri yang didefinisikan sebagai kesatuan antara proporsi dan komposisi.Ketika merancang sesuatu, arsitektural maupun non-arsitektural, manusia berpikir tentang nilai guna dan nilai keindahan. Ketika mengacu pada nilai keindahan, maka pemahaman geometri akan terpikir secara tidak sadar. Ilmu komposisi dan proporsi akan terintegrasi dalam proses tersebut.” (Sondang D., Novelisa, 2007)

Apa yang saya lakukan pada botol pengharum AMI&N, sebenaranya adalah cara untuk membuktikan apakah keindahan itu selalu datang dari komposisi geometri yang seragam dan teratur? Bila kita lihat bidang-bidang apa yang terbentuk dari hasil pecahan tersebut, masing-masing bentuk terdiri dari beberapa jenis bentuk geometri.

Dari kutipan di atas, dinyatakan bahwa geometri secara tidak sadar terpatri dalam pikiran ketika ingin menghasilkan sesuatu yang indah. Lalu pertanyaan saya, apa pemikiran seperti itu dimiliki oleh seluruh desainer di muka bumi ini? Apakah dalam merancang sebuah botol parfum sekalipun, prinsip geometri tetap diterapkan untuk mengejar nilai keindahan dan keunikan agar dapat menarik hati wanita?

Mengutip dari sebuah artikel milik Novelisa Sondang yang berjudul Geometri: Kebebasan Ekspresi Keindahan, pada salah satu pembahasannya bertajuk Geometri adalah Ekspresi Diri:

“Setiap orang yang melalui proses merancang tersebut akan menghasilkan produk berbeda-beda, walaupun diberikan pemicu yang sama. Keragaman yang muncul pada masing-masing produk merupakan salah satu contoh kecil pada ‘kebebasan berekspresi’. Kebebasan inilah yang kemudian merujuk pada sebuah pemahaman bahwa geometri tidak mengikat kebebasan berekspresi dalam arsitektur.” (Sondang D., Novelisa, 2007)

Biarpun saya sedikit memahami apa yang saya kutip di atas, saya rasa ini memang belum cukup menjawab problematika kehidupan dalam berarsitektur saya, apakah yang indah selalu dari bentuk geometris?

Sumber gambar:
http://makarioi-art.blogspot.com/2013/07/macam-macam-botol-parfum-unik.html diakses pada tanggal 25 Maret 2014

Sumber referensi teori:
Kuliah Geometri dan Arsitektur, semester 6 2014
Sondang D., Novelisa. Geometri: Kebebasan Ekspresi Keindahan. Dalam arsitektur.net 2007 vol.1 no.1

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: