there’s something about geometry + architecture

June 13, 2014

Logo dan Persepsi Visual

Filed under: Uncategorized — diahayuwulan @ 22:50

Setiap perusahaan, event, atau segala hal yang ingin merepresentasikan dirinya biasanya memiliki logo sebagai salah satu alat ‘branding’. Dalam membuat logo itu sendiri pastinya harus dapat merepresentasikan apa yang ingin ‘ditangkap’ dari perusahaan, event, dan sebagainya kepada orang lain yang yang melihatnya.

Setiap orang dapat merepresentasikan sebuah gambar yang sama dengan makna yang berbeda-beda. Maka itulah sebuah logo haruslah dapat menyampaikan inti yang ingin disampaikan hanya dengan melihat gambar dari logo itu sendiri, terutama logo yang tidak secara langsung menuliskan nama dari perusahaan, event, dan sebagainya tersebut.

Salah satu yang dapat diaplikasikan dalam membuat ataupun membaca sebuah logo adalah dengan menggunakan teori Gestalt mengenai persepsi visual.

Untuk melihat kaitannya, berikut beberapa contoh logo yang menurut saya cukup menarik:

ce3f30533f9af3e6aa9878ab383cfc18

 

Pada poster film diatas, yang saya lihat pertama adalah gambar pistol. Namun ketika diteliti lagi, pistol tersebut juga membentuk siluet muka seseorang. Dengan demikian, reperesentasi yang didapat dari film ini adalah film action, didukung juga dengan judul film yang tertulis dibawah gambar. Pada contoh poster film diatas, bentuk muka orang seperti tidak sengaja terbentuk dari lekukan pistol. Hal in seperti yang dikatakan pada law of pragnanz atau  the law of good figure .

“…every stimulus pattern is seen in such a way that the resulting structure is as simple as possible. This means that the viewer will always try to organize the elements of a design into the simplest pattern possible.”

Pola yang termudah yang dihasilkan dan dapat ditemukan dari poster diatas adalah siluet muka orang tersebut.

 

Contoh lainnya adalah logo dari BeeBank Development

3f6faedfab417669ed125bf910246381

Teori Gestalt yang dapat terlihat pada logo adalah law of similarity. Pertama, bentuk seperti daun yang melingkar walaupun memiliki warna yang berbeda-beda, namun pola susunan yang konsisten menghasilkan representasi bahwa keenam bentuk tersebut merupakan satu kesatuan yang memberikan bentuk keseluruhan menyerupai bunga. Selain itu juga terlihat pada salah satu bentuk yang memiliki pattern dengan garis hitam-kuning. Walaupun warna kuning sama dengan warna latar, namun saya sebagai orang yang melihat logo tersebut tidak melihat bentuk tersebut berupa 3 garis hitam, namun sebagai kesatuan bentuk menyerupai daun yang memiliki pattern berupa garis berwarna hitam-kuning yang juga merepresentasikan lebah sebagai penguat karakter dari nama perusahaan itu sendiri.

 

Dari contoh-contoh diatas, peran logo cukup penting dalam menyampaikan pesan dalam bentuk visual. Dengan mengetahui dan memahami teori-teori Gestalt mengenai persepsi visual mungkin akan lebih mudah lagi untuk kita dalam menciptakan dan membaca sebuah logo😉

 

 

Sumber Gambar: http://www.pinterest.com/search/pins/?q=logo

Sumber Referensi:

http://psychology.about.com/od/sensationandperception/ss/gestaltlaws_5.htm

http://abcofdesign.com/?p=6

1 Comment »

  1. logo-logonya sangat menarik, menyatukan maksud dan tujuan lebih dari satu hanya dalam sebuah sajian. namun, apakah logo dengan jenis seperti ini cocok untuk digunakan sebagai logo formal yang bersifat longlasting atau lebih cocok menjadi logo yang temporer seperti logo acara-acara tertentu?

    Comment by Gita Andriani — June 15, 2014 @ 09:51


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: