there’s something about geometry + architecture

April 2, 2014

Around the Grid World

Filed under: Uncategorized — M. Naufal Fadhil @ 09:27

Sutanrai Abdilah – 1106010635

Sebagaimana yang telah kita pelajari, atau bahkan pahami, tidak sedikit pemanfaatan grid yang teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dan disadari atau tidak, kita tidak dapat terlepas oleh pada penggunaannya. Membaca buku, duduk di dalam ruang kelas, hingga berjalan di dalam sebuah ruangan, adalah bagian dari pengalaman dalam merasakan sebuah grid yang pada umumnya memiliki tujuan sama, yakni: memudahkan si penikmat, baik dalam memahami keindahan maupun kesan (impression) yang ada di dalamnya. Keindahan bersifat persepsi dan spekulatif, namun dengan keteraturan melalui grid, pesan tersebut “lebih mudah” tersampaikan. Melalui keteraturan yang dihasilkan oleh grid, senada dengan Gestaalt, manusia akan cenderung lebih mudah menerima bentuk dasar yang mudah dipahami, dan berujung pada “kesederhanaan”. (Ferafarwah08, 2011)

Dan tanpa disadari (lagi), dalam skala yang lebih luas, apakah segala keteraturan (bentuk) di dunia ini berawal dari grid ? apakah bumi ini, dengan segala keteraturan di dalamnya, diciptakan oleh Yang-Maha-Pencipta dengan bantuan grid – demi memudahkan manusia dan menstabilkan bumi itu sendiri?

Image

Skema diatas adalah hasil dari pemetaan oleh Ivan Sanderson, seorang ahli biologi berkebangsaan Columbia, yang melakukan penelitian mengenai: “Apakah benar segala susunan (teratur dan tidak teratur) yang ada di permukaan bumi terjadi secara kebetulan?” dalam artikelnya yang berjudul “The Twelve Devil’s Graveyards Around the World” di sebuah majalah Saga pada tahun 1972. Skema tersebut terbentuk dari lokasi-lokasi yang merupakan titik pertemuan antara bentuk-bentuk geometris yang kita sebut sebagai “Vortex”. Disana, tidak hanya terjadi pusaran air yang kuat, namun juga menurut beberapa ilmuwan adalah gerbang yang menghubungkan dengan dimensi lain. Hal ini juga diperkuat dengan besarnya gaya medan elektromagnetik, gaya tarik bumi (gravitasi) dan penemuan situs purbakala di titik-titik tersebut.

Image

Vortex yang berada di seluruh permukaan bumi di petakan dan saling dihubungkan, dan dibagi kedalam 2 jenis dengan pembatasnya adalah garis ekuator. Hasilnya, pada keseluruhan permukaan bumi, Vortex memiliki jumlah yang sama, pada bagian atas dan bawah garis ekuator, dan membentuk sebuah segitiga sama sisi yang berbaris dengan jarak yang sama besar. Memberi keteraturan bentuk dan komposisi yang seimbang. Memberikan tekanan yang sama pada seluruh permukaan bumi.Image

Pola grid yang terbentuk, menjaga kestabilan bentuk bumi dengan memberikan tekanan (gravitasi, elektromagnetik, medan magnet) yang merata di seluruh permukaan bumi. Bentuk segitiga yang tercipta akibat tekanan antar Vortex memberikan tekanan yang menjadikan bumi semakin padat dan memiliki rangka yang kuat dengan vortex sebagai sudutnya, seperti yang diterangkan oleh Nikolai Goncharov,  Vyacheslav Morozov,  Valery Makarov,  melalui jurnal ilmiahnya di USSR Academy of Sciences pada tahun 1960 yang berjudul: “Is the Earth a Large Crystal?” mempertanyakan bentuk kenyataan permukaan bumi yang ‘bulat rata’ secara penuh dengan fakta adanya vortex yang menurutnya mempengaruhi bentuk bumi. Lalu, senada dengan ilmuwa-ilmuwan diatas, Christopher Bird mengutip kalimat Plato, yang berbunyi:

 

“…the idea of the earth as a geometric shape goes back in history at least to the Pythagorean school of thinking in ancient Greece. Its famous adherent, Plato, wrote that ‘the earth, viewed from above, resembles a ball sewn from twelve pieces of skin.’”                                             – Christopher Bird, dalam bukunya Planetary Grid, 1975

 ImageImage

“Apakah benar, bahwa bentuk bumi itu bulat?”

 

****

Referensi:

http://terrifyingtales.blogspot.com/2011/11/world-grid-theory.html

http://www.bibliotecapleyades.net/mapas_ocultotierra/esp_mapa_ocultotierra_3.htm

http://www.bibliotecapleyades.net/ciencia/antigravityworldgrid/ciencia_antigravityworldgrid01.htm

Yudi Adha, ST, MMSI., Mengenal Sistem Grid dalam Desain, Pdf

http://en.wikipedia.org/wiki/Map_projection

http://www.sitepoint.com/grid-theory/

https://geometryarchitecture.wordpress.com/tag/grid/

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: