there’s something about geometry + architecture

April 1, 2014

Gaya Rambut & Geometri

Filed under: everyday geometry — niputudani @ 11:36

Seiring berjalannya waktu, gaya rambut merupakan salah satu hal yang diperhatikan dalam penampilan. Rambut merupakan salah satu hal yang natural yang pada umumnya tidak beraturan. Tetapi, ketika ditata, apakah rambut masih merupakan sesuatu yang tidak beraturan? Pada tulisan ini, saya mencoba melihat bagaimana beberapa tren gaya rambut pada zaman yang berbeda dengan golden ratio. Golden ratio yang digunakan adalah dengan Metode dari Leonardo Davinci mengenai rasio wajah perempuan dan dengan Metode The Golden Mask Dr. Stephen R. Marquardt yang digunakannya sebagai dasar untuk operasi plastik. Melihat proporsi untuk gaya rambut-gaya rambut di bawah ini dengan memperpanjang garis baik dari metode Three Divions of Female Face dari Leonardo Da Vinci maupun dari metode Golden Mask dari Marquadt.

 

Three Divisions of Female Face (Leonardo DaVinci)

Picture2

The Golden Mask (Marquadt)

1700an

Picture3

Picture4Picture5

Pada tahun gaya rambut 1700an, terlihat dari rasio Da Vinci, termasuk gaya rambut yang indah karena sumbu simetrinya terletak tepat di tengah. Kemudian, ketika dianalisis dengan Golden Mask, baru terlihat bagaimana garis-garis miring terbentuk. Maka dari itu, bentuknya semakin ke atas semakin melebar.

 

1880an

Picture28

Picture29 Picture30

Pada 1800an juga sudah terlihat sumbu simetri yang berada di tengah. Selain itu, panjang poni juga sesuai garis horizontal yang sejajar pada alis. Setelah dilihat pada Golden Mask, terlihat juga bagaimana bentuk yang semakin ke atas semakin mengecil.

 

1920an

Picture15

Picture14 Picture13

Pada tahun 1920an, terdapat gaya rambut bob. Ketika dilihat sumbu simetrinya, garis yang bertepatan adalah garis diagonal dengan panjang poni dan panjang rambut. Untuk bagian yang mengembang, ketika dilihat dengan Golden Mask, batasnya tepat dengan garis diagonal.

 

 

1930an

Picture31

Picture12 Picture11

Pada 1930an, gaya rambut yang dianalisis adalah gaya rambut yang bergelombang. Pada golden ratio Da Vinci, tidak terlihat kesesuaian sumbu simetri. Namun, ketika dianalisis dengan Golden Mask, terdapat titik-titik yang sesuai dengan pertemuan antar gelombang .

 

1940an

Picture8

Picture7 Picture6

Untuk gaya rambut 1940an, yang dianalisis adalah gaya rambut dengan dua gelombang besar oada bagian atas. Keduanya memiliki ukuran yang berbeda. Tetapi, ketika dilihat dengan golden ratio Da Vinci, letak keduanya tepat dengan kedua garis yang berada di kanan dan kiri garis tengah. Di sisi lain, tidak ada titik-titik yang bersesuaian ketika dilihat dengan Golden Mask

 

 

1950an

Picture16

Picture17 Picture18

Gaya rambut 1950an jika dilihat sekilas tidak simetris. Ketika dibagi dengan garis-garis vertikal pada golden ratio Da Vinci, tidak terdapat titik yang sesuai. Tetapi ketika dilihat dengan Golden Mask, rambut yang dibelah lebih berat ke kirir, menyebabkan rambut sebelah kanan tepat dengan pertemuan titik dari garis diagonal.

 

 

 

1960an

Picture32

Picture33 Picture34

Seperti halnya gaya rambut 1950an, pada gaya rambut 1960an yan g dianalisis ini juga membagi rambutnya lebih berat ke kanan. Dilihat daru golden ratio Da Vinci, tpanjang poni dan rambut tepat pada garis horizontal. Selain itu, ketika dilihat dengan Golden Mask, titik pada belahan poni terletak pada salah satu garis diagonal.

 

 

 

1970an

Picture22

Picture23 Picture24

Gaya rambut ‘70an memiliki bentuk yang lebih tidak teratur disbanding gaya rambut lain yang dianalisis. Pada golden ratio Da Vinci, hanya beberapa titik yang bersesuaian dengan garis horizontal. Ketika dilihat dengan Golden Mask, terdapat rambut yang arahnya sesuai dengan garis-garis diagonal.
1980an

Picture25

Picture26 Picture27

Gaya rambut 1980an lebih memperlihatkan poni yang sesuai dengan garis-garis diagonal pada Golden Mask. Untuk bagian atas kepala yang mengembang, tidak terdapa titik yang sesuai hingga berbentuk seperti itu.

 

Pada dasarnya, three divisions of female face juga terdapat pada Golden Mask. Namun, dari beberapa gaya rambut yang dianalisis, memperlihatkan proporsi berbeda, sesuai dengan metode yang digunakan. Ada yang ketika dianalisis dengan metode Da Vinci tidak terlihat seperti sesuatu yang memiliki proporsi tetapi ketika menggunakan Golden Mask terlihat lebih jelas.
Referensi
https://www.scss.tcd.ie/~ramcdonn/papers/ApplicationOfGR.pdf
http://www.lhj.com/style/covers/125-years-of-ladies-home-journal-hair-through-the-ages/
http://www.hairarchives.com/private/

 

2 Comments »

  1. Bagaimana dengan proporsi rambut pada zaman sekarang? Apakah penata rambut sekarang menyadari dan menggunakan golden ratio agar rambut terlihat indah? Pada tulisan diatas belum disebutkan bagaimana golden ratio dan golden mask saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Apakah proporsi dari rambut harus disesuaikan dengan proporsi muka agar terlihat lebih indah? Pada tahun 1700an disebutkan bahwa bentuk rambut semakin ke atas semakin melebar, tetapi sebaliknya pada tahun 1880an bentuk rambut semakin ke atas semakin mengecil. Bagaimana anda menyikapi perbedaan ini padahal keduanya sama-sama bertujuan untuk mencapai keindahan?

    Comment by juniwinarto — April 1, 2014 @ 23:13

  2. Pembahasan ini menarik sekali🙂
    saya jadi ingin tahu, apakah hal tersebut juga berlaku pada model rambut yang berkembang di Asia, misalnya tatanan sanggul kepang di Cina dan konde jawa di Indonesia?🙂

    Comment by sriwulandariarsui2010 — April 1, 2014 @ 23:18


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: