there’s something about geometry + architecture

June 6, 2014

Topologi dan The Amazing Race

Filed under: Uncategorized — albertchandra93 @ 16:06
Tags:

The Amazing Race adalah sebuah reality show yang sudah disiarkan di Amerika Serikat selama 13 tahun dan sudah memproduksi 24 seasons. Kontestannya adalah 12 tim yang masing-masing terdiri dari 2 orang. Reality show yang telah memenangi banyak penghargaan ini mempunyai tujuan melengkapi tasks yang diberikan dan mencapai check point dan garis finish secepat mungkin.

Image

Perjalanan lombanya biasanya dilakukan dengan berkeliling dunia, di mana umumnya terdiri dari 4-5 benua dan mencakup lebih dari tujuh negara yang berbeda. Selama perjalanan tersebut, masing-masing tim akan menemukan beberapa clue, seperti route info, road block, detour, dan lain-lain.

  1. Route info

Image

Clue yang berisi tujuan yang harus dicapai oleh tim tersebut. Tujuannya umumnya berupa tempat (biasanya landmark) di kota/ negara tertentu. Setelah mencapai tujuan yang ditentukan, akan terdapat clue lanjutan.

  1. Road block

Image

Tantangan/ challenge yang harus diselesaikan oleh salah satu dari anggota tim. Setelah tantangan tersebut diselesaikan, tim baru akan mendapat clue selanjutnya.

  1. Detour

Image

Terdiri dari 2 tantangan yang dapat dipilih salah satunya oleh tim yang bersangkutan. Tantangan pada detour dapat diselesaikan oleh kedua anggota tim, berbeda dengan road block yang hanya dilakukan oleh satu orang.

  1. Fast Forward

Image

Tantangan yang lebih berat, dan biasanya mempunyai syarat dan ketentuan dalam melakukannya (misalnya keadaan cuaca, dl).

Dalam satu episode, biasanya terdapat beberapa dari clue yang sudah dijelaskan di atas dimana pada akhirnya tim harus mencapai tempat check point secepat mungkin supaya tidak tereliminasi. Dalam satu seasonal biasanya terdapat 11-12 episode sehingga pada akhirnya, tim yang mampu finish pertama yang akan memenangkan kontes ini.

Image

karpet yang bergambar peta dunia adalah check point dari masing-masing episode (garis final di episode terakhir)

 

Menurut saya, topologi sederhana tentang konektivitas berlaku pada acara reality show ini. Clue seperti route info, road block, detour, dan fast forward berperan sebagai node yang akan meng-guide peserta mencapai check point (tujuan jangka pendek) dan garis finish (tujuan utama). Bila pada suatu saat, task yang diberikan adalah route info menuju Kepulauan Bora-Bora dari Los Angeles, lalu road block untuk melakukan skydiving, dan road block selanjutnya untuk mencari clue tersembunyi diantara tumpukan pasir diakhiri dengan check point di tepi pantai (season 23 episode 1).

Konektivitasnya adalah Los Angeles –> Bora-Bora –> Skydiving–> Mencari Clue –> Check Point. Secara topologi, Los Angeles adalah titik 0 dimana perjalanannya dimulai sedangkan Check point adalah destinasi. Layaknya menaiki MRT, peserta harus dan akan mengikuti seluruh task yang diberikan secara berurutan, karena pada saat di Los Angeles, peserta hanya tahu akan ke Bora-Bora tanpa mengetahui akan melakukan skydiving sebelum mencapai Bora-Bora. Elemen topologi lainnya adalah lamanya masing-masing tim menyelesaikan roadblock akan berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung kemampuan dan strategi masing-masing tim. Dalam hal ini, waktu/ durasi menjadi relatif dan mampu menjadi pembeda urutan/ ranking tim.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: