there’s something about geometry + architecture

March 30, 2014

Sebuah Keteraturan bagi Penderita OCD

Filed under: Uncategorized — Heru Junaidi @ 05:30

enhanced-buzz-31126-1338489191-8

 

Sumber : http://www.buzzfeed.com/samir/things-that-will-drive-your-ocd-self-insane

Bagi teman-teman yang pernah naik pesawat terbang pasti tidak asing dengan gambar di atas. Gambar di atas adalah meja lipat yang terletak di depan setiap bangku penumpang yang diwajibkan untuk dilipat saat akan lepas landas dan mendarat. Oleh karena itu, kita pasti akan menjumpai meja lipat tersebut terlipat saat kita akan duduk di bangku penumpang. Namun, apakah teman-teman sadar bahwa tidak semua meja lipat dikaitkan dengan letak kaitan yang tegak lurus terhadap tepi meja lipat seperti gambar di atas? Apakah teman-teman pernah berusaha untuk merapikan kaitan tersebut hingga tegak lurus baik disengaja maupun tidak? Coba perhatikan dua gambar selanjutnya di bawah ini:

enhanced-buzz-3947-1338484232-6

Sumber : http://www.buzzfeed.com/samir/things-that-will-drive-your-ocd-self-insane

1

Sumber : http://www.buzzfeed.com/samir/things-that-will-drive-your-ocd-self-insane

Apakah teman-teman pernah merasa gelisah atau kesusahan saat melihat gambar di atas? Kedua gambar di atas menampilkan pola yang tidak teratur atau tidak pada tempatnya. Pada gambar kedua, penutup jalan tersebut seharusnya diputar beberapa derajat terhadap titik pusat searah dengan jarum jam sehingga garis berwarna kuning saling bersambung. Pada gambar selanjutnya, keramik berukuran besar langsung dipasang sebelum memasang keramik ukuran kecil sehingga terbentuklah anomali pada pola lantai. Jika teman-teman merasakan kegelisahan dan perasaan tidak tenang hingga berpikir keras untuk mencoba memperbaikinya, ada kemungkinan besar teman-teman mengidap sindrom Obsessive–Compulsive Disorder atau OCD. Meskipun tidak sesederhana itu memvonis seseorang menderita OCD.

Obsessive–Compulsive Disorder (OCD) adalah sebuah kondisi yang berhubungan dengan kegelisahan serius di mana seseorang mengalami pikiran-pikiran dan bayangan yang mengganggu dan obsesi yang tidak disukai. Kondisi ini sering diikuti dengan tekanan, dorongan, atau keinginan yang berulang-ulang yang jika tidak dilakukan akan meninggalkan rasa takut, gelisah, cemas, dan ragu-ragu. Salah satu contoh yang umum adalah ketakutan memegang sesuatu atau merasa terkontaminasi seperti keadaan tangan yang kotor sehingga penderitanya selalu mencuci tangannya berulang-ulang. Contoh lainnya adalah ketakutan dan perasaan yang sangat tidak nyaman terhadap noda atau kotor. Hal inilah yang membuat David Beckham memiliki kamar mandi yang terpisah dengan Victoria Beckham karena istrinya suka mengotori wastafel dengan sisa pasta gigi.

Penyebab sindrom ini belum diketahui secara pasti. Namun, banyak peneliti mempercayai bahwa Obsessive-Compulsive Disorder (OCD) adalah hasil kombinasi neurobiological, genetis, tingkah laku, kognitif, atau faktor lingkungan.

Hal yang membuat saya tertarik adalah salah satu obsesi dari penderita OCD adalah perasaan ketakutan dan gelisah ketika melihat suatu tidak teratur. Lebih rinci, penderita akan terobsesi untuk mengatur baik benda atau melakukan hal lain dengan pola tertentu yang sangat teratur termasuk secara simetris atau tegak lurus. Sebagai tambahan, mereka akan menghabiskan waktu yang sangat lama hanya untuk memastikan semua terletak pada ‘posisi yang benar’. Oleh karena itu, obsesi keteraturan ini membuat penderita merasa nyaman dan tenang. Bisa ditebak bagaimana jika penderita OCD menjadi seorang desainer dan arsitek?

 

Muhammad Heru Arie Edytia [Heru Junaidi]

Referensi:

http://www.ocduk.org/ocd

http://www.ocduk.org/obsessions-compulsions

http://www.ocduk.org/what-causes-ocd

http://www.ocduk.org/types-ocd

http://www.buzzfeed.com/samir/things-that-will-drive-your-ocd-self-insane

2 Comments »

  1. Saya sendiri sebenarnya belum pernah mengetahui jika seorang desainer atau arsitek menderita OCD. Mungkin karya-karyanya akan menghasilkan sesuatu yang memiliki keteraturan yang dapat dengan mudah dilihat dengan kasat mata. Agak berat memang kedengarannya ketika setiap menemui ketidaksimetrisan atau sesuatu yang tidak tegak lurus, maka penderitanya akan merasa gelisah. Namun akan lebih menarik lagi jika “keteraturan” ini sudah mengakar pada dirinya dan ketika ia membuat suatu karya yang mencoba keluar dari keteraturan justru secara tidak sadar, karyanya tersebut juga memiliki pola tersendiri. Siapa tahu………..

    Comment by diankusumasari — April 1, 2014 @ 22:34

  2. Sindrom OCD ini memiliki obsesi terhadap keteraturan. Apakah keteraturan yang dimaksud di sini hanya berlaku untuk hal-hal yang simetris dan tegak lurus? Dalam lukisan abstrak kita dapat menemukan adanya proporsi yang digunakan. Atau dengan kata lain di balik sesuatu yang terkesan tidak teratur sekalipun terdapat adanya keteraturan. Seniman pada masa lampau menekankan simetris sebagai suatu keindahan, bagaimana dengan desainer ataupun seniman yang cenderung mengejar keteraturan itu dengan sesuatu yang terkesan tidak teratur? Apakah dapat dikatakan mengalami sindrom OCD juga?

    Comment by keziaamelia — April 1, 2014 @ 23:30


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: