there’s something about geometry + architecture

March 31, 2014

Diagram Cartesius, Pola Grid, dalam interior

Filed under: Uncategorized — chandrawatihasanah @ 10:37

Apa kabar semuanya?baik khan??:)

Pasti masih ingat dong dengan diagram kartesius?? Itu tuh…diagram mengenai keberadaan suatu titik berdasarkan koordinat sumbu-x dan sumbu-y.

Nih gambarnya, siapa tau mempermudah untuk mengingat ;)

Nih gambarnya, siapa tau mempermudah untuk mengingat😉

Pernah gak sih terlintas di benak kita untuk apa belajar diagram seperti ini?sebenarnya ilmu yang dipopulerkan Rene descartes ini bukan tidak ada gunanya, tetapi karena penerapannya bukan di Indonesia jadi nilai ilmu ini terasa “ngawang”. Ilmu ini sebenarnya diaplikasikan pada tata kota contohnya kota chicago, boston, new york, san fransisco, bahkan masih banyak lagi.

aksj

Diagram kartesius dengan sistem gridnya sangat erat kaitannya dengan ‘keteraturan’. Jika kita berbicara mengenai keteraturan, pasti ada rule atau order tertentu yang ditaati sehingga menjadi teratur.

Pada post sebelumnya, sudah ada yang membahas mengenai kota jakarta yang pernah “nyicip” sistem grid. Terasakah keteraturannya?.oops!. Pada post ini, saya bukan mau membahas hal tersebut, melainkan ingin mengangkat hal lain mengenai sistem grid ini. Sistem ini ternyata lebih familiar daripada yang kita kira, bahkan saking familiarnya, sistem ini bekerja dan memengaruhi kita tanpa kita sadari keberadaannya.

Sistem ini diterapkan di tempat yang ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Saking terbiasanya dengan tempat ini  kita jadi menganggapnya hal biasa.

Setiap hari.

Tidak disadari.

Tempat itu adalah……..ruang kelas.

Sistem grid yang terlihat jelas pada layout ruang kelas (ada order yang diterapkan)

Sistem grid yang terlihat jelas pada layout ruang kelas (ada order yang diterapkan)

Selain pada layout ruang kelas, sistem grid ini juga diterapkan dalam bentuk furniture.

mnk

Tentunya sistem grid ini menuntut kepatuhan/ ketaatan pada order/ rule yang ia emban.

Sistem gridà menuntut keteraturan

Bagaimana respon manusia yang berada dalam sistem grid ini?ada yang menaati rule tersebut, tetapi ada orang yang melanggarnya seperti ilustrasi gambar di bawah ini

xzcdsd

Tapi apakah dampak sistem grid ini hanya sampai di sini saja?

Bukankah kita merasa enggan untuk mengubah posisi bangku/ meja yang ada di ruang kelas??

 

Kita merasa enggan untuk merubah posisi bangku menjadi seperti gambar pada sebelah kanan.

Kita merasa enggan untuk merubah posisi bangku menjadi seperti gambar pada sebelah kanan.

Bukankah kita merasa enggan duduk dalam posisi yang di luar order??

cvffr

Nah, sekarang mari kita renungkan sejenak.

Seberapa jauhkah sistem grid  telah memengaruhi kita?

Seberapa jauhkah sistem grid telah menciptakan keteraturan dalam ketidakteraturan hidup kita?

 

Chandrawati Hasanah, Interior 2011

 

Referensi:

Foucault, michael. 1995. Discipline & Punish : The Birth of Prison. United States of America.

Burke, Catherine., & Grosvenor, Ian. 2008. School: objekt series. London: Reaktions book Ltd.

Hertzberger, Herman. 2008. Space & Learning Lessons in Architecture 3. Rotterdam: 010 publisher.

 

3 Comments »

  1. wah, ternyata benda yang biasa bersinggungan dengan kita sehari-hari memiliki sistem grid juga, ya. Hal utama yang saya rasakan tiap memasuki ruang kelas dan melihat susunannya adalah kemonotonan dari suatu sistem. Saya belum pernah, sih, ke kota-kota yang Anda sebutkan di atas, jadi mungkin kalau untuk skala kota, kemonotonan itu tidak terasa. Bagaimana menurut Anda? Lalu kalau dari susunan furniture sendiri, saya sendiri merasa tidak keberatan duduk di luar order, kecuali saat saya masih duduk di bangku SD SMP dan SMA. Apakah kepolosan juga berpengaruh pada kontrol yang diberikan pihak berkuasa pada anak-anak? Bagaimana pendapat Anda? Intinya, menurut saya, sistem grid di kelas dapat memudahkan pengajar apabila ia suka melihat suasana kelas yang rapi dan tertib. Mungkin sistem non-grid bisa diterapkan pada suasana kelas yang menginginkan murid-murid belajar dengan aktif.🙂

    Comment by Gadisha Amelia — April 1, 2014 @ 00:13

  2. menarik sekali bahasan mengenai grid yang mempengaruhi sikap kita:)
    saya setuju dengan artikel diatas, bahwa grid yang tercipta secara bentuk terlihat kaku dan bersudut menimbulkan efek yang juga kaku. akan tetapi comment diatas menurut saya lebih menarik, karena jika kita telisik lagi dapat dirasakan posisi duduk sebenarnya lebih dipengaruhi akan kehadiran guru, atau istilahnya “penguasa di kelas.” bayangkan kelas saat istirahat, menurut saya grid tersebut tidak lagi berlaku karena murid-murid cenderung mengubah posisi duduk mereka sesuai kenyamanan.

    Comment by nabilaardhani — April 1, 2014 @ 23:33

  3. Tulisan ini menarik sekali ya, bahwa ternyata ruang-ruang yang biasa kita alami sudah memiliki unsur grid dan bagaimana konfigurasi grid mempengaruhi behaviour kita.
    Untuk aplikasi pada kota saya juga merasakan hal yang sama dengan anda, karena tidak pernah merasakan sendiri jadi tidak bisa mengerti bagaimana pengalaman ruangnya. Tetapi untuk grid yang di ruang kelas saya sendiri pernah mengalaminya dan memang terasa sekali efeknya dibandingkan dengan konfigurasi ruang yang lain (seperti bentuk radial, bentuk U, dll). Pengaturan grid memang cenderung membuat pergerakan dan interaksi user lebih kaku dan cenderung membatasi interaksi dan keikutsertaan dalam proses belajar. Tetapi ada juga nilai tambah dari pengaturan grid ini yakni untuk situasi tertentu yang menuntut ketertiban, konsentrasi tinggi, serta internalisasi individu seperti misalnya saat ujian. Jadi mungkin penerapan kelas grid dan non-grid bisa disesuaikan dengan jenis pelajarannya. Bentuk furniturenya juga mungkin dibuat fleksibel sehingga bisa mengakomodasi baik ketika dalam keadaan grid maupun non grid🙂

    Comment by Karina Anisa — April 2, 2014 @ 09:51


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: