there’s something about geometry + architecture

March 31, 2014

installation

Filed under: architecture and other arts — nerissaarvianafardani @ 17:00

Seperti yang kita ketahui bahwa human body menjadi salah satu titik acuan yang penting dalam sebuah bangunan arsitektural. Tubuh adalah persembahan penting dalam era modern ini. Ukuran, pemetaan, ergonomi adalah hal yang terkait dalam tubuh manusia. Kita dapat mempelajari bagaimana cara berpikir arsitektur le corbuzier yang mengusung simplicity dalam sebuah ruang dan memanfaatkan hal terkecilnya sebagai sesuatu yang fungsional, lilly reich’s efficient kitchen, elieen Gray’s koreografi arsitektur dan Mosei Ginzburg’s user-path diagrams. Karena tubuh dapat berbicara macam macam hal didalamnya.

Sesungguhnya konsep tubuh manusia sudah kita kenal dengan istilah golden section yang diutarakan oleh Vitruvius. Dimana hal itu terkait juga dengan simetri dan keindahan. Vitruvius juga menyatakan tentang Durability, convenience dan beauty.

Architechture depend on:

Order, Arrangement, Eurythmy, Symmetry, Propriety, economy (dalam chapter II bab Fundamental)

Yang pada akhirnya konsep ini mampu berlaku di produk seni manapun, seperti di furniture, lukisan, aksesoris dan juga music. Lalu bagaimana dengan instalasi yang juga banyak dimasa sekarang , dan kita ketahui bahwa instalasi ada yang berupa art installation and architechture installation yang dikeduanya memiliki sedikit perbedaan, yaitu interaksi dengan manusia, bagaimana si instalasi mampu memberikan value kepada lingkungan sekitarnya termasuk kita sebagai manusia.

Lalu bagaimanakan sebuah instalasi dapat dibentuk ? sedang kita tahu instalasi dia terdiri dari seni dan arsitektur (bagi instalasi arsitektural) karena terdapat und=sur seni yang cukup kuat dan pastinya banyak intevensi yang dilakukan oleh pembuatnya yang mana akan bersifat sangat subjektif , lalu bagaimana kah proses si si pembuat menciptakan instalasi khususnya instalasi arsitektural? Apakah juga mengikuti kaidah golden section, simetrical, proporsi dll?

 

Taeg Nishimoto , Re-f(r)ACTION , Brooklyn, New York, USA, 1994, and Paris, France, 2000

Tergambar dari keindahan yang tak terduga dari system time-lapse fotografi Etienne-Jules Marey. Salah satu pembuat instalasi yang mempunyai tema instalasi “body” Taeg Nishimoto dan Mark Goulthorpe membuat instalasi nya berdasarkan tracig movement yang terjadi pada foto tersebut. Mereka meeksplorasi ide berdasar kan hal yang simple yaitu movement/pergerakan yang akan menghasilkan form. Ia mengatakan “I imagine moving in the space before actually being there” yang dimana ia berimajinasi dulu sebelum pada akhirnya ia memutuskan akan membentuk form ini. Namun juga dengan studi movement yang ia lakukan di awal.

Dengan katalain,ia berusaha untuk membuat instalasi yang berasal dari movement/aktivitas manusia yang pada akhirnya akan diterjemahkan pula pada tubuh manusia yang akhirnya disesuaikan dengan material dan konstruksi yang akan membangun persepsi manusia.

instalasi (1)

 

SIMETRI? IS THAT STILL BEAUTY?

Jika dilihat pada plan instalasi yang dibuat, pada akhirnya konsep golden section, simetri , proporsi tidak terlalu terlihat dan berlaku pada desain ini, dikarenakan instalasi ini mengacu pada eksplorasi movement yang telah dilakukan untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda, bergerak namun tetap pada acuan tubuh manusia secara tidak langsung.

instalasi (2)

instalasi (3)

Jadi , Apakah teori Vitruvius tentang keindahan dari simetri , proporsi,order dll akan selalu benar adanya?

I use the sketch drawing like a map , but theactual construction of the installation evolves gradually as the elements start to ocuppy the space in a continue set of action and reaction

http://press.princeton.edu/chapters/s9642.pdf

catatan kuliah geometri

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: