there’s something about geometry + architecture

April 1, 2014

Unsur Geometri dalam Ergonomi

Filed under: Uncategorized — ekkyirdiansyah @ 18:21

 

Aghnia Marsha A.-1106071271


 

Saat kita sedang duduk, menggunakan sebuah meja, atau aktivitas tubuh lainnya, kita tentu bisa merasakan apakah benda-benda tersebut nyaman untuk digunakan atau tidak. Ketidaknyamanan biasanya diakibatkan oleh sesuatu yang dirasa tidak pas pada tubuh kita ataupun ukuran yang tidak tepat. Oleh karena itu penting untuk mempertimbangkan aspek ergonomis dalam mencapai kenyamanan dan efektifitas sebuah desain.

Bagaimana geometri dapat diterapkan dalam mendesain sebuah desain yang ergonomis? Hal ini tidak dapat dipisahkan dengan penerapan skala manusia, mengingat ergonomi menggunakan manusia sebagai pengguna sekaligus acuan keberhasilan kenyamanan dan desain yang optimal.

Menjawab hal tersebut, Le Corbusier membuat ‘Modulor Man’ yang mana merupakan simbol proporsi, yang mengkombinasikan matematika, bentuk, dan estetika. Modulor Man digunakan Le Corbusier untuk mendesain dengan skala yang sempurna, dan menjadikannya solusi untuk mencapai aspek ergonomis dalam segala desain secara universal. Seperti yang dikatakan oleh Wiles, W.:

“What’s really important is that the Modulor puts the human form back at the centre of design.” (Wiles, W. 2008)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Modulor Man ini dijelaskan dalam teori The Modulor, yang ia kembangkan tahun 1942 sampai 1948. The Modulor merupakan teori sistem proporsi yang  berlandaskan bilangan Fibonacci dan Golden Section.  Le Corbusier percaya bahwa proporsi angka ini merupakan hasil perhitungan dengan tubuh manusia. Ia juga menyatakan bahwa Modulor memberikan proporsi yang harmonis untuk segala hal.

 

Diagram modulor berdasarkan perbedaan postur oleh Le Corbusier, 1954

Diagram modulor berdasarkan perbedaan postur oleh Le Corbusier, 1954

 

 

 

 

 

 

 

Dalam teorinya, Le Corbusier menyambungkan keterhubungan antara Imperial System (inch dan feet) dan Metric System (millimeter dan meter) dengan menghadirkan sistem yang melibatkan tinggi dan proporsi bentuk manusia sebagai standar universal. Salah satu desainnya yang menerapkan teori The Modulor ialah Le Corbusier Chaise Lounge Chair LC4.

Dimensi Le Corbusier Chaise Lounge Chair LC4

Dimensi Le Corbusier Chaise Lounge Chair LC4

 

 

 

 

 

Penerapan pada golden ratio

Penerapan pada golden ratio

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bentuk ‘gelombang’ pada kursi ini mengaplikasikan bentuk lengkung pada tubuh manusia sehingga membuat kursi ini dinilai ergonomis. Contohnya pada kursi ini tinggi tempat duduk dibuat 430 mm, dimensi yang diambil dari postur duduk pada sistem modulor.

Referensi: 

http://www.andriesvanonck.com/ergonomy.html

http://miguelmartindesign.com/blog/the-origins-of-le-corbusier%E2%80%99s-modulor

http://minisite.proj.hkedcity.net/hkiakit/getResources.html?id=3851

 

1 Comment »

  1. Terimakasih sudah membagi pengetahuan baru mengenai modulor man, sangat manarik. Ada beberapa hal yang ingin saya diskusikan.

    Pertama, menurut sepengetahuan saya, modulor man ini dibuat berdasarkan ukuran tubuh orang Perancis, sehingga ukurannya berbeda dengan orang Asia kebanyakan. Apakah sudah ada modulor man yang dibuat berdasarkan ukuran tubuh orang Asia? Karena seperti kita tau, ukuran tubuh orang Eropa dengan Asia kebanyakan mempunyai perbedaan yang signifikan sehingga jika ukuran tersebut diterapkan pada furniture, belum tentu ergonomis bagi orang Asia.

    Kedua, apakah modulor man dapat pula memberi solusi mengenai material yang dipakai dalam pembuatan furniture? Karena material yang dipakai untuk membuat ‘perpanjangan tubuh manusia’ ini sangat berpengaruh pada ke-ergonomis-annya. Pemilihan material yang kurang tepat juga dapat menimbulkan fatique atau bahkan dapat membahayakan tubuh manusia itu sendiri.

    Terimakasih🙂

    Comment by bianchamartha — April 3, 2014 @ 10:07


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: