there’s something about geometry + architecture

May 11, 2014

Komunikasi Visual dan Prinsip Gestalt

Filed under: contemporary theories,perception — maulanayogi @ 14:45
Tags: , ,

Gestalt merupakan istilah dalam psikologi yang sangat berpengaruh di dalam dunia seni. Secara etimologi, kata gestalt berasal dari kata dalam bahasa Jerman Gestalt, yang berarti bentuk, wujud, figur, susunan, dan penampilan. Hasil abstraksi dari kata ungestalt yang berarti deformasi, bentuk yang tidak sempurna atau ketidaksesuaian. (etymonline.com) Prinsip gestalt diperkenalkan di dalam dunia psikologi sekitar tahun 1920 oleh Max Wertheimer. Prinsip ini berkaitan dengan analisis mengenai persepsi manusia terhadap suatu konfigurasi/penyusunan serta kaitan antara satu bagian dalam satu kesatuan bentuk. Gestalt memberikan efek terhadap proses berpikir manusia dalam menciptakan pemikiran yang bersifat general/umum terhadap sesuatu. Efek ini sangat mudah mempengaruhi persepsi visual manusia. Otak manusia cenderung melihat suatu pola atau baris secara universal (keseluruhan) dan cenderung pula menyelesaikan sesuatu secara lengkap. Kecenderungan penyusunan secara universal ini didasari atas lima konsep yaitu proximity (kedekatan), similarity (kemiripan), closure (ketertutupan), continuity (keterkaitan), symmetry (simetris). Menurut teori tersebut, jika satu objek yang secara visual terdiri dari dua atau lebih unsur yang berbeda, akan muncul kecenderungan untuk menentukan sosok utama dan unsur lain sebagai latar belakangnya. Proses persepsi ini akan berusaha membedakan objek dan latar. Jika dua unsur tersebut sebanding sifatnya, maka ada kemungkinan latar dapat ditukarkan dengan objek, sehingga memunculkan dua persepsi yang berbeda.

rubin vase-face

Rubin Vase-Face

Desain Komunikasi Visual Dikutip dari situs Institut Teknologi Bandung “Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya dkv adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran. elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. Baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. akar bidang dkv adalah komunikasi budaya, komunikasi sosial dan komunikasi ekonomi….” Dalam proses perancangannya, desainer komunikasi visual harus mampu menciptakan desain yang dapat dimengerti oleh masyarakat yang menjadi target desainnya. Dalam menyusun (layouting) sebuah karya, seorang desainer komunikasi visual menggunakan prinsip Gestalt yang cukup berpengaruh dalam persepsi visual manusia. Contoh prinsip gestalt yang sering digunakan dalam dunia DKV adalah prinsip integrasi persepsi seperti closure, proximity, serta figure & ground. .

WWF

WWF Logo

WWF Logo (Prinsip Closure)

mac

Logo Macintosh

Gambar logo di atas menggunakan prinsip closure. Prinsip ini umumnya digunakan untuk mengkomunikasikan produk-produk yang cukup terkenal di dalam masyarakat. Prinsip tersebut digunakan untuk menguji ingatan konsumen akan suatu produk. Dengan melihat logo tersebut, masyarakat diharapkan menyempurnakan objek yang terpotong, sesuai dengan prinsip gestalt bahwa manusia memiliki kecenderungan untuk melihat suatu bagian secara menyeluruh. Prinsip kedua adalah proximity atau kedekatan. Prinsip ini memiliki konsep dasar pengelompokan. Prinsip proximity sering digunakan bersama dengan prinsip continuity dan similarity, yang juga berdasar kan pengelompokan. Manusia cenderung mengelompokkan objek-objek yang memiliki keterkaitan, kemiripan, dan hubungan antarbentuknya.

MTV

Poster EMA MTV 2002

Dilihat dari logo acara MTV di atas, terdapat dua jenis kelompok yang berbeda. Yang membedakan adalah penggunaan ukuran. Tanpa harus dijelaskan, masyarakat bisa langsung mengetahui bahwa yang menjadi pelaksana acara tersebut adalah MTV, dan kelompok logo lainnya adalah sponsor acara tersebut. Penggunaan prinsip tersebut menciptakan desain yang efisien.

fedex

Logo Federal Express

Dengan penggunaan warna yang berbeda, masyarakat dengan mudah bisa mengerti makna logo FedEx yang merupakan akronim dari nama perusahaan tersebut, yaitu Federal Express. Umumnya prinsip pengelompokan digunakan untuk memudahkan masyarakat untuk mengingat nama, fungsi, kedudukan dalam suatu produk.

wordpress-theme

Contoh Layout Tema WordPress

Prinsip continuity digunakan dalam layout website tersebut. Prinsip ini digunakan untuk menunjukkan penekanan terhadap objek utama dalam layout. Terlihat pria tersebut menghadap ke arah kanan, menunjukkan posisi isi utama dari website tersebut. Prinsip selanjutnya yang paling sering digunakan, khususnya dalam mendesain logo, adalah figure & ground. Prinsip ini menarik digunakan karena dalam satu objek terdapat dua makna tergantung dari persepsi masyarakat yang melihat.

tcrbgpad-11

Logo Feathers & Fur

Logo di atas menggambarkan dua bentuk kepala hewan yang memiliki feather yaitu burung menghadap kanan dan hewan yang memiliki fur yaitu anjing yang menghadap kiri.

animal-logos-4

Logo Cat People

Jika dilihat secara keseluruhan, gambar ini hanya menunjukkan tiga gambar dasi. Namun jika diperhatikan secara akurat, terdapat bentuk kepala kucing di segmen bagian atas. Kepala sebagai simbolik cat dan dasi sebagai simbol people.

tumblr_l82xbx2QnA1qzpwi0o1_1280

Minimalist Poster : Superhero

Selain penggunaan pada logo, prinsip ini juga dapat digunakan dalam pembuatan poster. Terlihat dari kalimat dalam poster di atas “criminal underworld” menunjukkan musuh bebuyutan kedua superhero dalam posisi yang berkebalikan.

e30182247711e4e1dba4bc2f6245f8a8

Minimalist Poster : Sherlock

Poster ini menunjukkan biola dan dua siluet wajah Sherlock Holmes dan sahabatnya Dr.John Watson dalam serial “Sherlock”. Menunjukkan biola sebagai alat musik yang sering digunakan Holmes. Kesimpulannya, prinsip gestalt menjadi dasar bagi seorang desainer komunikasi visual dalam merancang karyanya. Apakah sebatas prinsip-prinsip di atas yang menjadi dasar dalam proses perancangan tersebut? Adakah prinsip antigestalt yang dapat digunakan dalam menciptakan proses desain yang komunikatif?

 

 

Sumber : Tanudjaja, Bing Bedjo. (2010). Aplikasi Prinsip Gestalt dalam Media Desain Komunikasi Visual. Desa Informasi – Universitas Kristen Petra. Diakses pada 10 Mei 2014. (http://dgi-indonesia.com/aplikasi-prinsip-gestalt-pada-media-desain-komunikasi-visual/) L.Atkinson, Rita. (1993). Introduction to Psychology. Harcourt Brace College Publishers. Tuck Michael. (2010). Gestalt Principles Applied in Design. Diakses pada 10 Mei 2014. (http://sixrevisions.com/web_design/gestalt-principles-applied-in-design/)

Advertisements

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: