there’s something about geometry + architecture

April 8, 2014

Geometri dalam Rubik’s Cube

Filed under: Uncategorized — M. Naufal Fadhil @ 13:32

Farul Ivan Pradana | 1106021166

Kubus berwarna warni yang mungkin hampir semua dari kita pernah melihat atau memainkannya. Mainan ini bernama Rubik’s Cube. Namanya sendiri diambil dari nama penciptanya ialah Erno Rubik, yang merupakan pemahat dan profesor Arsitektur. Menarik disini, karena ia sebenarnya tidak bertujuan menciptakan ini sebagai mainan, tapi ia menggunakannya untuk mengajar mahasiswa Desain Interior sebagai pengenalan objek 3D dan untuk menyelesaikan permasalahan struktur dari benda yang bergerak dengan mekanisme yang tidak tercerai berai. Hal ini terbukti bahwa ketika kita menggerakkan bagian-bagian Rubik’s Cube, mereka bergerak masih secara utuh dalam bentuk kubus, tidak tercerai berai. Erno Rubik baru sadar ia menciptakan sebuah permainan puzzle ketika setelah ia mengacaknya (scramble) dan ia bahkan memakan waktu sebulan untuk menyelesaikannya kembali seperti awal (solved), dan ia tidak yakin bahwa ada metode yang pasti untuk menyelesaikannya.

Mungkin dari Rubik’s Cube dapat dipelajari bagaimana setiap bagian (pieces) dari Rubik’s dapat menyatu menjadi satu kubus yang dapat diputar bagian-bagiannya, dan saling bertukar posisi satu bagian dengan bagian yang lain. Kubus ini terbagi menjadi 8 bagian Corner, 12 bagian Edge, dan 6 Center.

Mekanismenya secara sederhana yaitu setiap bagian dari Rubik’s Cube memiliki bentuk bagian yang dalam yang berbeda, bagian dalam edge, berbeda dengan bagian corner, dan terdapat bagian inti (Core) yang tidak dapat bergerak. Sehinga ketika diletakkan bersama maka bagian dalam itu akan menyatu satu dengan yang lain membentuk layaknya bola di dalam kubus.

Bagian Core

IMG_20140402_185133

Bagian Edge

_20140402_185259

Bagian Corner

_20140402_185218

Bagian Edge dan 2 Corner yang menyatu

IMG_20140402_181332

 

*Bagi yang belum bisa menyelesaikannya, cara mudahnya ada di sini http://www.youcandothecube.com/secret-unlocked/solution-stage-one.aspx

Selamat mencoba🙂

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: