there’s something about geometry + architecture

March 31, 2014

Symmetrical Web Design

Filed under: Uncategorized — Gita Andriani @ 14:58

Manusia dan internet sekarang ini merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Anak muda khususnya, bisa menghabiskan waktu di depan layar handphone hingga laptop selama berjam-jam untuk browsing apapun yang mereka butuhkan dan inginkan. Lalu, apakah yang membuat mereka “betah” melakukan pekerjaan tersebut? Apakah hanya karena konten atau informasi yang disuguhkan, atau justru karena tampilan yang sangat beragam?

Dalam artikel ini saya mencoba memperhatikan susunan desain website yang berbentuk atau memiliki alur simetris. Mereka terlihat seimbang, walaupun tidak benar-benar tercermin secara sempurna.

losttype.com

losttype.com

pinterest.com

pinterest.com

foodily.com

foodily.com

triposo.com

triposo.com

Dapat dilihat, sebagian besar halaman website meletakan logo di atas tengah halaman dan terdapat beberapa elemen navigasi di sisi kanan dan kirinya. Hal ini dipercaya mampu mempertegas flow website dari atas ke bawah dan akan mempermudah sang pembaca, jika dibandingkan dengan menaruh konten secara acak dan “membiarkan” pembaca untuk memilihnya. Cara ini adalah trik termudah untuk mengarahkan fokus pembaca.

Melalui pengamatan kecil ini, saya melihat bahwa suatu keputusan desain yang terlihatnya simpel dan sederhana sangat memiliki banyak efek ke depannya. Satu sifat simetris yang diaplikasikan dalam sebuah desain website menentukan apakah website tersebut akan laris atau tidak (disamping melihat dari sisi konten). Menurut saya layout website memang mutlak harus dipikirkan karena sebagian besar anak muda masih aware dengan hal tersebut. Sejauh ini, saya melihat tingkat keinginan mengeksplor halaman website tersebut sangat dipengaruhi oleh first impression mereka ketika melihat layout website-nya.

 

 

Referensi

Foodily. <www.foodily.com>. Diakses 26 Maret 2014.

Galpin, Tyler dan Riley Cran. 2011. The Lost Type Co-op. <http://www.losttype.com>Diakses 26 Maret 2014.

Patricks. 2011. 25 Examples of Symmetry in Web Design. <http://www.webdesignerdepot.com/2011/07/25-examples-of-symmetry-in-web-design/&gt; Diakses 26 Maret 2014.

Pinterest. <http://www.pinterest.com&gt;. Diakses 26 Maret 2014.

 

2 Comments »

  1. setuja dengan kesimpulan dari gita bahwa layout main page pada suatu website sangat berpengaruh pada kesan pertama pengunjung. terlepas dari seperti apa konten yang ada di dalamnya, layout sangat penting sebagai pengukur mudah apa tidaknya website tersebut digunakan. Berhubungan juga dengan jaman sekarang ketika alat untuk mengakses website adalah gadget kecil seperti hp, tab, dll. Ketika pengguna sudah menganggap suatu website itu mudah untuk ‘dipegang’ maka pengguna akan merasa dia bisa memanfaatkan waktu lebih banyak untuk mendapatkan informasi pada website, daripada waktu untuk ‘menjalankan’ web.

    Comment by amaliaputriayuichlasiaty — April 1, 2014 @ 16:03

  2. Ya, saya setuju dengan pernyataan bahwa layout website berpengaruh pada kesan pertama pengunjung. Melihat perkembangan ukm-ukm di indonesia dan meningkatnya minat konsumen untuk membeli barang-barang online, website menjadi peran yang sangat penting dalam pemasaran produk. Karena bisa dikatakan bahwa website adalah toko yang mempermudah konsumen melihat produk, semakin menarik tampilan website tentu akan mempenaruhi minat konsumen.

    Comment by irmapermana — April 1, 2014 @ 18:51


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: