there’s something about geometry + architecture

June 13, 2014

Fotografi dan Gestalt

Filed under: Uncategorized — luthfianishabrina @ 22:37

Teori gestalt memang telah banyak diimplementasikan dalam berbagai aspek, terutama di bidang desain. Di tulisan ini saya akan coba membahas bagaimana jika gestalt diterapkan di dalam fotografi. Karena menurut analisis saya terdapat beberapa contoh foto yang menerapkan teori gestalt di dalam nya.

Beberapa karya di bawah ini menurut saya terdapat prinsip gestalt di dalamnya. Karya-karya tersebut sebisa mungkin saya pastikan merupakan hasil dari kamera tanpa mengalami perubahan bentuk melalui photo editor. Sebagian besar foto di bawah diambil dari karya seorang fotografer bernama Massimo Raldeni lewat akun flickrnya.

Foto di atas menurut saya meunjukkan prinsip similarity dan proximity, karena  kedua foto memiliki objek yang terlihat berkelompok karena kesamaan karakter nya (similarity) yaitu pada gambar 1, objek manusia di dalam nya terlihat sedang berkegiatan dalam satu garis, sedangkan pada gambar 2, objek manusia dengan patung memiliki kesamaan gerak dan kegiatan. Dan di kedua foto, masing-masing objek terletak bersamaan sehingga terlihat membentuk grup (proximity).

Foto berikut menurut saya menunjukan prinsip continuity dimana elemen di dalam foto membuat kita mengikuti suatu alur/garis tertentu yang mengarah ke fokus dari foto tersebut atau malah sebaliknya menjauhi objek fokus di dalam foto.

Foto di atas menurut saya menunjukkan prinsip figure&ground  karena terdapat bagian yang positif dang negatif. Dengan menerapkan prinsip figure&ground ke dalam foto seperti ini dapat membantu menjelaskan hubungan antara objek dengan lingkungan sekelilingnya. Serta dapat menampilkan efek dramatis mengenai perbandingan proporsi objek dengan lingkungannya.

Selain itu juga terdapat prinsip closure, dan common fate. Mungkin kalian tertarik untuk mencari tau lebih lanjut fotgrafi yang menggunakan prinsip gestalt tersebut. Fotografi memang kurang familiar untuk saya, dan bukan merupakan salah satu hobi saya namun, menurut saya prinsip gestalt ini dapat digunakan sebagai salah satu metode dalam mengambil foto. Karena selain hasil nya yang menarik juga dapat membantu menyampaikan pesan tertentu kepada penikmat fotografi. Bagaimana menurut anda?

sumber :

Photostream by Massimo Raldeni : https://www.flickr.com/photos/raldenimassimo/

http://dasaarts.net/index.php/digital-arts/photography/124-gestalt-perception#!kmt-start=3

6 principles of gestalt psychology that can improve you photography by Joe Baraban : http://www.adorama.com/alc/0013706/article/6-Principles-of-Gestalt-Psychology-That-Can-Improve-Your-Photography

 

1 Comment »

  1. pembahasan yang cukup menarik, yaitu melihat teori gestalt pada sebuah karya fotografi. saya baru menyadari bahwa ternyata sebuah karya fotografi juga terkait dan mempunyai hubungan cukup erat dengan teori gestaly. hanya sedikit pertanyaan saya . apa yang ingin disampaikan dari sang fotografer terhadap hasil karyanya? apakah ia sengaja menggunakan teori ini dalam karyanya ? karena gestalt sangat erat hubungannya dengan psikologi manusia dan visual persepsi yang ingin dihasilkan. terimakasi🙂

    Comment by nerissaarvianafardani — June 15, 2014 @ 01:14


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Create a free website or blog at WordPress.com.

