there’s something about geometry + architecture

March 31, 2014

Dibalik Bentuk & Komposisi Nasi Tumpeng

Filed under: locality and tradition — ekkyirdiansyah @ 14:06

Nasi tumpeng tentunya sudah tidak asing bagi kita, terlebih lagi jika kita berasal dari keluarga keturunan Jawa. Nasi Tumpeng merupakan sajian khas yang banyak dijumpai dalam berbagai acara perayaan atau biasa juga dikenal dengan sebutan “selametan” baik di desa-desa maupun di kota-kota besar terutama di pulau Jawa. Tumpeng dianggap sebagai suatu simbolisasi yang memiliki makna yang cukup sakral.

Jika dilihat secara filosofis makna yang terkandung pada bentuk kerucut dalam nasi tumpeng merupakan lambang antara hubungan manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa, atau melambangkan tingkat kesulitan manusia dalam mencapai kesempurnaan. Sedangkan masyarakat Hindu-Budha menganggap makna dari bentuk tumpeng sebagai cerminan dari bentuk gunung yang suci dan keramat.

Jika dilihat dari sudut pandang prinsip-prinsip geometri nasi tumpeng itu sendiri terdiri dari dua bentuk dasar geometri yaitu bentuk segitiga dan lingkaran.

Bentuk Lingkaran sendiri adalah geometri yang secara tradisional dianggap mewakili Tuhan. Sebelum alam semesta diciptakan tidak ada yang lain kecuali Tuhan, bahkan tidak waktu dan ruang. Keliling lingkaran adalah batas segala yang ada. Lingkaran juga memperlihatkan bentuk simetri dilihat dari arah mana saja. Titik (bindu) adalah lingkaran juga tetapi sangat kecil. Sedangkan bentuk Segitiga terkait dengan Kekuatan Di Balik Penciptaan serta menujukkan stabilitas.

Selain terdiri dari susunan bentuk-bentuk geometri segitiga dan lingkaran, peletakkan komposisi pada nasi tumpeng ternyata juga menerapkan prinsip simetri yang sesuai dengan ilmu geometri. Jika diperhatikan nasi tumpeng pada umumnya diletakkan di tengah wadah berbetuk lingkaran dan dikelilingi oleh lauk-pauk disekitarnya. Tumpeng yang berbentuk kerucut dan diletakkan ditengah tersebut jika ditarik sumbu-sumbu tercipta adanya bentuk simetri dari komposisi penyusunan nasi tumpeng terhadap lauk pauk serta wadah nasi tumpeng tersebut.

tumpeng

Terlepas dari berbagai makna filosofis ataupun arti simbolik pada nasi tumpeng, menurut saya sadar atau tidak sadar sebenarnya bentuk-bentuk serta komposisi dan penyusunan elemen-elemen pada nasi tumpeng telah menerapkan prinsip-prinsip bentuk serta simetri jika diakaitkan dengan ilmu geometri.

Bagaiman menurut Anda? Apakah Anda dapat menemukan penerapan ilmu geometri lainnya pada nasi tumpeng ataupun makanan khas daerah lainnya?

 

Sumber:

http://sosbud.kompasiana.com/2012/01/31/makna-spiritual-bentuk-geometris-dari-candi-candi-dan-tempat-tempat-ibadah-di-indonesia-434731.html

http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2013/04/03/makna-simbolik-nasi-tumpeng-547913.html

http://www.describeindonesia.com/culinary/item/110-nasi-tumpeng,-tradisi-tumpengan-kebanggaan-indonesia.html

1 Comment »

  1. wow! pembahasan yang cukup out of the box. Saya setuju dengan saudara ekky bahwa nasi tumpeng memiliki nilai kesakralan jika dilihat dari bentuknya, berdasarkan mata kuliah sejarah yang telah dipelajari bahwa suatu bentuk yang meninggi dan memiliki titik puncak diatasnya menandakan prinsip ketuhanan. Namun mengenai bentuk lingkaran, pada masa sekarang ini cetakan tumpeng telah banyak dimodifikasi seperti misalnya ada yang dasarnya berbentuk kotak maupun bintang. Nah! apakah modifikasi bentuk tersebut mengurangi nilai kesakralan pada nasi tumpeng? Selain itu apakah ada pengaruh dari perbedaan susunan makanan seperti orek tempe, telur balado, perkedel, dll yang diletakkan di dasarnya?

    Comment by inesaps — March 31, 2014 @ 15:42


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: