there’s something about geometry + architecture

June 9, 2014

Penggunaan Teori Gestalt Secara Terbalik

Filed under: Uncategorized — ellyzakurnia @ 11:21

Tau kah anda apa itu teori gestalt? Gestalt merupakan sebuah teori psikologi yang menyatakan bahwa seseorang akan cenderung mengelompokkan apa dia lihat disekitarnya menjadi suatu kesatuan utuh berdasarkan pola, hubungan, dan kemiripan. Teori ini dibangun oleh 3 ilmuwan asal Jerman yaitu: Kurt Koffka, Max Wertheimer, and Wolfgang Köhler.[1]

Screenshot_2014-06-09-10-14-58

Tampilan depan game

Little things forever oleh Klick tock adalah salah satu game yang dapat anda mainkah di handphone, game ini termasuk dalam game puzzle. Hal menarik dalam game ini adalah bagaimana pembuat game menerapkan teori gestalt yakni proximity (kedekatan) secara terbalik. Dalam kehidupan sehari-hari yang umumnya kita temukan adalah kondisi dimana sebagaian informasi dihilangkan tetapi kita tetap dapat melengkapinya melalui persepsi yang diterima.

                                                     contoh Gestalt-closure-logo wwf                                contoh-Gestalt-proximity-logo unilever

Logo WWF dan unilever.[1]

Contohnya pada logo WWF, pada bagian bentuk logo dengan garis yang tak lengkap kita tetap dapat mengetahui bahwa bentuk tersebut adalah ‘panda’ atau pada logo Unilever melalui kedekatan bermacam-macan bentuk kita dapat menerima bahwa terdapat bentuk ‘U’ pada logo tersebut. Bagaimana jika anda mendapatkan informasi utuh dan diharuskan untuk mecari informasi pelengkapnya? Hal ini yang akan anda dapatkan ketika bermain game little things forever.

Screenshot_2014-06-09-10-13-39

Screenshot_2014-06-09-10-15-39

Screenshot_2014-06-09-10-11-27

Perubahan bentuk puzzle

Gambar diatas merupakan salah satu contoh bentuk puzzle domino, gambar awal yg muncul adalah bentuk domino secara utuh yang kemudian berubah menjadi bagian-bagian kecil yang secara kasat mata masih membentuk domino secara keseluruhan. Game ini akan melatih anda, bagaimana anda dapat melihat keterhubungan antara bagian dan keseluruhan bentuk, bagaimana detail dari konfigurasi tersebut dapat anda temukan.

Game ini akan meminta anda untuk mencari bentuk terntentu yang telah membentuk domino. Dapatkah anda menemukan bawang putih, kuda, buah ceri, kupu-kupu atau helm dalam gambar tersebut?

Screenshot_2014-06-09-10-11-47

 detil puzzle

Ini adalah salah satu cara berbeda memainkan puzzle yang biasanya anda diharuskan untuk menemukan informasi utuh dari suatu gambar namun pada game ini anda diminta untuk menemukan bagian-bagian informasi tersebut.

Refrensi:

[1] Teori Gestalt dalam Desain Grafis. http://www.desainstudio.com/2010/12/teori-gestalt-dalam-desain-grafis.html#sthash.FMEsuMSQ.dpuf (diakses pada 9 Juni 2014 pukul 11.05)

1 Comment »

  1. Tulisan anda sangat menarik, terlebih ketika penjelasan penggunaan contoh logo wwf yang mampu memberikan informasi meskipun dengan cara yang tidak lengkap. Saya meihat bahwa teori gestalt yang dipakai dalam game tidak hanya proximity yang dilakukan secara terbalik, namun juga ‘law of pragnanz’ dimana dalam teori tersebut dijelaskan bahwa persepsi manusia mereduksi objek nyata kedalam bentuk yang paling sederhana. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa ketika domino sudah menjadi bentuk puzzle, kita masih dapat melihatnya sebagai bentuk domino. Bagaimana pendapat anda?

    Comment by ninditovirnantio — June 9, 2014 @ 11:53


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: