there’s something about geometry + architecture

June 3, 2014

Human Perspective on Video Mapping

Filed under: Uncategorized — inesaps @ 09:53
Tags: ,

Video mapping merupakan sebuah teknik yang menggunakan pencahayaan dan proyeksi sehingga dapat menciptakan ilusi optis pada obyek – obyek. Obyek – obyek tersebut secara visual akan berubah dari bentuk biasanya menjadi bentuk baru yang berbeda dan sangat fantastis. Perubahan visual tersebut terjadi dari sebuah proyeksi yang menampilkan grafis video digital kepada suatu obyek, benda, atau bidang. (Wikipedia)

Pada video mapping, yang dijadikan sebagai layar  bukanlah sebuah bidang datar berwarna putih, melainkan berupa benda  3D yang pada akhirnya teknik video mapping akan merubah perspektif kita mengenai benda tersebut.

Dalam proses pembuatan video mapping, video dibuat berdasarkan outline bentuk bidang yang akan diproyeksikan. Dari bentuk bidang tesebut, dibuat grid yang membentuk benda proyeksi, dan kemudian grid-grid tersebut dapat di transformasikan ataupun distorsi sehingga membuat efek ilusi yang berbeda terhadap benda tersebut. 

Salah satu contoh karya yang akan saya bahas adalah video mapping pada Art Museum di Singapore. Bagian utamanya adalah menciptakan animasi pada fasad bangunan. 

Image                   Image 

( Sumber gambar: http://1024d.wordpress.com/category/event-project/perspective-lyrique/ )

Proses pembuatan video mapping berdasarkan grid-grid awal yang terdapat pada fasad bangunan, kemudian grid-grid yang ada di distorsi sehingga membentuk animasi yang menciptakan ilusi pada bangunan. Teknik video mapping yang sama juga diterapkan pada video mapping di Fete des Lumieres, Perancis. 

( http://vimeo.com/18888136 )

ImageImageImageImageImage

Pada video mapping di Fete des Lumieres, grid pada fasad bangunan dibentuk menjadi menyerupain wajah manusia. Selain mendistorsi grid, ditambahkan puka permainan shadow sehingga hasil animasi menjadi semakin real. Efek suara yang diberikan juga memberikan efek yang sesuai dengan video mapping yang ditampilkan.

Dalam konsep video mapping ini menerapkan teori Gibson mengenai perspektif manusia, yaitu apa yang dilihat merupakan apa yang sebenarnya terjadi. Terdapat 3 unsur utama dalam video mapping yaitu medium, surface, dan substance. Dalam video mapping ini cara pandang manusia mengenai suatu benda diubah dengan cara menembakan suatu system cahaya berupa video sehingga makna benda tersebut dapat berubah. Manusia tidak lagi melihat sebuah benda berdasarkan form dan bentuk dari benda tersebut.

 

Sumber:

http://videomapping.org/

http://1024d.wordpress.com/category/event-project/perspective-lyrique/

http://1024d.wordpress.com/category/event-project/perspective-lyrique/

 

 

1 Comment »

  1. Materi yang sangat menarik. Namun apakah mungkin hanya metode Gibson saja yang digunakan dalam pembuatan video mapping? Adakah teori ataupun faktor lain yang memengaruhinya? Menurut saya metode Gestalt juga turut berpengaruh dalam konfigurasi bentuk bangunan terhadap video yang diproyeksikan.

    Comment by aghniamarsha — June 3, 2014 @ 12:07


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: