there’s something about geometry + architecture

April 1, 2014

Flower Arrangements

Filed under: Uncategorized — keziaamelia @ 22:42

Bunga tidak pernah lepas dari keindahan yang terdapat di alam. Keragaman jenis, bentuk, warna, serta wangi bunga membuatnya sangat digemari banyak orang. Banyak usaha yang dilakukan manusia untuk membawa keindahan alami bunga itu semakin dekat dengan mereka. Bunga yang digunakan sebagai penghias ruangan, memberi ucapan selamat, menyambut tamu dan lain sebagainya merupakan bukti akan keindahan bunga yang diakui banyak orang.

Image

Namun saat ingin menghadirkan keindahan bunga tersebut tidak serta merta bunga yang diambil dari alam langsung digunakan oleh manusia. Untuk lebih memperlihatkan keindahan bunga tersebut terdapat teknik merangkai bunga. Teknik merangkai bunga ini banyak dikenal berasal dari Jepang yang kita kenal dengan ikebana. Namun ternyata teknik ini juga berkembang di Eropa.

Image

Line arrangements diadaptasi dari Jepang di mana pola garis menjadi dominan di rangkaian bunga ini. Rangkaiannya lebih bersifat dramatis dengan penekanan pada jenis bunga yang mekar. Sedangkan pada mass arrangements diadaptasi dari Eropa dengan material bunga yang lebih banyak digunakan. Rangkaian ini memberi penekanan kepada tampilan yang lebih penuh dan permainan komposisi warna.

Dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa di balik keindahan rangkaian bunga pun terdapat prinsip-prinsip geometri yang digunakan.

Image

Floral design is the art of organizing the design elements inherent in plant materials and accessories according to principles of design art. People who arrange flowers typically use floral design techniques.”

Dalam salah satu definisi dari teknik merangkai bunga pun disebutkan bahwa rangkaian ini dibuat didasarkan pada prinsip-prinsip keindahan yang terdapat pada seni, seperti di antaranya:

  • Proporsi

Image

  • Balanced

Image

  • Ritme

Image

 

Principles of Floral Arrangement, yang dipublikasikan oleh University of Arkansas, Division of Agriculture, menyebutkan bahwa, “…….Good design doesn’t just happen, there must be a relationship between all of its component parts…….”. Dalam membuat suatu rangkaian bunga yang indahpun tetap ada order atau prinsip yang harus diikuti. Setiap komponen yang terdapat dalam sebuah desain saling bekerja sama untuk menyampaikan ide dari desain yang ingin dihadirkan.

 

Referensi:

http://www.baxtercofair.com/pdf/Principles_of_Floral_Arrangement.pdf

http://tuscolaagriculture.weebly.com/uploads/8/3/8/9/8389114/floral_deisgn_principles.pdf

3 Comments »

  1. Menarik sekali🙂
    Berdasarkan pemaparan yang telah Anda berikan, saya memahami bahwasanya arrangement pada bunga tersebut cukup menitik beratkan pada keseimbangan. Saya jadi ingin tahu, apakah flower arrangement ini juga mengenal konsep aksen? Bagaimanakah konsep aksen dalam sebuah komposisi di hadirkan dalam aturan-aturan merangkai bunga tersebut?🙂

    Comment by sriwulandariarsui2010 — April 1, 2014 @ 23:45

  2. pembahasan yang cukup menarik,🙂
    bahwa ternyata disadari ataupun tidak, jika diteliti lebih lanjut maka ada komposisi geometris dalam penyusunan bunga/seni merangkainya.
    namun saya menjadi bertanya-tanya, apakah setiap penyusunan bentuk geometris yang dimaksud pada seni merangkai bunga memiliki arti yang berbeda-beda? jika ya, apa? atau justru si pembuat hanya dengan sadar/tidak sadar menyusunnya berdasarkan bentukan geometris, proporsi, ritme dan balanced?

    Comment by dewiastuti12 — April 2, 2014 @ 01:43

  3. Saya masih penasaran dengan topik ini, apakah komposisi bentuk nya mengacu pada bentuk keseluruhan? Apakah ada pengaruh dari bentuk bunga. Bangaimana bentuk geometris bunga di komposisikan. Seperti terlihat di gambar 1, terkesan ada bentuk bunga yang menjadi point view dan ada yang menjadi background.

    Comment by ekapradnyanida — April 7, 2014 @ 00:03


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: