there’s something about geometry + architecture

June 9, 2014

Pepsi Means Smile :)

Filed under: perception — juniwinarto @ 22:57

“Smile and the world smiles with you”Stanley Gordon West, Growing an Inch.

Membaca judul diatas, mungkin anda berpikir bagaimana minuman bersoda pepsi memiliki makna tersenyum? Pada artikel ini, yang akan saya bahas bukanlah minuman pepsi, melainkan desain dari logo pepsi yang merupakan kombinasi dari warna merah, biru, dan putih.

Kenyataannya, logo pepsi didesain dengan menggunakan Prinsip Gestalt. Prinsip Gestalt sendiri banyak dipakai dalam kehidupan kita sehari-hari baik dengan disadari maupun tidak. Gestalt merupakan sebuah prinsip yang berarti ‘kesatuan yang utuh.’ Teori ini menjelaskan mengenai bagaimana manusia memiliki pengamatan visual yang berbeda-beda terhadap kesatuan dari gabungan elemen-elemen.

Logo pepsi telah mengalami pergantian desain berkali-kali. Perubahan logo meliputi perubahan bentuk maupun tulisan. Dalam logo pepsi yang terbaru, terdapat makna dibalik bentuk logo pepsi tersebut.

New-Pepsi-Logo

Gambar 1: Logo Pepsi terbaru.

pepsi_emoticons

Gambar 2: Bentuk muka senyum dengan bentuk kombinasi logo pepsi.

Logo pepsi yang terbaru diatas menunjukkan pemakaian teori gestalt, yaitu ‘Proximity’ atau ‘kedekatan’ yang menunjukkan penempatan dua bentuk dan warna (merah dan biru) yang berdekatan sehingga menimbulkan persepsi sebagai satu kesatuan. Logo diatas juga menggunakan prinsip closure yang berbentuk tidak utuh dan membuktikan bentuk logo pepsi dapat terlihat sebagai muka yang tersenyum dengan bermacam-macam bentuk senyum yang berbeda.

pepsi-logo-evolution

Gambar 3: Perubahan logo pepsi dari tahun 1898-2005.

pepsicola

Gambar 4: Garis logo yang mengarahkan penglihatan.

Dari gambar diatas, dapat terlihat bahwa tiap logo pepsi menggunakan teori gestalt dalam desainnya. Pada logo dari tahun 1898-1951, terlihat penggunaan ‘continuation’ dalam desain yang terbukti saat kita melihat logo tersebut. Saat kita memperhatikan logo, maka mata kita secara otomatis akan mengarah dari kiri ke kanan akibat adanya garis lengkung yang mengarah ke suatu sisi dan berlanjut ke suatu objek lainnya.

Hal diatas membuktikan bahwa desain logo pepsi dari zaman ke zaman menggunakan prinsip gestalt. Apakah anda memperhatikan logo pepsi saat meminumnya? Apakah anda menyadari bentuk senyum dibalik logo tersebut? Pendesain logo pepsi ingin menyampaikan pesan yaitu agar kita selalu tersenyum pada semua kesempatan bersama pepsi.

Sumber Referensi:

The Gestalt Principles. http://graphicdesign.spokanefalls.edu/tutorials/process/gestaltprinciples/gestaltprinc.htm (Diakses 9 Juni 2014, 20.15)

New Pepsi logo goes back to the future. Darren Sanefski. http://bloggingestaltdesign.blogspot.com (Diakses 9 Juni 2014, 20.37) http://www.famouslogos.us/pepsi-logo/ (Diakses 9 Juni 2914, 21.40)

Pepsi Logo: Breathtaking. Jessica Hartstein. http://www.vanksen.com/blog/pepsi-logo-breathtaking/ (Diakses 9 Juni 2014, 22.46)

1 Comment »

  1. wah, menarik juga ya postingan Anda. Saya sendiri tidak pernah menyadari keberadaan simbol senyum pada simbol tersebut, mungkin disebabkan oleh reduksi dan hanya pengambilan bentuk lengkungnya. untuk bentuk lengkung ini, memang terjadi aliran pergerakan mata mengikuti bentuk lengkung tersebut. akan tetapi yang ingin saya tanyakan adalah, apakah memang terdapat proses gestalt? sepertinya pengetahuan saya yang masih kurang, akan tetapi yang saya pahami dari teori proximity gestalt adalah bentuk yang menjadi satu kesatuan. sedangkan pada pepsi ini saya lebih melihatnya sebagai suatu intrepetasi metafora.
    bagaimana pendapat Anda?
    terima kasih🙂

    Comment by Gadisha Amelia — June 10, 2014 @ 09:49


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: