there’s something about geometry + architecture

March 30, 2014

Kung Fu, Seni beladiri yang mengejar komposisi gerakan tubuh?

Filed under: everyday geometry — juniwinarto @ 22:49

“Martial Arts is not about fighting; it’s about building character” – Bo Bennett.

Apakah anda menonton fillm Kung Fu Panda? Jika Ya, tentunya anda pasti mengetahui atau pernah mendengar mengenai kung fu. Kung Fu, atau dikenal juga sebagai gongfu atau Wushu merupakan seni bertarung atau bela diri yang berkembang di Cina. Kung-Fu merupakan olahraga tradisional yang bermanfaat bagi kesehatan. Seni beladiri Kung-Fu dapat membentuk kesehatan baik secara fisik maupun mental karena mendorong kita untuk menyelaraskan pikiran dengan teknik yang dilakukan.

KUNG FU PANDA      woman in white suit make's taiji chuan exercise

Dalam belajar kungfu, diperlukan kedisiplinan dan dedikasi yang tinggi. Kita tidak hanya dilatih untuk bergerak, tetapi juga penghayatan terhadap tiap gerakannya. Posisi atau postur struktural merupakan poin penting dalam belajar kung fu. Gerakan dan gaya pada kungfu bervariasi, dimulai dari posisi kaki, distribusi berat tubuh, dan kesejajaran tubuh. Semuanya adalah hal yang harus dikejar dalam pembelajaran seni bela diri ini.

Bentuk dan postur tubuh tidaklah bebas, tetapi teratur sesuai dengan komposisi. Dengan komposisi yang baik, maka gerakan akan terasa lebih luwes. Bentuk postur tubuh dalam tiap gerakan harus dilakukan secara serius dan benar. Saya melakukan studi terhadap beberapa komposisi dalam gerakan kungfu hingga akhirnya saya bertanya-tanya.

Apakah komposisi ini dirancang dari awal? Apa yang ingin dikejar dari komposisi ini? Apakah komposisi gerakan ditujukan untuk mencapai kestabilan gerakan atau keserasian gerakan semata?

 

bowandarrow      horse       Lstance

Posisi : Bow and Arrow(Kiri), Horse Stance(Tengah), L or Half Horse(Kanan)

highlotus             bowandarrow         tiger

Posisi: High Lotus(Kiri), Empty Stance(Tengah), Tiger Stance(Kanan)

rooster  lotus

Posisi: Rooster Stance(Kiri), Lotus Stance(Kanan)

Beberapa gaya diatas memperlihatkan bahwa dalam berlatih gerakan, terdapat komposisi postur tubuh yang harus dilakukan secara benar. Sehari-harinya, terkadang kita masih seringkali salah dalam membuat suatu gaya atau gerakan saat berolahraga, baik terkadang kaki yang terlalu jauh, lutut yang terlalu menurun, hingga bentangan kaki yang kurang lebar.Gerakan diatas memiliki proporsi yang menyeimbangkan bagian depan dan belakang maupun kiri dan kanan sehingga tubuh akan lebih stabil, tegak dan siap saat mendapatkan perlawanan.

Pada kesempatan ini, saya juga ingin menyampaikan bahwa gerakan-gerakan dalam seni beladiri kungfu juga mengambil bentuk geometri dalam pemakaiannya.

shaolin5 copy       monah-0002 copy

[Ô˝]£®9£©µ«∑‘Ϻ´…Ÿ¡÷À¬£¨˜»¡¶Œfi«ÓÕØ◊”π¶       Shaolin-kungfu copy

yongwujhs copy     Warrior Monks Of Shaolin Temple

Tanpa disadari, sehari-hari kita melihat bentuk geometri, dan kita pun juga bergerak membentuk bidang geometri. Geometri sangat berpengaruh pada kehidupan kita karena geometri hadir di lingkungan sekitar kita baik secara langsung maupun tidak langsung,  Kung fu hanyalah salah satu contoh dari banyak seni beladiri yang melibatkan komposisi dan geometri.

Bagaimana pendapat kalian mengenai seni beladiri kung fu? Apakah anda berniat mempelajari atau menguasai kung fu mengingat manfaatnya bagi kesehatan?

 

 

Sumber Foto:

1. http://www.phoenixdragonkungfu.com/indexNew2.html , diakses pada 30 Maret 2014

2. Inilah kumpulan foto latihan jurus, diperoleh dari http://renunganharian-cahaya-bangsa.blogspot.com, diakses pada 30 Maret 2014

Sumber Referensi:

1. Manfaat kungfu dan meditasi bagi kesehatan, diperoleh dari http://www.aviva.co.id/id/index.php?option=com_content&view=article&id=191 , diakses pada 30 Maret 2014

2. Chinese Kung Fu, Martial Arts: History, Types, Masters, Movies and Actors, diperoleh dari http://www.travelchinaguide.com/intro/martial_arts/ , diakses pada 30 Maret 2014

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: