there’s something about geometry + architecture

June 8, 2014

ARCHI_POTRAIT

Filed under: Uncategorized — nadiadputranti @ 22:19

Penerapan teori persepsi Gestalt merupakan hal yang sangat menarik, banyak sekali seniman yang menggunakan prinsip-prinsip gestalt dalam membuat karyanya. Gestalt diaggap sebagai sebuah tools yang paling mudah digunakan untuk mentranslasikan ide seniman agar dapat lebih mudah dipahami orang yang melihat karya tersebut. Salah satu seniman yang menggunakan prinsip Gestalt adalah Federico Babina, seorang graphic designer yang juga seorang arsitek. Babina mencoba mengungkapkan ide-idenya tentang bagaimana ia melihat sekitar dengan sudut pandang yang berbeda. Profesinya sebagai arsitek menjadi influence besar pada karya karyanya. Salah satu karya Babina yang kental akan penerapan teori Gestalt adalah ‘ARCHI_POTRAIT.’

 

ARCHI_POTRAIT adalah sebuah serial gambar wajah-wajah para arsitek yang dibentuk dari karya-karya arsitek tersebut. Babina, yang mencoba “discover world through the eyes of a child”, melihat bahwa penyampaian sebuah ide dapat dilakukan dengan elemen-elemen yang sederhana dan jelas, yang merupakan salah satu prinsip Gestalt. Berikut beberapa gambar dari serial ARCHI_POTRAIT:

 

07_tadao-ando012_richard-neutra-01018_zaha-hadid-01

 

Salah satu arsitek yang dijadikan objek oleh Babina adalah Frank Lloyd Wright. Babina menggunakan potret terkenal Frank Lloyd Wright sebagai objek ilustrasi, kemudian menyusun karya-karya Wright yang ikonik untuk membentuk wajahnya. Baik Bentuk wajah maupun bentuk karya yang diimplementasikan pada karya merupakan versi sederhana, namun secara keseluruhan menggambarkan bentuk objek aslinya.Hal ini merupakan penerapan prinsip Gestalt yaitu Closure, dimana penghinlangan elemen-elemen tidak berpengaruh pada transfer informasi visual yang terjadi karena secara keseluruhan elemen tersebut masih memiliki karakter yang sama.

03_f.l.-wright-01-01Frank Lloyd Wright

Beberapa karya Wright yang dijadikan elemen penyusun diantaranya adalah Pilar dari John Wax Building, bentuk dari Guggenheim Museum, denah dari Fallingwater House, dan denah dari Fred C. Robie House.

perbandingan

Hal yang menarik dari karya babina adalah, ia berhasil membuat ilustrasi yang membuat orang me-recall pada dua hal sekaligus, dan keduanya sangat berkaitan ilustrasi yang ia buat secara bentuk menggambarkan bentuk wajah arsitek,  danwajah tersebut tersusun dari elemen elemen yang berasal dari penyederhanaan karya-karya ikonik sang arsitek.

 

 

Sumber

Babina, Federico (2014).”ARCHI_POTRAIT”. Pada http://federicobabina.com/ARCHI_PORTRAIT (diakses: 8 Juni 2014)

Bradley, Steven(2014). “Design Principles: Visual Preception and The Principles of Gestalt”. Pada http://www.smashingmagazine.com/2014/03/28/design-principles-visual-perception-and-the-principles-of-gestalt/ (diakses 8 Juni 2014)

Quintal. Becky (2014). “Federico Babina’s Latest Archi-Illustrations:Classic National Architecture (With a Twist)”. Pada http://www.archdaily.com/tag/federico-babina/ (diakses: 8 Juni 2014)

2 Comments »

  1. karya yang menarik, proses teori gestalt yang diterapkan pada gambar selain menunjukkan siapa arsiteknya juga dapat menceritakan karyanya secara bersamaan, akan lebih menarik lagi mengetahui bagaimana babina dapat menentukani informasi apa yang dapat menggantikan foto yang asli dan menentukkan informasi apa yang perlu dihilangkan.

    Comment by ellyzakurnia — June 9, 2014 @ 11:51

  2. Menarik bahwa ada pengetahuan yang dimiliki oleh kita (sebagai orang yang mempelajari dan memiliki pengetahuan tentang karya arsitektur dan arsiteknya) digunakan untuk mencerna siapa dan apa yang dimaksud oleh gambar tersebut. Secara otomatis kita akan menghubungkan karakter-karakter karya untuk membayangkan siapa arsitek yang dimaksud. Ini menentukan apakah kita mengenal karakter dari karya-karya arsitek tersebut. Mungkin metode seperti ini dapat digunakan untuk menggantikan ujian sejarah arsitektur😀

    Comment by Annisa Dyah Lazuardini — June 15, 2014 @ 15:17


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: