there’s something about geometry + architecture

March 31, 2014

Geometry in Fashion. Hanya dilihat atau dirasakan?

Filed under: Uncategorized — inesaps @ 10:59

Geometri sebagian besar menciptakan suatu keindahan.

Fashion terkait erat dalam keindahan dalam pakaian. Di dalam dunia fashion banyak designer menerapkan geomerti dalam rancangan mereka berupa pola-pola pada pakaian dan juga dalam bentuk geometri pakaian.

arc-4            arc-1

(Sumber gambar: http://modenodeblog.com/wp-content/themes/sight/images/2012/02/arc-1.jpg )

Arsitektur dan geometri yang diterapkan di dalam dunia fashion bukanlah hal yang baru, bahkan terdapat sebuah fashion show khusus yang bertemakan “Architecture and Geometry”. Gambar diatas merupakan kumpulan koleksi  yang terdapat pada “Architecture and Geometry Fashion Show”. Dari gambar-gambar tersebut dapat dilihat bahwa para designer menerapkan geometri dalam bentuk pola-pola pada pakaian meraka. Pola geometri yang dipakai dapat berupa komposisi titik, garis, dan bidang. Permainan komposisi pada pattern tersebut menciptakan suatu keindahan yang dapat dirasakan ketika melihatnya.

Namun apakah keindahan dalam geometri hanya sebatas apa yang dilihat dari pola-pola yang tercipta dari permainan titik, garis, maupun bidang?

“Fashion is Architecture. It is a matter of proportion” (Coco Chanel, 1971)

Dari kutipan diatas, dapat diketahui bahwa fashion dan arsitektur sama-sama membahas proporsi. Proporsi merupakan hal yang cukup krusial dalam 2 bidang ini. Di dalam arsitektur, proporsi terkait akan bagaimana manusia akan hidup dalam suatu arsitektur, sedangkan di dalam fashion proporsi terkait bagaimana suatu pakaian akan dipakai oleh manusia.

Karena membahas mengenai keterkaitan dengan manusia, maka saya mencoba melihat keterkaitan fashion terhadap tubuh manusia itu sendiri.

nnj-abb5

 

(Sumber gambar :http://www.marcus-frings.de/text-nnj.htm )

GEOM

Dapat dilihat bahwa dalam fashion juga diterapkan teori golden section dimana teori ini digunakan untuk menciptakan proporsi yang tepat yang membentuk suatu haroni keindahan di dalam fashion. Penerapan geometri dalam fashion melalui golden section menciptakan keindahannya secara tidak langsung, namun hal yang terpenting dari penggunaan teori ini adalah bagaimana keterhubungan antara fashion dengan tubuh manusia itu sendiri. Penggunaan proporsi ini menciptakan kenyamanan yang dapat dirasakan oleh sang pengguna.

Menurut saya penciptaan keindahan melalui geometri tidak hanya dapat dilakukan secara visual, namun sangat penting untuk menciptakan keindahan melalui geometri yang dapat dirasakan oleh seluruh indra kita.

 

Referensi:

http://modenodeblog.com/2012/02/23/architecture-and-geometry-in-fashion/

http://www.marcus-frings.de/text-nnj.htm

 

 

2 Comments »

  1. Pembahasan yang cukup menarik. Saya cukup setuju dengan pendapat saudari Inesa mengenai keindihan yang tercipta pada fashion melalui geometri, namun dari situ juga timbul beberapa pertanyaan. Apakah penerapan geometri dalam berpakaian hanya diterapkan pada era berpakaian di zaman sekarang yang mungkin identik dan banyak orang menyebutnya pakaian bergaya futuristik atau sebenarnya penerapan prinsip geometri dalam berpakaian juga dapat ditemukan pada fashion di zaman terdahulu? seperti pakaian pada zaman kebangsaan kuno, baju daerah dan sebagainya..

    Comment by ekkyirdiansyah — March 31, 2014 @ 11:31

  2. […] bersinglet di pusat membeli-belah adalah Too Cheap!Perempuan-perempuan yang seksi dan seksa ini hanya dilihat sebagai satu objek seks. Namun…jika berpelajaran, bijak dan seksi, ianya satu kelebihan besar! […]

    Pingback by Rahsia Pemikiran Seorang Lelaki - KOPI LEKAT — April 18, 2014 @ 16:50


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: