there’s something about geometry + architecture

April 1, 2014

Film Soundstrack

Filed under: Uncategorized — anwarbahir @ 23:24

Reza Mahara – 1106071170

 

Arsitektur tidak pernah lepas dengan cerita antara ruang dan penggunanya, berbagai macam bentuk pengaplikasiannya berupa bangunan, installasi, maupun bentuk ruang lainnya. Lalu bagaimana dengan sebuah film yang bercerita tentang beragam kejadian yang tentu saja melibatkan unsur manusia dan ruang didalamnya, dimana dalam film tersebut selalu didukung dengan background sound maupun original soundtrack yang menjadi salah satu kunci untuk berhasil mengajak penonton untuk menikmati dan tenggelam dalam essensi cerita film tersebut. Hal ini berkaitan dengan apa yang dikemukakan oleh Don Fedorko, yaitu mengkaitkan antara komponen musik dengan komponen arsitektur.

Image

Pada film frozen misalnya, jelas terlihat bagaimana cara film ini mendeskripsikan nilai keruangannya pada scene dimana tokoh berlari dari level ketinggian yang lebih rendah menuju yang lebih tinggi hingga mendirikan sebuah istana dengan material es dan fasad yang sangat mewah, hal ini menjadi adegan yang klimaks pada scene tersebut. Kemudian ditinjau dari musik pengiring karya indina menzel (let it go), terlihat memang sesuai dengan adegan yang terjadi pada scene film tersebut, notes  yang bergerak dari sederhana menjadi kompleks mengkomunikasikan hierarki dari adegan film tersebut, kemudian ketukan, tempo, dan ritme yang bergerak lebih kompleks dan cepat pun turut membawa adegan film tersebut ke titik klimaksnya.

Image

Contoh lain adalah pada film Transformers 3, pemutaran background music pada saat titik klimaks adegan pada film ini, jika dilihat dari partitur lagu tersebut ada sebuah intro dengan beat, tempo, interval, dan notes sederhana yang diputar berulang, hal ini disesuaikan pada adegan tokoh utama yang memasuki sebuah kawasan kota dengan scene dan suasana ruang berulang yang mengalami sebuah kehancuran, yang berarti intro pada komposisi musik tersebut menjadi sebuah elemen arsitektur, entry.

Image

.Kembali ke arsitektur, bahwa don fedorko mengenal elemen arsitektur  yang ditranslasi dari komponen musik, berikut adalah salah satu contoh karya arsitektur don fedorko yang diadaptasi dari partitur musik.

 

Jadi apakah sebuah karya musik yang indah dapat ditranslasikan dengan nilai keindahan lain, arsitektur salah satunya, semua kembali kepada persepsi kita masing-masing.Image

 

 

Referensi:

-catatan kelas geometri 26/03/14

-http://www.acaarchitecture.com/Mag57.htm

www.musicaneo.com

transformerslive.blogspot.com

-video.disney.com

 

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: