there’s something about geometry + architecture

May 19, 2014

Swing with the stars

Filed under: Uncategorized — intengumilang @ 15:41

saya tertarik dengan metode Psikologi Gibson yang pernah dibahas di kelas Geomet. tentang bagaimana arsitektur bisa dibentuk tidak berawal dari “surface” nya saja seperti apa yang metode Gestalt lakukan, tetapi juga “medium” nya.

Ini mengingatkan saya pada instalasi virtual yang dibuat oleh sekelompok desainer muda asal Perancis yang bernama Lab212. Karya mereka merupakan kombinasi multimedia, ilmu ruang, serta lighting. Dengan pendekatan desain user sentris, pengguna akan disuguhkan pengalaman menikmati ruang yang unik lewat karya-karya instalasinya.

Disini saya akan menceritakan hubungan salah satu karya dari Lab212, yakni Starfield dan hubungannya dengan metode Gibson.

http://vimeo.com/channels/staffpicks/36892768

Image

starfield adalah instalasi 2 dimensi yang dirubah menjadi 3 dimensi. berawal dari visual audio yang ditembakan lewat proyektor kesuatu bidang dinding, lalu bergerak mengikuti sensor kinetik pengguna lewat gerakan yang ditimbulkan dari ayunan yang dinaikinya.poetic space yang ingin dihadirkan mungkin adalah kesan imajinatif  pengalaman fiksi seakan-akan sedang menaiki ayunan diluar angkasa. ditambah lagi dengan fitur 3d yang dihadirkan bisa membuat pengalaman yang dihadirkan menjadi lebih hidup

Hal ini cukup unik, seperti mewujudkan mimpi kita sewaktu masih kecil untuk pergi keluar angkasa dan melihat bintang bintang. meskipun masih bersifat sederhana dan tidak sepenuhnya bisa berhasil jika space yang tersedia tidak mumpuni (bidang dinding yang sempit, banyak celah cahaya, dsb) tapi ide dari starfield ini saya rasa cukup menarik jika dikembangkan lebih jauh

Image

Image

 

Gerakan manusia didalam ayunan menjadi medium terbentuknya instalasi ini, proyektor visual yang ditembakan ke dinding hanya akan menjadi visual tak berarti, tetapi software kinetik yang bisa mendeteksi gerakan ayunan membuat visual tersebut bergerak.

disini saya melihat bahwa space dan pengalaman ruang yang user rasakan bisa terbentuk saat user tersebut bergerak didalamnya. dan saat berhenti bergerak maka space tersebut akan hilang.

bagaimana, ingin mencoba instalasi self-stargazing seperti ini dikamar ?

1 Comment »

  1. Menarik juga ternyata berhubung punya hobi stargazing hahaha. Mungkin bisa ditambah analisanya bagaimana terjadinya hubungan gerakan dan medium instalasi tersebut. Walaupun penggunaan teknologi kinetic detector, tapi pastinya ada yang membuat si user dan medium menciptakan sebuah surface seolah-olah ada ruang dan bisa saja ternyata ada polanya tersendiri.

    Comment by nadiaoktiarsy — June 8, 2014 @ 22:02


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: