there’s something about geometry + architecture

April 2, 2014

Golden Section Pada Uang

Filed under: Uncategorized — Karina Anisa @ 09:34

Aplikasi golden section tidak hanya dapat kita amati pada bangunan arsitektur klasik atau benda-benda di alam, tetapi juga pada hal-hal kecil di sekitar kita. Hal-hal yang bisa kita amati misalnya desain pada uang dan kartu kredit. Contoh dari penggunaan golden section dapat kita lihat pada desain kartu bank ini yang berasal dari Belanda.

Image

Pertama-tama kita dapat menghitung bahwa sisinya memiliki perbandingan 1:1,618.Image

Kemudian disini dapat kita lihat bagaimana titik pusat pertama yang menarik perhatian kita tepat berada di tengah dari perhitungan golden section. Garis vertikal yang membelah persegi panjang dan garis horizontal yang membelah persegi panjang yang lebih kecil sama-sama tepat bersentuhan dengan huruf I. Penempatan seperti menempatkan tulisan “PIN” sebagai informasi utama menjadi lebih mencolok dan mudah terlihat dibandingkan dengan bidang permukaan sekelilingnya.

Image

Selanjutnya jika persegi panjang golden section tersebut diputar, dapat kita amati bahwa pusat dari perpotongan garis-garis tersebut tepat terkena dengan garis putih tebal yang berada di atas kata “PIN”. Pada posisi ini garis tersebut terlihat seimbang dengan elemen lainnya, tidak terlalu tebal sehingga mengalihkan perhatian dari informasi utama (kata “PIN”) dan juga tidak terlalu tipis dan kalah/didominasi elemen lainnya (bidang biru, tulisan, dll)

Image

Dari gambar ini dapat kita lihat bagaimana penempatan titik-titik kecil putih berada di pusat dari golden section juga. Titik-titik tersebut sesuai dengan keseluruhan tema atau feel dari desain kartu ini, dimana terdapat sugesti akan uang (titik-titik menggambarkan koin) dan penggambilan uang (dari garis putih solid terurai menjadi titik-titik kecil). Dengan menempatkan posisi titik-titik putih tersebut disini gambar pada bidang kartu menjadi seimbang. Jika titik-titik tersebut mulai lebih ke kiri maka gambar akan terlihat terlalu ramai karena sebenarnya di sisi kiri sudah ada tulisan “PIN” yang menarik perhatian. Jika titik-titik putih itu berada terlalu kanan, maka bagian atas dari kartu akan terlihat terlalu “berat” atau penuh karena garis putih yang berada di atas tulisan “PIN” sudah tebal dan terlihat solid.

Image

Image

Ada pula contoh lain dari aplikasi golden section pada desain mata uang. Pada mata uang ini, bagian atau elemen yang paling membutuhkan perhatian diletakkan pada pusat dari golden section. Ketika melihat uang kertas, informasi yang paling penting adalah nilai uang kertas tersebut (angka 500) dan mata uang apa yang dimiliki uang kertas tersebut (tokoh dan binatang nasional). Maka dari itu pada tulisan angka 500 ditempatkan di pojok kiri bidang kertas, sebagaimana titik pusat dari golden section. Kemudian pada pojok yang berlawanan ditempatkan gambar tokoh nasional dan binatang nasional. Gambar tersebut memang lebih besar ukurannya dibandingkan tulisan angka 500 akan tetapi warnanya yang dibuat lebih muda & transparan membuat komposisinya menjadi seimbang dan tidak mendominasi elemen lainnya yang ada pada bidang kertas.

 

 Sumber

http://www.debrander.nl/wordpress/category/geld/

https://www.behance.net/gallery/Thailand-Currency-Design/12448881

http://www.quantumbalancing.com/goldenmeantemplate.htm

 

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: